Skip to main content

Sumber-sumber Listrik

Sumber Listrik
Fungsi Sumber Listrik
Agar peralatan listrik dan elektronik dapat beroperasi, dibutuhkan sumber tegangan listrik yang sesuai dengan kebutuhan alat tersebut. Sumber listrik yang tidak sesuai dapat berakibat alat tersebut tidak bisa beropersai, beroperasi tidak optimal, bahkan alat tersebut dapat rusak. Kesesuaian sumber listrik tersebut mencakup jenis tegangan atau arus yang dibutuhkan (AC atau DC), besar-kecilnya tegangan yang diperlukan, dan arus minimal yang dibutuhkan.

Contoh Sumber Listrik
Terlepas dari besar-kecilnya tegangan yang dihasilkan, ada beberapa alat atau benda yang dapat menghasilkan sumber listrik di antaranya:
  1. Perusahaan Listrik Negara (PLN)
    Melalui pembangkit listrik seperti PLTA dan PLTU dapat menghasilkan listik AC. Sampai saat ini PLN masih merupakan sumber listrik utama di negara Indonesia. 
  2. AKI (Accu) atau Battery Cair
    Adalah adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia. Sesuai dengan standar internasional, setiap satu cell accu memiliki tegangan nominal sebesar 2 Volt. Dengan demikian Accu/Aki 12 Volt mempunyai cell sebanyak 6 buah demikian juga dengan Aki 6 Volt mempunyai cell sebanyak 3 buah dan seterusnya kelipatan dua. Aki banyak digunakan pada kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat. Di samping itu banyak perangkat elektronik yang masih menggunakan Aki cair sebagai sumber listrik DC misalnya Sentral Telepon Digital dan BTS. 
  3. Battery Kering
    Adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi listrik dalam zat kimia kering. Jenis Battery kering sering dipakai sebagai sumber listrik dalam peralatan elektronik seperti handphone, laptop, notebook, tablet, UPS (Uninterupable Power Suply), EPS (Emergensy Power Source), Lampu Emergency, dan sebagainya, 
  4. Adaptor
    Adaptor adalah suatu alat elektronik yang terdiri dari komponen-komponen elektronika dalam suatu rangkaian regulator untuk menurunkan tegangan tinggi sekaligus mengubah tegangan AC menjadi DC. Adaptor tidak bisa bekerja sendiri tanpa sumber listrik dari PLN. Adaptor sering digunakan sebegai sumber listrik DC untuk menjalankan sekalugus melakukan pengisisan (charge battery) pada perangkat elektronika seperti telpon selular, laptop, notebook, tablet, dan sebagainya. 
  5. Buah dan Tanaman
    Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa buah dan tanaman tertentu dapat menghasilkan energi listrik meskipun dalam jumlah yang kecil. Buah penghasil listrik ini antara lain buah busuk yang sudah menjadi sampah, kulit buah, kentang.
Sumber foto: King-Elementware

    Popular posts from this blog

    Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

    Struktur hubungan komponen pada rangkaian seri adalah berderet yakni ujung terminal suatu komponen elektronika dihubungkan dengan pangkal terminal komponen kedua, ujung terminal komponen kedua dihubungkan dengan pangkal terminal komponen ketiga dan seterusnya. Jika pangkal terminal komponen pertama dihubungkan dengan sumber tegangan positif dan ujung terminal komponen terakhir dihubungkan dengan sumber tegangan negatif, maka hubungan seperti ini di dalam elektronika dikenal dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit). Dalam kondisi ini arus listrik akan mengalir dari positif ke negatif melalui komponen-komponen elektronika yang dideretkan (hubungan seri). Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian seri adalah sama.

    Gambar di bawah adalah contoh rangkaian seri sederhana yang terdiri dari dua buah resistor (R1 dan R2) dan sumber tegangan (V). Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian seri dapat menggunakan hukun Ohm yaitu V=IxR. V adalah sumber tegangan …

    Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

    Untuk memahami struktur rangkaian paralel dapat dilihat dari hubungan antar kaki (terminal) setiap komponen elektronika. Jika pangkal kaki suatu komponen dihubungkan dengan pangkal komponen lainnya dan ujung kaki komponen tersebut dihubungkan dengan ujung kaki komponen lainnya, maka hubungan seperti ini disebut paralel dimana setiap komponen dijajarkan. Apabila setiap ujung kaki tersebut dihubungkan ke sumber tegangan, dalam elektronika disebut dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit) sehingga arus dapat mengalir dari sumber tegangan melalui komponen-komponen tersebut.

    Arus yang mengalir pada setiap komponen pada rangkaian paralel dapat berbeda tergantung besar kecilnya resistansi komponen tersebut. Dengan kata lain arus sumber akan dibagi ke setiap komponen dan akan menyatu kembali di ujung rangkaian. Pada rangkaian paralel, tegangan di setiap ujung kaki komponen adalah sama besar.

    Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian paralel dapat menggunakan …

    Contoh Kata Berawalan "Ber"

    Pendidikan Bahasa Indonesia
    Imbuhan dalam sebuah kata selalu digunakan ketika berkomunikasi melalui lisan atau tulisan. Dalam satu kalimat saja pembicara dapat menggunakan banyak imbuhan sesuai dengan tujuan dan fungsinya.

    Imbuhan adalah kata tambahan yang dilekatkan pada kata dasar. Menurut Ejaaan Yang Disempurnakan (EYD) ada 4 jenis imbuhan yaitu awalan, sisipan, akhiran, dan awalan akhiran. Fokus pembahasan di posting ini adalah awalan "ber" dan conto-contohnya dalam kalimat.

    Awalan ber- di dalam bahasa Indonesia berfungsi sebagai pembentuk kata kerja atau kata sifat. Kata kerja yang dibentuk tidak memiliki objek (intransitif), tapi dapat memiliki pelengkap atau keterangan. Karena kata kerja yang dihasilkan awalan ber- intransitif, kata kerja itu tidak dapat dipasifkan dengan awalan di-.

    Awalan ber- akan berubah bentuk menjadi:
    be- jika suku awal mengandung -er- atau kata dasarnya diawali huruf r, misal: bekerja; beternak; berumput; beracunbel- untuk kasus khusus, yaitu: b…