Skip to main content

Robot Naik Sepeda

Sahabat pasti sering menyaksikan robot yang bisa berjalan menyerupai manusia, bahkan kini robot tersebut dapat berjalan dengan simbang ketika melewati tangga. Berbagai robot kini banyak dikembangkan oleh para ilmuwan di dunia dengan bermacam fungsi dan tujuan, misalnya untuk kepentingan medis, keamanan, bahkan untuk kepentingan militer.

Banyak pekerjaan manusia yang sudah dapat digantikan dengan robot, mulai dari tugas ringan sampai tugas berat dan berbahaya pun kini dengan mudah dapat dikerjakan oleh mesin kecil yang namanya robot sehingga dapat mengurangi resiko akibat kelalaian manusia atau karena fungsi kerja seperti menjinakan bom atau memata-matai kawasan musuh ketika perang.

Robot yang bisa berjalan dan robot yang bisa berbicara mungkin saat ini sudah tidak aneh lagi bagi banyak orang meskipun menggunakan teknologi tinggi. Di Jepang kini sudah dibuat robot naik sepeda dengan teknologi yang tidak kalah dengan robot-robot yang lain. Selain bentuknya yang kecil, robot tersebut dapat memutar pedal dengan kedua kakinya dan mengendalikan sepeda dengan kedua tangannya tanpa jatuh. Robot ini tidak memiliki rem sehingga ketika berhenti robot kecil ini melepaskan kedua kakinya dari pedal sepeda dan menginjakkannya ke tanah. Meski demikian, proses stopping tidak membuatnya jatuh.

Robot naik sepeda ini dikendalikan remote control dengan jangkauan yang cukup jauh sehingga dapat berhenti dan berjalan sesuai instruksi yang diberikan, bahkan sekali-kali robot tersebut dapat menyapa para penonton dengan melambaikan salah satu tangannya. Lucu memang, namun dibalik kelucuan tersebut terdapat sistem elektronik dengan teknologi super canggih rancangan Masahico Yamaguchi.

Fitur utama dari robot ini adalah ketika ia menggayuh sepeda dengan kedua kakinya dan mengendalikan sepeda tersebut dengan kedua tangannya melalui stang sepeda. Masahico Yamaguchi tertarik dengan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang diterapkan dalam sebuah robot naik sepeda.

Semoga saja robot-robot seperti ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para penggemar robotika di Indonesia untuk merancang dan membuat robot-robot baru yang dapat memberikan nilai manfaat bagi manusia. Bagi sahabat yang ingin menyaksikan sendiri bagaimana robot naik sepeda karya Masahico Yamaguchi dapat menyeimbangkan tubuhnya ketika berjalan dan dapat mengendalikan arah laju dari sepeda itu. Silakan lihat video di bawah!


Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Struktur hubungan komponen pada rangkaian seri adalah berderet yakni ujung terminal suatu komponen elektronika dihubungkan dengan pangkal terminal komponen kedua, ujung terminal komponen kedua dihubungkan dengan pangkal terminal komponen ketiga dan seterusnya. Jika pangkal terminal komponen pertama dihubungkan dengan sumber tegangan positif dan ujung terminal komponen terakhir dihubungkan dengan sumber tegangan negatif, maka hubungan seperti ini di dalam elektronika dikenal dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit). Dalam kondisi ini arus listrik akan mengalir dari positif ke negatif melalui komponen-komponen elektronika yang dideretkan (hubungan seri). Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian seri adalah sama.

Gambar di bawah adalah contoh rangkaian seri sederhana yang terdiri dari dua buah resistor (R1 dan R2) dan sumber tegangan (V). Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian seri dapat menggunakan hukun Ohm yaitu V=IxR. V adalah sumber tegangan …

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Untuk memahami struktur rangkaian paralel dapat dilihat dari hubungan antar kaki (terminal) setiap komponen elektronika. Jika pangkal kaki suatu komponen dihubungkan dengan pangkal komponen lainnya dan ujung kaki komponen tersebut dihubungkan dengan ujung kaki komponen lainnya, maka hubungan seperti ini disebut paralel dimana setiap komponen dijajarkan. Apabila setiap ujung kaki tersebut dihubungkan ke sumber tegangan, dalam elektronika disebut dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit) sehingga arus dapat mengalir dari sumber tegangan melalui komponen-komponen tersebut.

Arus yang mengalir pada setiap komponen pada rangkaian paralel dapat berbeda tergantung besar kecilnya resistansi komponen tersebut. Dengan kata lain arus sumber akan dibagi ke setiap komponen dan akan menyatu kembali di ujung rangkaian. Pada rangkaian paralel, tegangan di setiap ujung kaki komponen adalah sama besar.

Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian paralel dapat menggunakan …

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam (Bagian I)

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam Allah menurunkan Al-Quran kepada umat manusia melalui nabi Muhammad SAW sebagai kitab suci terakhir untuk dijadikan pedoman hidup. Al-Quran yang tidak ada keraguan sedikit pun di dalamnya mengandung petunjuk-petunjuk yang dapat menyinari seluruh isi alam ini.

Sebagai kitab suci sepanjang zaman, Al-Quran memuat informasi dasar berbagai masalah termasuk informasi mengenai hukum, etika, science, antariksa, kedokteran dan sebagainya. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa kandungan Al-Quran bersifat luas dan luwes.

Mayoritas kandungan Al-Quran merupakan dasar-dasar hukum dan pengetahuan, manusialah yang berperan sekaligus bertugas menganalisa, merinci, dan membuat garis besar kebenaran Al-Quran agar dapat dijadikan sumber penyelesaian masalah kehidupan manusia.

Pada zaman Rasulullah, sumber hukum Islam ada dua yaitu Al-Quran dan As-Sunnah. Rasulullah selalu menunggu wahyu untuk menjelaskan sebuah kasus tertentu, namum apabila wahyu tidak turun, maka…