Kincir Kayu Pembangkit Listrik Tenaga Air di Sungai Palayangan

Dengan memanfaatkan aliran sungan Palayangan di Kampung Singkur, penduduk setempat sengaja membuat kincir kayu pembangkit listrik tenaga air untuk keperluan sehari-hari khusunya penerangan. Alasannya karena di kawasan tersebut ada keluarga yang belum bisa menikmati listrik dari PT. PLN.

Meski hanya bisa sebagai penerangan, tetapi mereka sudah merasa cukup untuk keperluan di malam hari atau ketika hari menjelang gelap. Kampung Singkur sendiri berada di atas sungai Palayangan sehingga dari kincir yang menjadi sumber listrik ditarik kabel untuk menjangkaunya.



Air sungai dipisahkan dari bagian yang lebih tinggi sehingga terdapat dua aliran air yang berdampingan. Yang pertama adalah sungai utama sedang yang kedua adalah selokan kecil untuk mengalirkan air pada kincir kayu. Putaran yang dihasilkan akan memutarkan motor pembangkit listrik melalui roda dan pan belt yang terpasang secara sederhana. Dari sanalah kemudian bisa menghasilkan sumber listrik untuk penerangan di malam hari.

Kampung Singkur sendiri merupakan kawasan wisata yang cukup indah di Bandung Selatan. Masih banyak orang yang belum mengetahui keberadaan wahana wisata ini padahal di sana para wisatawan bisa menikmati arung jerang, permainan paintball, fyling fork, dan tubing yang tentunya banyak digemari anak-anak dan remaja.

Sepertinya pemerintah daerah maupun pusat perlu membenahi kawasan wisata ini sehingga bisa menjadi salah satu lokasi wisata yang tertata dan bisa dinikmati warga sekitar maupun warga luar yang pada akhirnya bisa menambah penghasilan deerah. Dengan terjunnya pemerintah diharapkan beberapa fasilitas umum bisa dibangun seperti mesjid/ mushola, toilet umum, dan tempat bermain.

Pemandangannya sangat indah, di perjalannya menuju lokasi saja kita sudah disajikan hijaunya kebun teh dan pohon pinus yang tertata rapi, belum lagi di lokasi yang memiliki aliran sungai dangkal yang indah tempat arung jeram, tubing, atau sekedar bermain air.

Comments

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Kapasitor atau Condensator