Tuesday, August 2, 2016

Robot Terbang

Robot kecil dalam bentuk pesawat terbang dan helicopter sudah sering kita lihat di televisi atau media elektronika lainnya, bahkan tidak sedikit yang telah memilikinya. Kini Robot terbang seperti itu sudah banyak yang dilengkapi dengan kamera pengintai seperti CCTV sehingga dapat difungsikan sebagai pesawai pengintai yang dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan remote control.

Robot terbang yang satu ini berbeda dengan robot capung. Robot ini didesain agar bisa terbang ke segala arah tanpa perlu memutarkan bagian kepala karena memang robot ini tidak memiliki kepala dan ekor seperti pesawat terbang, disamping itu gerakannya pun lebih halus, luwes, dan fleksibel.

Pada video di bawah terlihat tiga buah robot yang terbang dengan memegang jaring untuk menangkap sebuah benda. Masing-masing memegang ujung jaring tesebut dengan seimbang. Kombinasi sensor (detector) dan program Artificial Intelegence (AI) yang ditanam pada sistem menjadikan ketiga robot tersebut dapat melempar benda di dalam jaring kemudian menangkapnya kembali dengan akurasi tinggi.



Robot terbang ini dirancang sebagai robot militer yang dapat digunakan untuk menjaga keamanan rumah (tempat tinggal),kantor, atau properti lainnya. Keunggulan lain dari robot ini dapat menangkap sebuah benda dengan kaki robot yang didesain seperti kaki elang ketika menangkap ikan di air. Sensor dan kamera yang terpasang pada sistem mampu mendeteksi benda (sasaran) dengan tepat kemudian menangkapnya sambil terbang.

Kemampuan terbang ke segala arah dan fleksibilitas gerakan yang dimiliki robot ini mampu merarik perhatian para pembeli sebagai pengganti atau pelengkap CCTV dan menjadi daya tarik khusus para penggemar robotika untuk dikembangkan.

Robot Terbang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuda Isparela