Skip to main content

Masih Muda Sudah Bisa Bikin Busur Panah

Yazid Archery
Sahabat mungkin belum mengenal Naufal Yazid, bahkan mendengar namanya saja mungkin baru kali ini. Iaadalah mahasiswa semester satu UIN Sunan Gunung Djati Jurusan Ekonomi Syariah sekaligus pengrajin busur panah Yazid Archery. Selain memproduksi berbagai jenis dan model busur panah, Yazid sendiri pandai memanah lho... Katanya, 'Memanah adalah sunnah Rasul'.

Sebagai pembisnis muda asal Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung, Yazid memahami kurangnya lapangan pekerjaan di masyarakat padahal banyak sekali orang berbakat yang tidak bisa memanfaatkan bakatnya tersebut,dalam arti bisa menghasilkan income. Tahu gak sahabat...dengan peralatan sederhana saja ia mampu membuat busur panah yang berkualitas di kelasnya dan dapat menyalurkan bakat para pengrajin agar bisa sukses bersama Yazid Archery.

Bahan baku untama pembuatan busur panah tersebut cukup beragam antara lain bambu, kayu, fiber, tanduk, dan PVC. Karena keterbatasan modal, saat ini Yazid Archery hanya fokus pada bahan baku PVC karena selain harganya relatif murah juga disesuaikan dengan daya beli masyarakat khususnya para pemanah pemula. Yazid sendiri tidak keberatan seandainya ada investor yang mau mendukung Yazid Archery untuk meningkatkan kualtitas dan kualitas produk karena kualitas bahan sangat berpengaruh terhadap kekuatan, jangkauan, dan keakuratan saat memanah.

Meski baru memiliki beberapa pengrajin tetapi ia tetap semangat untuk terus berinovasi mengembangkan model-model busur panah yang lebih menarik, berseni, dan berkelas. Tujuannya agar orang semakin tahu ciri khas dan kualitas busur panah keluaran Yazid Archery. Bukan itu saja, ia berharap jangkauan pasar produknya lebih luas sehingga akan berdampak pada income para pengrajin.

Yazid Archery berkomitmen untuk membuat busur panah yang berbeda dengan busur panah yang sudah ada di pasaran. Jika ada produsen atau pengrajin lain yang meniru model buatannya, ia harus siap membuat model baru yang lebih fresh. Harapan terhadap pemerintah khususnya Dinas Pendidikan agar menjadikan panahan sebagai bagian dari kurikulum sekolah, setidaknya menjadi ekstrakurikuler-wajib bagi siswa di sekolah.

Eksistensi Yazid Archery di 'dunia nyata dan di dunia maya' tidak lepas dari dukungan kedua orangtuanya, rekan-rekannya dan dari salah satu tokoh pembaharu entrepreneur Kecamatan Pameungpeuk, Defi Fahrur Rozi yang senantiasa memberikan dukungan penuh dalam mengembangkan karya dan berinovasi membuat busur panah berkualitas meski dengan dana yang terbatas sehingga bisa bersaing dengan produk luar.



Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Struktur hubungan komponen pada rangkaian seri adalah berderet yakni ujung terminal suatu komponen elektronika dihubungkan dengan pangkal terminal komponen kedua, ujung terminal komponen kedua dihubungkan dengan pangkal terminal komponen ketiga dan seterusnya. Jika pangkal terminal komponen pertama dihubungkan dengan sumber tegangan positif dan ujung terminal komponen terakhir dihubungkan dengan sumber tegangan negatif, maka hubungan seperti ini di dalam elektronika dikenal dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit). Dalam kondisi ini arus listrik akan mengalir dari positif ke negatif melalui komponen-komponen elektronika yang dideretkan (hubungan seri). Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian seri adalah sama.

Gambar di bawah adalah contoh rangkaian seri sederhana yang terdiri dari dua buah resistor (R1 dan R2) dan sumber tegangan (V). Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian seri dapat menggunakan hukun Ohm yaitu V=IxR. V adalah sumber tegangan …

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Untuk memahami struktur rangkaian paralel dapat dilihat dari hubungan antar kaki (terminal) setiap komponen elektronika. Jika pangkal kaki suatu komponen dihubungkan dengan pangkal komponen lainnya dan ujung kaki komponen tersebut dihubungkan dengan ujung kaki komponen lainnya, maka hubungan seperti ini disebut paralel dimana setiap komponen dijajarkan. Apabila setiap ujung kaki tersebut dihubungkan ke sumber tegangan, dalam elektronika disebut dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit) sehingga arus dapat mengalir dari sumber tegangan melalui komponen-komponen tersebut.

Arus yang mengalir pada setiap komponen pada rangkaian paralel dapat berbeda tergantung besar kecilnya resistansi komponen tersebut. Dengan kata lain arus sumber akan dibagi ke setiap komponen dan akan menyatu kembali di ujung rangkaian. Pada rangkaian paralel, tegangan di setiap ujung kaki komponen adalah sama besar.

Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian paralel dapat menggunakan …

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam (Bagian I)

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam Allah menurunkan Al-Quran kepada umat manusia melalui nabi Muhammad SAW sebagai kitab suci terakhir untuk dijadikan pedoman hidup. Al-Quran yang tidak ada keraguan sedikit pun di dalamnya mengandung petunjuk-petunjuk yang dapat menyinari seluruh isi alam ini.

Sebagai kitab suci sepanjang zaman, Al-Quran memuat informasi dasar berbagai masalah termasuk informasi mengenai hukum, etika, science, antariksa, kedokteran dan sebagainya. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa kandungan Al-Quran bersifat luas dan luwes.

Mayoritas kandungan Al-Quran merupakan dasar-dasar hukum dan pengetahuan, manusialah yang berperan sekaligus bertugas menganalisa, merinci, dan membuat garis besar kebenaran Al-Quran agar dapat dijadikan sumber penyelesaian masalah kehidupan manusia.

Pada zaman Rasulullah, sumber hukum Islam ada dua yaitu Al-Quran dan As-Sunnah. Rasulullah selalu menunggu wahyu untuk menjelaskan sebuah kasus tertentu, namum apabila wahyu tidak turun, maka…