Skip to main content

Hulu Sungai Citarum Cisanti

Hulu Sungai Citarum Cisanti atau biasa disebut Situ Cisanti (Danau Cisanti: bahasa Indonesia) yang berlokasi di kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung Jawa Barat adalah tempat dimana terletak mata air hulu sungai Citarum yang sangat bersih. Sungai Citarum yang kita kenal sebagai "penyebab" Banjir di beberapa wilayah di kota Bandung seperti banjir di Dayeuhkolot, ternyata jauh di puncak sana berpangkal di hulu sungai yang sangat bersih, memiliki keindahan alam hutan yang menakjubkan.

Hulu Sungai Citarum Cisanti beberapa kali mengalami perubahan, dan kini sudah diperbaiki pemerintah daerah dengan membangun tembok pembatas sisi danau, saluran pengatur air, dan memperdalam danau tersebut sebagai tempat hidup bebarap ikan, tutut, kerang, dan udang. Disamping itu dapat memberikan kenyamanan bagi warga setempat dan bagi para pengunjung luar yang datang untuk berwisata.

Di atas Hulu Sungai Citarum Cisanti adalah Gunung Wayang dengan hutannya yang masih lebat dan dilindungi sebagai radiator alam. Selain sebagai tempat wisata, Situ Cisanti dibangun sebagai cadangan air untuk lahan pertanian masyarakat di sekitarnya seperti Cibeureum, Pajaten, Lebaksari, Pasir Tengah, dan daerah pertanian lainnya yang dapat dicapai oleh air yang berasal dari hulu sungai ini.

Hulu Sungai Citarum
Tangga masuk ke situ Cisanti (hulu sungai Citarum)
Masyarakat Kecamatan Kertasari yang mayoritas petani sayuran memanfaatkan Situ Cisanti sebagai cadangan air untuk menyiram tanaman sayura yang dibudidayakan. Cadangan air ini menjadi kebutuhan vital khususnya di musim kemarau. Itulah alasan kenapa hulu sungai Citarum Cisanti harus tetap dilestarikan.

Warga di sekitar situ Cisanti menjadikan budidaya sayuran sebagai pekerjaan pokok sehari-hari. Adapun sayuran yang dibudidayakan di Kecamatan Kertasari di antaranya adalah kubis/kol, wortel, cabe, tomat, bawang daun, bawang merah, kentang, sawi, bakcoy, petsay, dan sosin.

Cisanti, Hulu Sungai Citarum
Keindahan Situ Cisanti
Para petani yang memiliki lahan di pegunungan atau di daerah yang lebih tinggi dari sungai dan situ Cisanti, mereka menanam sayuran hanya di musim penghujan saja dengan alasan tidak adanya pengairan normal untuk tanaman sayuran yang dibudidayakan. Namun demikian untuk para petani dengan modal tinggi yang sudah berkembang, mereka tetap menanam sayuran meskipun di musim penghujan karena mereka dapat menggunakan motor penyedot air untuk menyiram tanaman yang dibudidayakan.

Apabila hulu sungai Citarum Cisanti tidak dijaga kelestariannya, selain dapat merusak keindahan alam pegunungan, juga dapat mengakibatkan para petani kehilangan cadangan air untuk tanaman mereka ketika datang musim kemarau. Untuk menjaga kelestarian situ Cisanti tentu dibutuhkan campur tangan semua pihak termasuk warga sekitar dan pemerintah daerah sehingga tempat tersebut dapat menjadi salah satu tempat pariwisata sekaligus menjadi sumber air.

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Struktur hubungan komponen pada rangkaian seri adalah berderet yakni ujung terminal suatu komponen elektronika dihubungkan dengan pangkal terminal komponen kedua, ujung terminal komponen kedua dihubungkan dengan pangkal terminal komponen ketiga dan seterusnya. Jika pangkal terminal komponen pertama dihubungkan dengan sumber tegangan positif dan ujung terminal komponen terakhir dihubungkan dengan sumber tegangan negatif, maka hubungan seperti ini di dalam elektronika dikenal dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit). Dalam kondisi ini arus listrik akan mengalir dari positif ke negatif melalui komponen-komponen elektronika yang dideretkan (hubungan seri). Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian seri adalah sama.

Gambar di bawah adalah contoh rangkaian seri sederhana yang terdiri dari dua buah resistor (R1 dan R2) dan sumber tegangan (V). Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian seri dapat menggunakan hukun Ohm yaitu V=IxR. V adalah sumber tegangan …

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Untuk memahami struktur rangkaian paralel dapat dilihat dari hubungan antar kaki (terminal) setiap komponen elektronika. Jika pangkal kaki suatu komponen dihubungkan dengan pangkal komponen lainnya dan ujung kaki komponen tersebut dihubungkan dengan ujung kaki komponen lainnya, maka hubungan seperti ini disebut paralel dimana setiap komponen dijajarkan. Apabila setiap ujung kaki tersebut dihubungkan ke sumber tegangan, dalam elektronika disebut dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit) sehingga arus dapat mengalir dari sumber tegangan melalui komponen-komponen tersebut.

Arus yang mengalir pada setiap komponen pada rangkaian paralel dapat berbeda tergantung besar kecilnya resistansi komponen tersebut. Dengan kata lain arus sumber akan dibagi ke setiap komponen dan akan menyatu kembali di ujung rangkaian. Pada rangkaian paralel, tegangan di setiap ujung kaki komponen adalah sama besar.

Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian paralel dapat menggunakan …

Contoh Kata Berawalan "Ber"

Pendidikan Bahasa Indonesia
Imbuhan dalam sebuah kata selalu digunakan ketika berkomunikasi melalui lisan atau tulisan. Dalam satu kalimat saja pembicara dapat menggunakan banyak imbuhan sesuai dengan tujuan dan fungsinya.

Imbuhan adalah kata tambahan yang dilekatkan pada kata dasar. Menurut Ejaaan Yang Disempurnakan (EYD) ada 4 jenis imbuhan yaitu awalan, sisipan, akhiran, dan awalan akhiran. Fokus pembahasan di posting ini adalah awalan "ber" dan conto-contohnya dalam kalimat.

Awalan ber- di dalam bahasa Indonesia berfungsi sebagai pembentuk kata kerja atau kata sifat. Kata kerja yang dibentuk tidak memiliki objek (intransitif), tapi dapat memiliki pelengkap atau keterangan. Karena kata kerja yang dihasilkan awalan ber- intransitif, kata kerja itu tidak dapat dipasifkan dengan awalan di-.

Awalan ber- akan berubah bentuk menjadi:
be- jika suku awal mengandung -er- atau kata dasarnya diawali huruf r, misal: bekerja; beternak; berumput; beracunbel- untuk kasus khusus, yaitu: b…