Skip to main content

Cireng Ateu, Jajanan Khas Orang Sunda yang Renyah, Lezat, dan Bergizi

Cireng adalah makanan ringan khas Sunda yang terbuat dari aci (tepung kanji) atau tapioka dengan cara digoreng. Cireng sendiri adalah singkatan dari Aci Goreng atau Aci Digoreng. Makanan ringan ini bukan saja salah satu jajanan favorit anak-anak di sekolah tetapi juga sangat digemari remaja dan dewasa khususnya ibu-ibu rumah tangga yang suka dengan rasa pedas.

Ia bersama suami dan keluarga sudah merintis usaha ini sejak tujuh tahun yang lalu tanpa bantuan karyawan luar, hanya dikerjakan keluarga. Saat ini sudah memiliki 25 orang karyawan khusus jualan dan 15 orang karyawan khusus produksi termasuk persiapan bahan baku. 

Ateu adalah nama panggilan pengelola sekaligus owner Cireng Ateu yang kemudian dijadikan merek/ label produk. Video berikut meliput sebagian proses produksi dan wawancara singkat bersama Ibu Hj. Tenny Maryati, owner Cireng Ateu di tempat produksi.



Bisnis ini dimulai dengan sebuah ide sederhana namun bermakna, "Ingin membuat jajanan yang disukai anak yang sehat dan bergizi". Itu sebabnya isi cireng yang ia produksi terdiri dari berbagai jenis sayuran, daging ayam, bakso, dan sosis. Harganya pun relatif murah apalagi jika dibandingkan dengan makanan-makanan instan cepat saji.

Selain lezat, gurih, dan renyah, kelebihan Cireng Ateu adalah kandungan gizi karena terbuat dari bahan-bahan alami dan tanpa bahan pengawet/ kimia yang bisa membahayakan tubuh khususnya anak-anak.

Jajanan khas Bandung ini terus berkembang dan sampai saat ini sudah mempunyai 20 cabang di berbagai tempat. Belum lagi pedagang perorangan yang datang langsung ke tempat produksi untuk dijual kembali.

Sebagai anggota PPKM (Paguyuban Pengusaha Kecil dan Menengah) Kabupaten Bandung ia berharap agar pemerintah bisa membentu para pengusaha kecil sesuai kebutuhan mereka dan harus tepat sasaran, jangan sampai pengusaha besar saja yang mendapat bantuan. Bantuan ini meurutnya tidak harus selalu berupa dana, tetapi bisa berupa pelatihan dan bimbingan mulai dari persiapan bahan baku, proses produksi, pengepakan, sampai pada pemasaran.

Jajanan ini bisa Anda peroleh secara online melalui Facebook, Whatsapp, atau bisa datang langsung ke cabang Cireng Ateu terdekat.

CIRENG ATEU CIRENG JUARA
Juara lezatnya, juara gurihnya, dan juara gizinya.

Info Lengkap dan Lokasi:
Jl. Arjasari Kp. Gempol RT. 05/06 Kabupaten Bandung.
Telp. 0812-2120-1237/ 0896-9698-7444

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Struktur hubungan komponen pada rangkaian seri adalah berderet yakni ujung terminal suatu komponen elektronika dihubungkan dengan pangkal terminal komponen kedua, ujung terminal komponen kedua dihubungkan dengan pangkal terminal komponen ketiga dan seterusnya. Jika pangkal terminal komponen pertama dihubungkan dengan sumber tegangan positif dan ujung terminal komponen terakhir dihubungkan dengan sumber tegangan negatif, maka hubungan seperti ini di dalam elektronika dikenal dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit). Dalam kondisi ini arus listrik akan mengalir dari positif ke negatif melalui komponen-komponen elektronika yang dideretkan (hubungan seri). Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian seri adalah sama.

Gambar di bawah adalah contoh rangkaian seri sederhana yang terdiri dari dua buah resistor (R1 dan R2) dan sumber tegangan (V). Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian seri dapat menggunakan hukun Ohm yaitu V=IxR. V adalah sumber tegangan …

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Untuk memahami struktur rangkaian paralel dapat dilihat dari hubungan antar kaki (terminal) setiap komponen elektronika. Jika pangkal kaki suatu komponen dihubungkan dengan pangkal komponen lainnya dan ujung kaki komponen tersebut dihubungkan dengan ujung kaki komponen lainnya, maka hubungan seperti ini disebut paralel dimana setiap komponen dijajarkan. Apabila setiap ujung kaki tersebut dihubungkan ke sumber tegangan, dalam elektronika disebut dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit) sehingga arus dapat mengalir dari sumber tegangan melalui komponen-komponen tersebut.

Arus yang mengalir pada setiap komponen pada rangkaian paralel dapat berbeda tergantung besar kecilnya resistansi komponen tersebut. Dengan kata lain arus sumber akan dibagi ke setiap komponen dan akan menyatu kembali di ujung rangkaian. Pada rangkaian paralel, tegangan di setiap ujung kaki komponen adalah sama besar.

Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian paralel dapat menggunakan …

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam (Bagian I)

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam Allah menurunkan Al-Quran kepada umat manusia melalui nabi Muhammad SAW sebagai kitab suci terakhir untuk dijadikan pedoman hidup. Al-Quran yang tidak ada keraguan sedikit pun di dalamnya mengandung petunjuk-petunjuk yang dapat menyinari seluruh isi alam ini.

Sebagai kitab suci sepanjang zaman, Al-Quran memuat informasi dasar berbagai masalah termasuk informasi mengenai hukum, etika, science, antariksa, kedokteran dan sebagainya. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa kandungan Al-Quran bersifat luas dan luwes.

Mayoritas kandungan Al-Quran merupakan dasar-dasar hukum dan pengetahuan, manusialah yang berperan sekaligus bertugas menganalisa, merinci, dan membuat garis besar kebenaran Al-Quran agar dapat dijadikan sumber penyelesaian masalah kehidupan manusia.

Pada zaman Rasulullah, sumber hukum Islam ada dua yaitu Al-Quran dan As-Sunnah. Rasulullah selalu menunggu wahyu untuk menjelaskan sebuah kasus tertentu, namum apabila wahyu tidak turun, maka…