Skip to main content

Robot Terbang

Robot kecil dalam bentuk pesawat terbang dan helicopter sudah sering kita lihat di televisi atau media elektronika lainnya, bahkan tidak sedikit yang telah memilikinya. Kini Robot terbang seperti itu sudah banyak yang dilengkapi dengan kamera pengintai seperti CCTV sehingga dapat difungsikan sebagai pesawai pengintai yang dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan remote control.

Robot terbang yang satu ini berbeda dengan robot capung. Robot ini didesain agar bisa terbang ke segala arah tanpa perlu memutarkan bagian kepala karena memang robot ini tidak memiliki kepala dan ekor seperti pesawat terbang, disamping itu gerakannya pun lebih halus, luwes, dan fleksibel.

Pada video di bawah terlihat tiga buah robot yang terbang dengan memegang jaring untuk menangkap sebuah benda. Masing-masing memegang ujung jaring tesebut dengan seimbang. Kombinasi sensor (detector) dan program Artificial Intelegence (AI) yang ditanam pada sistem menjadikan ketiga robot tersebut dapat melempar benda di dalam jaring kemudian menangkapnya kembali dengan akurasi tinggi.



Robot terbang ini dirancang sebagai robot militer yang dapat digunakan untuk menjaga keamanan rumah (tempat tinggal),kantor, atau properti lainnya. Keunggulan lain dari robot ini dapat menangkap sebuah benda dengan kaki robot yang didesain seperti kaki elang ketika menangkap ikan di air. Sensor dan kamera yang terpasang pada sistem mampu mendeteksi benda (sasaran) dengan tepat kemudian menangkapnya sambil terbang.

Kemampuan terbang ke segala arah dan fleksibilitas gerakan yang dimiliki robot ini mampu merarik perhatian para pembeli sebagai pengganti atau pelengkap CCTV dan menjadi daya tarik khusus para penggemar robotika untuk dikembangkan.

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Struktur hubungan komponen pada rangkaian seri adalah berderet yakni ujung terminal suatu komponen elektronika dihubungkan dengan pangkal terminal komponen kedua, ujung terminal komponen kedua dihubungkan dengan pangkal terminal komponen ketiga dan seterusnya. Jika pangkal terminal komponen pertama dihubungkan dengan sumber tegangan positif dan ujung terminal komponen terakhir dihubungkan dengan sumber tegangan negatif, maka hubungan seperti ini di dalam elektronika dikenal dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit). Dalam kondisi ini arus listrik akan mengalir dari positif ke negatif melalui komponen-komponen elektronika yang dideretkan (hubungan seri). Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian seri adalah sama.

Gambar di bawah adalah contoh rangkaian seri sederhana yang terdiri dari dua buah resistor (R1 dan R2) dan sumber tegangan (V). Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian seri dapat menggunakan hukun Ohm yaitu V=IxR. V adalah sumber tegangan …

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Untuk memahami struktur rangkaian paralel dapat dilihat dari hubungan antar kaki (terminal) setiap komponen elektronika. Jika pangkal kaki suatu komponen dihubungkan dengan pangkal komponen lainnya dan ujung kaki komponen tersebut dihubungkan dengan ujung kaki komponen lainnya, maka hubungan seperti ini disebut paralel dimana setiap komponen dijajarkan. Apabila setiap ujung kaki tersebut dihubungkan ke sumber tegangan, dalam elektronika disebut dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit) sehingga arus dapat mengalir dari sumber tegangan melalui komponen-komponen tersebut.

Arus yang mengalir pada setiap komponen pada rangkaian paralel dapat berbeda tergantung besar kecilnya resistansi komponen tersebut. Dengan kata lain arus sumber akan dibagi ke setiap komponen dan akan menyatu kembali di ujung rangkaian. Pada rangkaian paralel, tegangan di setiap ujung kaki komponen adalah sama besar.

Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian paralel dapat menggunakan …

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam (Bagian I)

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam Allah menurunkan Al-Quran kepada umat manusia melalui nabi Muhammad SAW sebagai kitab suci terakhir untuk dijadikan pedoman hidup. Al-Quran yang tidak ada keraguan sedikit pun di dalamnya mengandung petunjuk-petunjuk yang dapat menyinari seluruh isi alam ini.

Sebagai kitab suci sepanjang zaman, Al-Quran memuat informasi dasar berbagai masalah termasuk informasi mengenai hukum, etika, science, antariksa, kedokteran dan sebagainya. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa kandungan Al-Quran bersifat luas dan luwes.

Mayoritas kandungan Al-Quran merupakan dasar-dasar hukum dan pengetahuan, manusialah yang berperan sekaligus bertugas menganalisa, merinci, dan membuat garis besar kebenaran Al-Quran agar dapat dijadikan sumber penyelesaian masalah kehidupan manusia.

Pada zaman Rasulullah, sumber hukum Islam ada dua yaitu Al-Quran dan As-Sunnah. Rasulullah selalu menunggu wahyu untuk menjelaskan sebuah kasus tertentu, namum apabila wahyu tidak turun, maka…