Simbol-simbol Elektronika Digital

Simbol-simbol elektronika digital memiliki fungsi sama seperti halnya simbol-simbol elektronika analog dan simbol listrik yakni untuk mempermudah perancangan, analisa rangkaian, dan perbaikan sistem. Selain itu, penggunaan simbol dalam sebuah model/ rancangan dapat meminimalisir kerugian akibat rusaknya komponen karena proses analisa dilakukan bukan dalam bentuk komponen asli (secara fisik) tetapi berupa skema rangkaian elektronika.

Ada beberapa versi simbol-simbol elektronika digital, keduanya bisa digunakan dalam membuat skema karena sudah menjadi standar internasional. Di posting ini hanya dibahas beberapa simbol seperti simbol logic gate (gerbang dasar digital) sedangkan simbol-simbol lain berupa IC (Integrated Circuit) yang dibentuk dari simbol-simbil dasar akan dibahas di posting lain.

Bagi sahabat yang masih belajar di tingkat SMK khususnya jurusan Elektrnonika Industri atau sahabat kuliahan jurusan Teknik Elektro, simbol-simbol elektronika digital ini sebaiknya dikuasai karena akan mendukung pemahaman ketika menganlisa dan merancang suatu sistem rangkaian elektronika digital seperti rangkaian lampu berjalan, rangkaian jam digital, scoring board, dan lain-lain.

Selain kegunaan-kegunaan yang tadi disebutkan, pengetahuan terhadap simbol-simbol ini dapat membantu perancangan dan analisa sistem melalui berbagai perangkat lunak (software) simulasi seperti LiveWire, TinyCad, Altium, Edraw, dan software rancangan elektronika lainnya.

Teknik menghafal simbol-simbol elektronika digital sebenarnya lebih mudah daripada menghafal simbol elektronika analog karena banyak simbol yang dibentuk dari simbol yang lebih sederhana seperti simbol gerbang AND 4 input sama dengan simbol gerbang AND 2 input, yang berbeda hanyalah jumlah input-nya saja. Demikian juga dengan simbol gerbang NOR 4 input dan gerbang NOR 2 input. Lebih jelasnya dapat dilihat di bawah.
Gerbang Digital
Simbol Gerbang AND, NAND, OR, dan NOR Dua Input

Gerbang Digital
Simbol Gerbang AND (AND Gate) Dua Input, Tiga Input, dan Empat Input

Gerbang Digital
Simbol Gerbang NAND (NAND Gate) Dua Input, Tiga Input, dan Empat Input

Gerbang Digital
Simbol Gerbang NOT, Buffer, Schimitt Triggered, dan Tri-State-Driver

Gerbang Digital
Simbol Gerbang NOT, Buffer, dan Tri-Stare-Driver

Gerbang Digital
Simbol Gerbang OR, NOR, dan EX-NOR

Simbol Gerbang OR dan Gerbang NOR

Simbol Schimitt Triggered, Gerbang EX-OR, dan EX-NOR

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Kapasitor atau Condensator