Skip to main content

Solusi Blog Yang Tidak Bisa Diakses Speedy

Sekitar dua minggu kegiatan blogging saya hampir jalan di tempat akibat beberapa blog di hosting Blogger dengan TLD (Top Level Domain) atau custom domain tidak bisa diakses sama sekali. Jika sahabat mengalami hal serupa yakni blog di Blogger tidak bisa dibuka lewat Speedy, saya sarankan untuk mengganti DNS di komputer sahabat dengan DNS milik Telkom yaitu 202.134.1.10 dan 202.134.1.155. Solusi ini saya dapat ketika blogwalking dan informasinya saya peroleh dari blog "Belajar Baru Online." Jika cara tersebut belum berhasil, sahabat dapat mencoba untuk mengosongkan semua DNS di komputer sahabat atau dibuat otomatis (Obtain DNS Server Address automatically), demikian juga setingan pada modem Speedy.

Tadinya saya sempat berpikir untuk berhenti berlangganan Speedy jika kondisinya seperti ini terus (blog tidak bisa dibuka). Meskipun beberapa blog yang saya bangun dengan platform Blogger tidak di-monetize, tetapi justru blog tersebut dapat meningkatkan trafik blog lain yang telah saya monetize seperti toko online atau blog yang saya pasang Google Adsense.

Kesimpulan sementara saya, DNS selain milik Telkom seperti DNS Google (8.8.8.8 - 8.8.4.4) atau DNS yang lain dapat mempengaruhi akses blog, baik dalam hal kecepatan ataupun keluwesan mengakses konten. Hal ini terbukti bahwa saat ini jika menggunakan DNS selain milik Telkom, tidak bisa membuka blog di hosting Blogger dengan TLD atau custom domain seperti www.linksukses.com.

Saya sendiri sempat merasa aneh, kenapa solusi ini saya peroleh dari sahabat senior saya via blog Belajar Baru Online" dan bukan dari petugas Speedy, padahal saya sempat datang langsung ke kantor Telkom terdekat tetapi tidak menjelaskan nomor DNS secara rinci.

Semoga saja kejadian seperti ini tidak terulang lagi, dan semoga blog-blog sahabat yang dibangun di Blogger dengan custom domain dapat diakses kembali.

Keep blogging...

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Struktur hubungan komponen pada rangkaian seri adalah berderet yakni ujung terminal suatu komponen elektronika dihubungkan dengan pangkal terminal komponen kedua, ujung terminal komponen kedua dihubungkan dengan pangkal terminal komponen ketiga dan seterusnya. Jika pangkal terminal komponen pertama dihubungkan dengan sumber tegangan positif dan ujung terminal komponen terakhir dihubungkan dengan sumber tegangan negatif, maka hubungan seperti ini di dalam elektronika dikenal dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit). Dalam kondisi ini arus listrik akan mengalir dari positif ke negatif melalui komponen-komponen elektronika yang dideretkan (hubungan seri). Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian seri adalah sama.

Gambar di bawah adalah contoh rangkaian seri sederhana yang terdiri dari dua buah resistor (R1 dan R2) dan sumber tegangan (V). Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian seri dapat menggunakan hukun Ohm yaitu V=IxR. V adalah sumber tegangan …

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Untuk memahami struktur rangkaian paralel dapat dilihat dari hubungan antar kaki (terminal) setiap komponen elektronika. Jika pangkal kaki suatu komponen dihubungkan dengan pangkal komponen lainnya dan ujung kaki komponen tersebut dihubungkan dengan ujung kaki komponen lainnya, maka hubungan seperti ini disebut paralel dimana setiap komponen dijajarkan. Apabila setiap ujung kaki tersebut dihubungkan ke sumber tegangan, dalam elektronika disebut dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit) sehingga arus dapat mengalir dari sumber tegangan melalui komponen-komponen tersebut.

Arus yang mengalir pada setiap komponen pada rangkaian paralel dapat berbeda tergantung besar kecilnya resistansi komponen tersebut. Dengan kata lain arus sumber akan dibagi ke setiap komponen dan akan menyatu kembali di ujung rangkaian. Pada rangkaian paralel, tegangan di setiap ujung kaki komponen adalah sama besar.

Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian paralel dapat menggunakan …

Contoh Kata Berawalan "Ber"

Pendidikan Bahasa Indonesia
Imbuhan dalam sebuah kata selalu digunakan ketika berkomunikasi melalui lisan atau tulisan. Dalam satu kalimat saja pembicara dapat menggunakan banyak imbuhan sesuai dengan tujuan dan fungsinya.

Imbuhan adalah kata tambahan yang dilekatkan pada kata dasar. Menurut Ejaaan Yang Disempurnakan (EYD) ada 4 jenis imbuhan yaitu awalan, sisipan, akhiran, dan awalan akhiran. Fokus pembahasan di posting ini adalah awalan "ber" dan conto-contohnya dalam kalimat.

Awalan ber- di dalam bahasa Indonesia berfungsi sebagai pembentuk kata kerja atau kata sifat. Kata kerja yang dibentuk tidak memiliki objek (intransitif), tapi dapat memiliki pelengkap atau keterangan. Karena kata kerja yang dihasilkan awalan ber- intransitif, kata kerja itu tidak dapat dipasifkan dengan awalan di-.

Awalan ber- akan berubah bentuk menjadi:
be- jika suku awal mengandung -er- atau kata dasarnya diawali huruf r, misal: bekerja; beternak; berumput; beracunbel- untuk kasus khusus, yaitu: b…