Monday, March 31, 2014

Menghindari Penipuan di Toko Bagus

Mudahnya menemukan barang baru dan barang bekas di Toko Bagus terkadang tidak semudah melakukan transaksinya. Banyak di antara pengakses Toko Bagus yang merasa tertipu setelah melakukan pembelian suatu produk, mulai dari kualitas barang yang tidak sesuai dengan spesifikasi iklan yang dibaca sampai dengan barang yang dipesan tidak sampai (tidak diterima pembeli) padahal alamat yang dikirim sudah benar dan sudah dilakukan transfer sesuai dengan jumlah yang disepakati ke rekening tertentu.

Mudahnya membeli barang di Toko Bagus ternyata tidak serta merta aman dari penipuan yang sering dilakukan orang-orang yang tidak bertangungjawab. Yang perlu diperhatikan oleh calon pembeli adalah Toko Bagus itu sendiri. Toko Bagus bukanlah toko online murni yang menjual produk sendiri dan bertanggungjawab atas semua transaksi yang dilakukan. Toko bagus hanyalah media (tempat) untuk melakukan jual beli barang baru, barang bekas, dan barang rusak (untuk keperluan perbaikan). Dengan demikian semua transaksi bukanlah tanggungjawab Toko Bagus tetapi tanggungjawab antara penjual dan pembeli. Di bawah ini adalah beberapa tips untuk menghindari penipuan di Toko Bagus yang perlu diperhatikan sebelum membeli suatu barang.

  1. Ketika sahabat mencari barang melalui kategori, sub kategori, atau dengan menulis langsung nama barang yang dicari di kotak pencarian yang tersedia, pilihlah iklan bergambar agar foto barang yang dicari dapat dilihat melalui foto terutama ketika membeli barang bekas.
  2. Untuk meminimalisir penipuan, pilihlah juga produk yang dijual oleh member verified dengan mencentang opsi di atas produk-produk yang ditampilkan. Member verified adalah penjual yang keanggotaannya telah diverifikasi oleh Toko Bagus.
  3. Ketika barang yang dibutuhkan berhasil ditemukan, cobalah untuk menghubungi penjual barang tersebut melalui email, SMS, BBM, atau telepon langsung. Hal ini untuk membuktikan bahwa penjual dapat dihubungi.
  4. Luangkan waktu untuk membaca sepesifikasi dan kondisi barang yang ditampilkan melalui iklan. Perhatikan dengan seksama bahwa harga yang dijual cukup logis dan realistis. Banyak pembeli yang terjebak dengan harga murah untuk barang dengan spefisikasi yang bagus. 
  5. Sempatkan untuk mencari informasi lain mengenai barang yang akan dibeli melalui seacrh engine Google untuk melihat kewajaran harga yang dipatok penjual. Hal ini dikarenakan banyak produk yang dijual dengan harga yang tidak wajar (terlalu murah).
  6. Periksa lokasi penjual dengan cara menghubunginya. Jika lokasi penjual berbeda dengan lokasi yang ditampilkan pada iklan di Toko Bagus, sebaiknya hindari penjual seperti ini. Meskipun belum tentu mereka bermaksud untuk menipu, tetapi dengan cara ini setidaknya mereka telah membohongi pembeli.
  7. Yang paling penting dari poin-poin di atas adalah cara pembayaran. Pilihlah barang yang menggunakan metode pembayaran di tempat (COD) sehingga sahabat dapat sepuasnya melihat kondisi barang secara dan bertemu langsung dengan penjual barang tersebut sebelum membelinya.
  8. Meskipun metode COD cukup baik untuk menghindari penipuan, sebaiknya sahabat membuat faktur, nota, atau kuitansi pembelian yang ditandatangani penjual sebagai bukti sah bahwa sudah terjadi transaksi.
  9. Selain COD, sebaiknya pilihlah penjual yang memberikan jamiman (garansi) khususnya barang-barang elektronik meskipun hanya beberapa hari. Hal ini untuk menghindari kerusakan barang ketika pertama kali digunakan.
Demikian beberapa tips untuk menghindari penipuan di Toko Bagus jika sahabat berada di posisi pembeli. Semoga bermanfaat.

Menghindari Penipuan di Toko Bagus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuda Isparela