Skip to main content

Bateray

Bateray (bahasa Inggris Battery) adalah suatu alat listrik-kimiawi yang menyimpan energi dan dapat mengeluarkan tenaga dalam bentuk listrik DC (tegangan searah). Satuan bateray adalah VAh (Volt Ampere hour). Contoh Battery 12 Volt 100 Ah artinya mempunyai output tegangan DC 12 Volt dengan kapasitas 100 Ampere per jam. Contoh lain, Battery 1.5 V 1200 mAh artinya battery (bateray) tersebut mempunyai tegangan output 1.5 Volt dengan kapasitas 1200 mili Ampere per jam (1.2 Amper per jam). Notasi battery ditulis dengan huruf B (Battery), E (Energy), atau V (Voltage).

Bentuk fisik bateray yang mempunyai kapasitas besar umumnya lebih besar dari bateray dengan kapasitas kecil, namun demikian jika digunakan untuk beban yang sama, maka bateray dengan kapasitas lebih besar akan tahan lebih lama. Tahan di sini maksudnya dapat mensuplay tegangan lebih lama.

Berdasarkan pengisiannya terdapat dua jenis battery yakni battery yang dapat diisi ulang (rechargeable battery) atau disebut juga dengan battery sekunder dan battery yang tidak bisa diisi ulang (sekali pakai/disposable) atau disebut juga battery primer. Berdasarkan bahan utama pembuatannya ada dua jenis battery yaitu battery cair dan battery kering. Kedua jenis battery tersebut dapat mengubah energi kimia menjadi energi listrik.

Simbol bateray dapat dilihat pada gambar di bawah. Gambar sebelah kiri adalah simbol battery yang terdiri dari satu cell dan gambar sebelah kanan adalah simbol battery yang terdiri dari beberapa cell. Di dalam elektronika, battery berfungsi sebagai sumber tegangan DC (Direct Current) untuk mensuplay suatu sistem rangkaian yang membutuhkan tegangan DC. Dalam prakteknya, battery dapat diganti dengan power supply, regulator, atau adaptor yang merupakan suatu sistem rangkaian elektronika yang umumnya terdiri dari komponen trafo (transformator), dioda, condensator (capacitor), resistor (tahanan), dan IC regulator. Kelebihan power supply adalah dapat mengatur tegangan keluaran sesuai dengan kebutuhan namun hanya dapat bekerja ketika ada arus listrik (ada sumber listrik dari PLN atau genset).
Battery Symbol
Simbol Bateray

Simbol Bateray
Simbol Bateray

Bateray kering ataupun bateray cair dapat dengan mudah ditemukan di toko listrik, toko elektronik, atau di toko kendaraan bermotor dalam berbagai merk. Harga bateray yang dapat diisi ulang biasanya lebih mahal daripada disponsible battery. Banyak sekali perangkat elektronika yang menggunakan bateray kering sebagai sumber listrik di antaranya: 
  1. Handphone dan sejenisnya 
  2. Radio Saku 
  3. MP3 dan MP4 Player 
  4. Handycam Camcorders 
  5. Kamera Digital 
  6. Mother Board pada PC (PersonalComputer) 
  7. Remote Control 
  8. Laptop, Notebook, Netbook, dan Tablet 
  9. Wireless Mouse 
  10. Pointer Presntation
  11. Lampu Emergency 
  12. Mainan Anak 
  13. Lampu Senter 
  14. Power Bank 
Karena bateray dapat mengubah energi kima menjadi energi listrik tanpa perlu sumber listrik dari PLN, maka battery dapat digunakan sebagai sumber cadangan ketika listrik dari PLN mati. Contohnya Emergency Lamp, EPS (Emergency Power Source), Power Bank, dan UPS (Uninterruptable Power Supply).

Jika ada dua atau lebih bateray yang sejenis dipasang secara seri, maka tegangan keluaran (V Output) akan merupakan penjumlahan masing-masing output battery seadangkan kapasitas arusnya perjamnya akan tetap (V Total = V1 + V2 + Vn). Sebaliknya jika dipasang secara paralel, maka output tegangan akan tetap sedangkan kapasitas arus per jamnya akan merupakan penjumlahan kapasitas setiap battery (I Total = I1 + I1 + In).

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Struktur hubungan komponen pada rangkaian seri adalah berderet yakni ujung terminal suatu komponen elektronika dihubungkan dengan pangkal terminal komponen kedua, ujung terminal komponen kedua dihubungkan dengan pangkal terminal komponen ketiga dan seterusnya. Jika pangkal terminal komponen pertama dihubungkan dengan sumber tegangan positif dan ujung terminal komponen terakhir dihubungkan dengan sumber tegangan negatif, maka hubungan seperti ini di dalam elektronika dikenal dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit). Dalam kondisi ini arus listrik akan mengalir dari positif ke negatif melalui komponen-komponen elektronika yang dideretkan (hubungan seri). Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian seri adalah sama.

Gambar di bawah adalah contoh rangkaian seri sederhana yang terdiri dari dua buah resistor (R1 dan R2) dan sumber tegangan (V). Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian seri dapat menggunakan hukun Ohm yaitu V=IxR. V adalah sumber tegangan …

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Untuk memahami struktur rangkaian paralel dapat dilihat dari hubungan antar kaki (terminal) setiap komponen elektronika. Jika pangkal kaki suatu komponen dihubungkan dengan pangkal komponen lainnya dan ujung kaki komponen tersebut dihubungkan dengan ujung kaki komponen lainnya, maka hubungan seperti ini disebut paralel dimana setiap komponen dijajarkan. Apabila setiap ujung kaki tersebut dihubungkan ke sumber tegangan, dalam elektronika disebut dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit) sehingga arus dapat mengalir dari sumber tegangan melalui komponen-komponen tersebut.

Arus yang mengalir pada setiap komponen pada rangkaian paralel dapat berbeda tergantung besar kecilnya resistansi komponen tersebut. Dengan kata lain arus sumber akan dibagi ke setiap komponen dan akan menyatu kembali di ujung rangkaian. Pada rangkaian paralel, tegangan di setiap ujung kaki komponen adalah sama besar.

Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian paralel dapat menggunakan …

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam (Bagian I)

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam Allah menurunkan Al-Quran kepada umat manusia melalui nabi Muhammad SAW sebagai kitab suci terakhir untuk dijadikan pedoman hidup. Al-Quran yang tidak ada keraguan sedikit pun di dalamnya mengandung petunjuk-petunjuk yang dapat menyinari seluruh isi alam ini.

Sebagai kitab suci sepanjang zaman, Al-Quran memuat informasi dasar berbagai masalah termasuk informasi mengenai hukum, etika, science, antariksa, kedokteran dan sebagainya. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa kandungan Al-Quran bersifat luas dan luwes.

Mayoritas kandungan Al-Quran merupakan dasar-dasar hukum dan pengetahuan, manusialah yang berperan sekaligus bertugas menganalisa, merinci, dan membuat garis besar kebenaran Al-Quran agar dapat dijadikan sumber penyelesaian masalah kehidupan manusia.

Pada zaman Rasulullah, sumber hukum Islam ada dua yaitu Al-Quran dan As-Sunnah. Rasulullah selalu menunggu wahyu untuk menjelaskan sebuah kasus tertentu, namum apabila wahyu tidak turun, maka…