Saturday, December 17, 2016

Robot Burung Mirip Asli

Sering kita melihat berbagai robot dengan berbagai model, fungsi, dan keunggulan seperti robot yang mirip manusia, robot pendeteksi bom, robot pemadam api, dan robot-robot lain dengan teknologi mutakhir. Melalui posting ini saya ingin berbagi info mengenai robot burung mirip asli yang bisa terbang tinggi di angkasa. Meski belum memiliki kaki tetapi robot berwarna putih ini bisa mengepakan kedua sayapnya hingga terbang tinggi di udara seperti burung asli.

Smart Bird adalah nama robot burung buatan Festo. Video di bawah memperlihatkan demonstrasi yang dibuat menggunakan celphone oleh William Basso di FEMAC 2012 Anhembi – SP – Brazil. Robot ini dapat terbang dengan cara menggerakkan kedua sayap dan ekornya menyerupai gerakan sayap dan ekor burung sungguhan. Karena belum memiliki kaki, burung ini terbang di bantu oleh manusia tetapi keluwesan gerakan sayap dan ekor saat terbang dapat menarik perhatian burung sungguhan di sekitar area demonstrasi.

Seperti robot terbang lain, robot burung ini dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan remote control bahkan sampai mendarat pun dapat dikendalikan dengan sempurna. Meskipun gerakan terbang tidak secepat dan seluwes robot persegi dengan baling-baling di atasnya, tetapi robot produk Festo ini mampu menarik perhatian para ilmuwan dan penghobi elektronika dan robotika. Ke depan, robot ini akan terus dikembangkan dengan fitur tambahan seperti kamera pengintaian dan kaki untuk mendarat.

Robot burung mirip asli ini dapat terbang di ruangan yang cukup sempit dengan banyak tiang, dinding dan barang-barng lainnya. Kombinasi remote control, sensor, dan program yang ditanam di dalam robot tersebut mampu menjadikan Smart Bird terhindar dari benturan di ruangan. Sebenarnya robot ini adalah sebuah pesawat super ringan dengan kualitas aerodinamis yang sangat baik sehingga bisa bergerak lincah di udara. Konstruksi dan bahan yang ringan menjadikan robot yang awalnya meniru gerakan burung camar ini hemat energi sehigga dapat terbang lebih lama. Lebih jelasnya, silakan perhatikan video berikut!




Robot Burung Mirip Asli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuda Isparela