Saturday, April 20, 2013

Penipuan Undian Berhadiah Telkomsel

Penipuan yang dilakukan melalui SMS dan melalui email kini semakin banyak dengan modus yang cukup beragam, yang jelas para pelaku sengaja membuat informasi yang dapat merarik korban. Salah satu penipuan yang dilakukan melalui SMS adalah Undian Berhadiah HUT Telkomsel, tidak tanggung-tanggung mereka sengaja membangun sebuah situs yang mirip dengan situs resmi PT. Telkomsel, iklan yang tampil di sidebar pun sangat relevan dengan konten untuk mengelabui para korban.

Berita penting, panas, perlu dan seruu ini harus diketahui dan kalau bisa terus disebarluaskan untuk mencegah terjadinya korban yang mayoritas adalah kalangan menengah ke bawah karena rayuan dan iming-iming hadiah menarik. Apalagi para korban tersebut masih awam di dunia internet dan menganggap situs tersebut adalah banar-benar milik PT. Telkomsel, padahal di zaman globalisasi ini semua orang dapat dengan mudah membuat situs, bahkan situs yang sangat mirip dengan situs resmi Telkomsel pun dapat dengan mudah dibuat tanpa perlu pengetahuan banyak tentang coding yang diperlukan dalam pemrograman website.

Hanya bermodalkan Rp90.000,- saja kita dapat melakukan registrasi nama domain dengan ektensi .com, hanya dengan Rp100.000,- saja kita sudah dapat menyewa hosting di salah satu penyedia hosting Indonesia. Setelah memiliki nama domain dan hosting, website jenis apapun dapat dengan mudah dibuat atau dapat melalui jasa pembuatan website. Jangankan sebuah situs/website, uang pecahan Rp100.000,- saja banyak dipalsukan sehingga terlihat sangat mirip dengan aslinya.

Coba Anda perhatikan screenshot dari situs yang melakukan penipuan undian berhadiah HUT Telkomsel dengan alamat http://undianhuttelkomsel.webs.com/, untuk beberapa orang awam akan menganggap bahwa situs ini adalah situs resmi PT. Telkomsel.

Undian Berhadiah Telkomsel
Halaman Depan Website Undian Berhadiah HUT Telkomsel

Metode penipuan berkedok Telkomsel yang mereka lakukan adalah sebagi berikut:
  1. Mereka mengirimkan pesan singkat kepada korban via SMS dengan kalimat
    Selamat! No.andaResmi dpt HadiahTOYOTA AVANZADri Program HUTPTTELKOMSEL17 No.PIN:xy1i94bU/Info lbih jelaSilahkan Klik: www.undianhuttelkomsel.webs.com
  2. Penerima SMS akan membuka situs tersebut dan akan menemukan No. PIN yang sama seperti pada SMS sehingga untuk beberapa orang menganggap ini adalah hal yang benar.
  3. Penerima SMS akan menguji kebenaran dengan menggubungi No. Telpon yang tertera pada situs tersebut yakni 0852-3181-1234 atau 0853-2547-5454.
  4. Penipu akan meminta data dan identitas korban seolah-olah sebagai arsip dan perbandingan bahwa korban adalah pemenang yang sah. Data tersebut berupa nama lengkap, alamat lengkap, dan nomor KTP yang harus segera dikirm melalui SMS ke nomor tersebut.
  5. Penipu kemudian akan meminta biaya administrasi untuk pengurusan STNK dan BBN kendaraan sebesar Rp2.750.000,- (Dua Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) dan katanya tidak boleh kurang ataupun lebih. kalau lebih takut disangka korupsi.
  6. Uang sebesar itu harus ditransfer saat itu juga untuk menghindarai pembatalan pemenang yang akan diumumkan langsung melalui MetroTV di hadapan Notaris dan pihak kepolisian tepat pukul 23.00 WIB.
  7. Uang tersebut harus ditransfer secepatnya ke No. Rekening yang telah ditentukan, untuk BCA ke No. Rek. 025-588-123-5 atas nama Amiruddin.
Undian Berhadiah Telkomsel
Nomor PIN Undian Berhadiah HUT Telkomsel

Jika Anda cukup jeli, tentu akan terhindar dari penipuan ini karena banyak hal yang mereka lupakan yang dapat kita jadikan referensi agar tidak menjadi korban penipuan di antaranya.

  1. Situs palsu yang mereka buat dapat dengan mudah diketahui dengan mengakses situs resmi PT. Telkomsel yaitu http://www.telkomsel.com.
  2. Dapat menghubungi call center Telkomsel melalui nomor 155, 188 atau nomor lain yang telah disediakan untuk membuktikan kebenaran undiab berhadiah tersebut. Lebih jelasnya dapat dilihat di halaman call center Telkomsel.
  3. Perhatikan susunan kalimat pada SMS di atas. Sangat tidak baik karena banyak penulisan tanpa spasi, penggunaan hurup kapital, tanda baca, dan singkatan yang tidak benar. Rasanya tidak mungkin perusahaan sekelas Telkomsel mengirim SMS dengan susunan kalimat seperti itu.
  4. Ketika dihubungi melalui telpon, terkesan mereka berada tidak di kantor tetapi di suatu tempat seperti orang biasa saja.
  5. Untuk menarik simpatik korban, biasanya mereka menghimbau korban untuk tidak berterima kasih kepada mereka tetapi kepada yang di atas. Hal seperti ini harus dicurigai.
  6. No. PIN tidak berubah dan tetap sama untuk setiap pemenang yang menjadi korban. Sepertinya mereka malas untuk melakukan update konten pada situs palsu Tekomsel tersebut.
Jika Anda menemukan kasus penipuan berkedok Telkomsel, Anda dapat langsung menghubungi pihak Telkomsel dengan cara:
Ketik:
PENIPUAN#NOMORPENIPU#JUDUL PENIPUAN
lalu kirim ke 1166 (bebas pulsa)

Penipuan Undian Berhadiah Telkomsel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuda Isparela