Skip to main content

Kaos Lukis Cabut Warna

Kaos Lukis Cabut Warna
Kebanyakan orang pasti sudah tahu apa itu kaos lukis, yakni seni lukis yang diterapkan pada kaos polos. Bentuk kaos yang dilukis tersebut bisa berkerah, tanpa kerah, tangan panjang atau tangan pendek. Bahan dan warna kaosnya pun bisa bermacam-macam, tergantung kebutuhan atau disesuaikan permintaan pasar.

Selain bahan, warna, dan bentuk kaos, teknik melukis nya pun cukup beragam. Ada yang dilakukan dengan cara manual seperti melukis pada kanvas, ada yang menggunakan sistem batik tulis, teknik airbrush, ada juga yang disablon dan di-print. Lantas apa yang disebut dengan istilah kaos lukis cabut warna? apakah bahannya yang berbeda atau teknik yang yang digunakannya yang berbeda?

Kaos lukis cabut warna adalah teknik melukis pada kaos polos dengan sistem discharge, yakni teknik melukis dengan cara menghilangkan warna asli kain sehingga lukisan tidak mudah pudar ketika dicuci, lukisan akan pudar bersamaan dengan pudarnya kaos tersebut.

Untuk saat ini bahan kaos yang digunakan harus katun atau mengandung mayoritas unsur katun. Teknik lukis discharge ini tidak bisa dilakukan pada kaos polyester. Warna yang dihasilkan pun masih terbatas yakni cokelat, orange, merah, kuning, dan putih, tergantung kepekatan bahan yang digunakan dan tergantung bahan katun yang dipakai. Untuk menghasilkan kualitas warna lukisan, warna bahan harus gelap seperti hitam, cokelat, abu tua, merah tua, dan biru.

Mekipun warna yang dihasilkan tidak sebanyak kaos sablon, kaos full print, dan kaos airbrush, tetapi hasil lukis yang dihasilkan kaos discharge ini cukup unik dan terkesan retro atau klasik. Itu sebabnya banyak distro yang banyak memproduksi kaos lukis jenis ini meskipun masih dalam jumlah terbatas (limited edition).

Motif lukisan pada kaos lukis ini pun bisa beraneka ragam karena dilakukan secara manual dan tidak tergantung cetakan atau file tetapi tergantung dari Si Pelukisnya. Mayoritas distro yang menawarkan kaos jenis ini adalah Distro Sunda atau distro-distro yang menjual pakaian khas Sunda seperti Distro Naratas. Itu sebabnya motif lukisannya pun kebanyakan khas daerah Sunda seperti lukisan kujang (senjata khas Sunda), lukisan maung (harimau), lukisan Prabu Siliwangi, dan motif-motif batik khas budaya Sunda.

Kalau sahabat tertarik untuk memesan atau membeli kaos lukis cabut warna, sahabat dapat mengunjungi situs Distro Naratas atau KemejaLukis. Situs tersebut menerima pesanan pre-order dengan beragam motif lukisan, bahkan bisa custom yang semuanya bisa dipesan secara online dan bisa dikirim ke seluruh Indonesia.

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Struktur hubungan komponen pada rangkaian seri adalah berderet yakni ujung terminal suatu komponen elektronika dihubungkan dengan pangkal terminal komponen kedua, ujung terminal komponen kedua dihubungkan dengan pangkal terminal komponen ketiga dan seterusnya. Jika pangkal terminal komponen pertama dihubungkan dengan sumber tegangan positif dan ujung terminal komponen terakhir dihubungkan dengan sumber tegangan negatif, maka hubungan seperti ini di dalam elektronika dikenal dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit). Dalam kondisi ini arus listrik akan mengalir dari positif ke negatif melalui komponen-komponen elektronika yang dideretkan (hubungan seri). Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian seri adalah sama.

Gambar di bawah adalah contoh rangkaian seri sederhana yang terdiri dari dua buah resistor (R1 dan R2) dan sumber tegangan (V). Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian seri dapat menggunakan hukun Ohm yaitu V=IxR. V adalah sumber tegangan …

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Untuk memahami struktur rangkaian paralel dapat dilihat dari hubungan antar kaki (terminal) setiap komponen elektronika. Jika pangkal kaki suatu komponen dihubungkan dengan pangkal komponen lainnya dan ujung kaki komponen tersebut dihubungkan dengan ujung kaki komponen lainnya, maka hubungan seperti ini disebut paralel dimana setiap komponen dijajarkan. Apabila setiap ujung kaki tersebut dihubungkan ke sumber tegangan, dalam elektronika disebut dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit) sehingga arus dapat mengalir dari sumber tegangan melalui komponen-komponen tersebut.

Arus yang mengalir pada setiap komponen pada rangkaian paralel dapat berbeda tergantung besar kecilnya resistansi komponen tersebut. Dengan kata lain arus sumber akan dibagi ke setiap komponen dan akan menyatu kembali di ujung rangkaian. Pada rangkaian paralel, tegangan di setiap ujung kaki komponen adalah sama besar.

Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian paralel dapat menggunakan …

Contoh Kata Berawalan "Ber"

Pendidikan Bahasa Indonesia
Imbuhan dalam sebuah kata selalu digunakan ketika berkomunikasi melalui lisan atau tulisan. Dalam satu kalimat saja pembicara dapat menggunakan banyak imbuhan sesuai dengan tujuan dan fungsinya.

Imbuhan adalah kata tambahan yang dilekatkan pada kata dasar. Menurut Ejaaan Yang Disempurnakan (EYD) ada 4 jenis imbuhan yaitu awalan, sisipan, akhiran, dan awalan akhiran. Fokus pembahasan di posting ini adalah awalan "ber" dan conto-contohnya dalam kalimat.

Awalan ber- di dalam bahasa Indonesia berfungsi sebagai pembentuk kata kerja atau kata sifat. Kata kerja yang dibentuk tidak memiliki objek (intransitif), tapi dapat memiliki pelengkap atau keterangan. Karena kata kerja yang dihasilkan awalan ber- intransitif, kata kerja itu tidak dapat dipasifkan dengan awalan di-.

Awalan ber- akan berubah bentuk menjadi:
be- jika suku awal mengandung -er- atau kata dasarnya diawali huruf r, misal: bekerja; beternak; berumput; beracunbel- untuk kasus khusus, yaitu: b…