Skip to main content

Cara Melukis Kaos 3D dengan Air Brush pada Kain Katun Combad 24S

Anda pasti sering melihat kaos tiga dimensi (kaos 3D) di berbagai toko atau distro baju baik online ataupun offline. Kaos 3D tersebut dibuat dengan berbagai teknik. Ada yang disablon, di-print langsung pada kaos, ada juga yang dibuat dengan printing sublimation dimana gambar dicetak terlebih dahulu pada transfer paper kemudian ditempel pada kaos dengan cara pemanasan (hot press).

Kaos gambar 3D ini banyak digemari khususnya kalangan remaja karena selain tampak real, juga desain pada kaos umumnya bisa dipesan sesuai keinginan (custom). Di bawah ini Anda akan melihat teknik pembuatan kaos 3D dengan cara dilukis dengan mengkombinasikan teknik manual dengan koas dan air brush menggunakan cat khusus.



Cat yang digunakan harus bagus sehingga hasilnya maksimal, tidak akan luntur saat dicuci, dan tidak lengket saat disetrika. Ini tentu berbeda dengan kaos 3D sablon dengan bahan plastisol yang akan lengket saat disetrika langsung.

Kelebihan kaos sablon prosesnya bisa cepat, bisa sekaligus banyak, dan gambarnya bisa persis sama. Kelebihan kaos print bisa dipesan satuan dan bisa dikerjakan mendadak atau ditunggu beberapa menit namun akan lambat jika diproduksi banyak (tidak secepat sablon). Adapun kelebihan kaos printing sublim adalah full gambar ke seluruh bagian kaos baik yang terlihat ataupun yang tersembunyi karena proses dilakukan sebelum pembuatan kaos ke seluruh bagian tetapi kelemahannya masih jarang yang bisa diterapkan pada kaos berbahan katun.

Masing-masing mempunyai kelemahan dan keunggulan. Proses pembuatan kaos lukis adalah paling lambat karena dilakukan secara manual. Selain itu tidak bisa dipesan partai besar apalagi dengan gambar yang persis sama karena setiap kali pelukis menggambar objek yang sama selalu ada perbedaan meskipun sedikit.

Namun demikian kaos lukis bisa dipesan satuan dan mempunyai keunikan tersendiri. Proses dan seni yang dimiliki kaos 3D yang dilukis manual menyebabkan harga kaos ini relatif lebih mahal apalagi lukisannya rumit dan sangat detiail seperti wajah atau objek lain yang lebih detil.

Kelebihan lain dari kaos lukis ini bisa diterapkan pada berbagai jenis kain. Tidak hanya pada kain jenis katun tetapi juga pada kain jenis polyester (kecuali lukis discharge/ cabut warna). Khusus lukis cabut warna harus pada kain reaktif berbahan katun misalnya Baby Canvas dan Combad.

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Struktur hubungan komponen pada rangkaian seri adalah berderet yakni ujung terminal suatu komponen elektronika dihubungkan dengan pangkal terminal komponen kedua, ujung terminal komponen kedua dihubungkan dengan pangkal terminal komponen ketiga dan seterusnya. Jika pangkal terminal komponen pertama dihubungkan dengan sumber tegangan positif dan ujung terminal komponen terakhir dihubungkan dengan sumber tegangan negatif, maka hubungan seperti ini di dalam elektronika dikenal dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit). Dalam kondisi ini arus listrik akan mengalir dari positif ke negatif melalui komponen-komponen elektronika yang dideretkan (hubungan seri). Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian seri adalah sama.

Gambar di bawah adalah contoh rangkaian seri sederhana yang terdiri dari dua buah resistor (R1 dan R2) dan sumber tegangan (V). Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian seri dapat menggunakan hukun Ohm yaitu V=IxR. V adalah sumber tegangan …

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Untuk memahami struktur rangkaian paralel dapat dilihat dari hubungan antar kaki (terminal) setiap komponen elektronika. Jika pangkal kaki suatu komponen dihubungkan dengan pangkal komponen lainnya dan ujung kaki komponen tersebut dihubungkan dengan ujung kaki komponen lainnya, maka hubungan seperti ini disebut paralel dimana setiap komponen dijajarkan. Apabila setiap ujung kaki tersebut dihubungkan ke sumber tegangan, dalam elektronika disebut dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit) sehingga arus dapat mengalir dari sumber tegangan melalui komponen-komponen tersebut.

Arus yang mengalir pada setiap komponen pada rangkaian paralel dapat berbeda tergantung besar kecilnya resistansi komponen tersebut. Dengan kata lain arus sumber akan dibagi ke setiap komponen dan akan menyatu kembali di ujung rangkaian. Pada rangkaian paralel, tegangan di setiap ujung kaki komponen adalah sama besar.

Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian paralel dapat menggunakan …

Contoh Kata Berawalan "Ber"

Pendidikan Bahasa Indonesia
Imbuhan dalam sebuah kata selalu digunakan ketika berkomunikasi melalui lisan atau tulisan. Dalam satu kalimat saja pembicara dapat menggunakan banyak imbuhan sesuai dengan tujuan dan fungsinya.

Imbuhan adalah kata tambahan yang dilekatkan pada kata dasar. Menurut Ejaaan Yang Disempurnakan (EYD) ada 4 jenis imbuhan yaitu awalan, sisipan, akhiran, dan awalan akhiran. Fokus pembahasan di posting ini adalah awalan "ber" dan conto-contohnya dalam kalimat.

Awalan ber- di dalam bahasa Indonesia berfungsi sebagai pembentuk kata kerja atau kata sifat. Kata kerja yang dibentuk tidak memiliki objek (intransitif), tapi dapat memiliki pelengkap atau keterangan. Karena kata kerja yang dihasilkan awalan ber- intransitif, kata kerja itu tidak dapat dipasifkan dengan awalan di-.

Awalan ber- akan berubah bentuk menjadi:
be- jika suku awal mengandung -er- atau kata dasarnya diawali huruf r, misal: bekerja; beternak; berumput; beracunbel- untuk kasus khusus, yaitu: b…