Monday, July 18, 2016

Simbol-simbol Listrik

Ketika sahabat akan membuat skema rangkaian listrik misalnya untuk membuat instalasi perkabelan di rumah atau bangunan baru, sebaiknya dibuat rancangan terlebih dahulu untuk meminimalisir kesalahan dan untuk memperlacar pemasangan terutama jika yang melakukan instalasi tersebut adalah orang lain. Rancangan tersebut biasanya dibuat dalam bentuk gambar yang disebut dengan simbol-simbol listrik. Selain untuk membuat rancangan instalasi, simbol-simbol listrik perlu diketahui untuk mempermudah pembacaan rangakaian instalasi listrik di tempat lain karena simbol-simbol ini telah distandarisasi dan akan sama di seluruh dunia.

Coba sahabat perhatikan di belakang mesin cuci atau di belakang lemari pendingin (kulkas), di sana biasanya ditempel keterangan berupa gambar instalasi perkabelan sederhana dalam bentuk simbol-simbol listrik untuk mempermudah perbaikan (reparasi) jika suatu saat terjadi kerusakan. Melalui simbol-simbol tersebut, orang yang melakukan perbaikan akan lebih mudah melacak dan menemukan. Warna, notasi, dan keterangan yang pada skema tersebut juga sangat membantu proses perbaikan jika suatu saat peralatan listrik tersebut mengalami kerusakan.

Simbol-simbol listrik umumnya dibentuk dari garis lurus, garis lengkung, persegi, dan lingkaran. Contoh, simbol fuse atau sikring diganbar dengan sebuah garis yang memotong persegi panjang. Contoh lain adalah motor listrik yang digambar dengan bentuk lingkaran dengan huruf “M” di tengah-tengahnya (M=Motor).

Sebenarnya ada beberapa simbol listrik yang sama persis dengan simbol elektronika seperti sambungan kabel (connection), saklar listrik, trafo (transformator) dan relay. Perbedaanya terletak pada spesifikasi masing-masing komponen. Di bawah ini adalah beberapa simbol-simbol listrik yang sering digunakan dalam sebuah sekema rangkaian listrik, semoga dapat dijadikan referensi.

Simbol Listrik
Simbol Soket Listrik (Stop-Contact)

Simbol Listrik
Simbol Saklar Listrik

Simbol Listrik
Simbol Connector AC (AC Plug)

Simbol Listrik
Simbol Motor Listrik

Simbol Listrik
Simbol Kapasitor, Fuse, Lilitan, dan Resistor

Simbol Listrik
Simbol Trafo dan Ground (GND)

Simbol Listrik
Simbol Switch, Valve, dan Resistor

Simbol Listrik
Simbol Relay

Simbol-simbol Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuda Isparela