Sumber-sumber Listrik

Sumber Listrik
Fungsi Sumber Listrik
Agar peralatan listrik dan elektronik dapat beroperasi, dibutuhkan sumber tegangan listrik yang sesuai dengan kebutuhan alat tersebut. Sumber listrik yang tidak sesuai dapat berakibat alat tersebut tidak bisa beropersai, beroperasi tidak optimal, bahkan alat tersebut dapat rusak. Kesesuaian sumber listrik tersebut mencakup jenis tegangan atau arus yang dibutuhkan (AC atau DC), besar-kecilnya tegangan yang diperlukan, dan arus minimal yang dibutuhkan.

Contoh Sumber Listrik
Terlepas dari besar-kecilnya tegangan yang dihasilkan, ada beberapa alat atau benda yang dapat menghasilkan sumber listrik di antaranya:
  1. Perusahaan Listrik Negara (PLN)
    Melalui pembangkit listrik seperti PLTA dan PLTU dapat menghasilkan listik AC. Sampai saat ini PLN masih merupakan sumber listrik utama di negara Indonesia. 
  2. AKI (Accu) atau Battery Cair
    Adalah adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia. Sesuai dengan standar internasional, setiap satu cell accu memiliki tegangan nominal sebesar 2 Volt. Dengan demikian Accu/Aki 12 Volt mempunyai cell sebanyak 6 buah demikian juga dengan Aki 6 Volt mempunyai cell sebanyak 3 buah dan seterusnya kelipatan dua. Aki banyak digunakan pada kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat. Di samping itu banyak perangkat elektronik yang masih menggunakan Aki cair sebagai sumber listrik DC misalnya Sentral Telepon Digital dan BTS. 
  3. Battery Kering
    Adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi listrik dalam zat kimia kering. Jenis Battery kering sering dipakai sebagai sumber listrik dalam peralatan elektronik seperti handphone, laptop, notebook, tablet, UPS (Uninterupable Power Suply), EPS (Emergensy Power Source), Lampu Emergency, dan sebagainya, 
  4. Adaptor
    Adaptor adalah suatu alat elektronik yang terdiri dari komponen-komponen elektronika dalam suatu rangkaian regulator untuk menurunkan tegangan tinggi sekaligus mengubah tegangan AC menjadi DC. Adaptor tidak bisa bekerja sendiri tanpa sumber listrik dari PLN. Adaptor sering digunakan sebegai sumber listrik DC untuk menjalankan sekalugus melakukan pengisisan (charge battery) pada perangkat elektronika seperti telpon selular, laptop, notebook, tablet, dan sebagainya. 
  5. Buah dan Tanaman
    Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa buah dan tanaman tertentu dapat menghasilkan energi listrik meskipun dalam jumlah yang kecil. Buah penghasil listrik ini antara lain buah busuk yang sudah menjadi sampah, kulit buah, kentang.
Sumber foto: King-Elementware

    Popular posts from this blog

    Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

    Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

    Kapasitor atau Condensator