Skip to main content

Pengrajin Panah Tradisional dan Semi Modern

Seperti kita ketahui bersama bahwa memanah adalah salah satu olahraga yang dicontohkan Rasullullah SAW. selain berenang dan berkuda. Olahraga sunnah Rasul tersebut memang sangat baik baigi kesehatan dan kekuatan tubuh jika dilakukan dengan benar dan teratur.

Kali ini tim 7InfoMedia berhasil meliput latihan memanah yang dipraktekan oleh pengrajin panah tradisional dan semi modern yang terhimpun dalam Paguyuban UKM Kabupaten Bandung. Kutaloka yang dikelola oleh Wa Iyus adalah pengrajin panahan tradisional asal Kabupaten Bandung. Ciri khas busur panah tradisional adalah terbuat dari bambu dan kayu khusus yang dibentuk dan diproses dengan metode khusus. Sedangkan pengrajin panah semi modern yang dikelola oleh Naufal Yazid bernama Yazid Archery. Umumnya terbuat dari fiber dan PVC.

Kedua busur panah ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing baik dari segi seni, kekuatan, keakuratan, dan harga. Semua tergantung proses, bahan baku, dan kerumitan dalam pembuatan. Busur panah tradisional bisa lebih mahal karena proses pembuatannya lebih lama dan butuh keahlian khusus. Selain itu handle busur dan bagian sayap bisa diberi ukiran sesuai pesanan. Namun demikian jika salah memilih bahan, bisa berakibat mudahnya patah.

Harga busur panah semi modern bisa lebih mahal karena bahan bakunya juga mahal dan ada beberapa yang masih di-import dari luar negeri. Jangkauan busur panah semi modern bisa lebih jauh karena mempunyai kekuatan bentang yang lebih besar jika dibanding busur panah bambu.

Kedua busur panah bisa dikombinasikan, misalnya sayap terbuat dari fiber seadangkan handle-nya dari kayu atau sebaliknya. Menurut para pengrajin busur panah, untuk menciptakan busur panah yang berkualitas harus memenuhi beberapa kriteria di antaranya:
  1. Kualitas bahan baku yang digunakan harus baik karena akan berpengaruh terhadap kekuatan bentangan, jangkauan, dan akurasi.
  2. Seni dalam membentuk busur.
  3. Daya bentang dan jangkauan.
  4. Keakuratan saat digunakan dalam jangkauan tertentu.
Video berikut adalah rekaman saat mereka berlatih memanah bersama Qaktuz Camp di Gunung Puntang Bandung Selatan. Wa Iyus sebagai pimpinan Kutaloka juga sempat memperagakan cara memasang busur panah dan string dengan benar.


Cara Pasang Busur Panah Tradisional Oleh Wa Iyus (Kutaloka)


Latihan Memanah Bersama Naufal Yazid (Yazid Archery)

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Struktur hubungan komponen pada rangkaian seri adalah berderet yakni ujung terminal suatu komponen elektronika dihubungkan dengan pangkal terminal komponen kedua, ujung terminal komponen kedua dihubungkan dengan pangkal terminal komponen ketiga dan seterusnya. Jika pangkal terminal komponen pertama dihubungkan dengan sumber tegangan positif dan ujung terminal komponen terakhir dihubungkan dengan sumber tegangan negatif, maka hubungan seperti ini di dalam elektronika dikenal dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit). Dalam kondisi ini arus listrik akan mengalir dari positif ke negatif melalui komponen-komponen elektronika yang dideretkan (hubungan seri). Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian seri adalah sama.

Gambar di bawah adalah contoh rangkaian seri sederhana yang terdiri dari dua buah resistor (R1 dan R2) dan sumber tegangan (V). Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian seri dapat menggunakan hukun Ohm yaitu V=IxR. V adalah sumber tegangan …

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Untuk memahami struktur rangkaian paralel dapat dilihat dari hubungan antar kaki (terminal) setiap komponen elektronika. Jika pangkal kaki suatu komponen dihubungkan dengan pangkal komponen lainnya dan ujung kaki komponen tersebut dihubungkan dengan ujung kaki komponen lainnya, maka hubungan seperti ini disebut paralel dimana setiap komponen dijajarkan. Apabila setiap ujung kaki tersebut dihubungkan ke sumber tegangan, dalam elektronika disebut dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit) sehingga arus dapat mengalir dari sumber tegangan melalui komponen-komponen tersebut.

Arus yang mengalir pada setiap komponen pada rangkaian paralel dapat berbeda tergantung besar kecilnya resistansi komponen tersebut. Dengan kata lain arus sumber akan dibagi ke setiap komponen dan akan menyatu kembali di ujung rangkaian. Pada rangkaian paralel, tegangan di setiap ujung kaki komponen adalah sama besar.

Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian paralel dapat menggunakan …

Contoh Kata Berawalan "Ber"

Pendidikan Bahasa Indonesia
Imbuhan dalam sebuah kata selalu digunakan ketika berkomunikasi melalui lisan atau tulisan. Dalam satu kalimat saja pembicara dapat menggunakan banyak imbuhan sesuai dengan tujuan dan fungsinya.

Imbuhan adalah kata tambahan yang dilekatkan pada kata dasar. Menurut Ejaaan Yang Disempurnakan (EYD) ada 4 jenis imbuhan yaitu awalan, sisipan, akhiran, dan awalan akhiran. Fokus pembahasan di posting ini adalah awalan "ber" dan conto-contohnya dalam kalimat.

Awalan ber- di dalam bahasa Indonesia berfungsi sebagai pembentuk kata kerja atau kata sifat. Kata kerja yang dibentuk tidak memiliki objek (intransitif), tapi dapat memiliki pelengkap atau keterangan. Karena kata kerja yang dihasilkan awalan ber- intransitif, kata kerja itu tidak dapat dipasifkan dengan awalan di-.

Awalan ber- akan berubah bentuk menjadi:
be- jika suku awal mengandung -er- atau kata dasarnya diawali huruf r, misal: bekerja; beternak; berumput; beracunbel- untuk kasus khusus, yaitu: b…