Saturday, July 23, 2016

Robot Naik Sepeda

Sahabat pasti sering menyaksikan robot yang bisa berjalan menyerupai manusia, bahkan kini robot tersebut dapat berjalan dengan simbang ketika melewati tangga. Berbagai robot kini banyak dikembangkan oleh para ilmuwan di dunia dengan bermacam fungsi dan tujuan, misalnya untuk kepentingan medis, keamanan, bahkan untuk kepentingan militer.

Banyak pekerjaan manusia yang sudah dapat digantikan dengan robot, mulai dari tugas ringan sampai tugas berat dan berbahaya pun kini dengan mudah dapat dikerjakan oleh mesin kecil yang namanya robot sehingga dapat mengurangi resiko akibat kelalaian manusia atau karena fungsi kerja seperti menjinakan bom atau memata-matai kawasan musuh ketika perang.

Robot yang bisa berjalan dan robot yang bisa berbicara mungkin saat ini sudah tidak aneh lagi bagi banyak orang meskipun menggunakan teknologi tinggi. Di Jepang kini sudah dibuat robot naik sepeda dengan teknologi yang tidak kalah dengan robot-robot yang lain. Selain bentuknya yang kecil, robot tersebut dapat memutar pedal dengan kedua kakinya dan mengendalikan sepeda dengan kedua tangannya tanpa jatuh. Robot ini tidak memiliki rem sehingga ketika berhenti robot kecil ini melepaskan kedua kakinya dari pedal sepeda dan menginjakkannya ke tanah. Meski demikian, proses stopping tidak membuatnya jatuh.

Robot naik sepeda ini dikendalikan remote control dengan jangkauan yang cukup jauh sehingga dapat berhenti dan berjalan sesuai instruksi yang diberikan, bahkan sekali-kali robot tersebut dapat menyapa para penonton dengan melambaikan salah satu tangannya. Lucu memang, namun dibalik kelucuan tersebut terdapat sistem elektronik dengan teknologi super canggih rancangan Masahico Yamaguchi.

Fitur utama dari robot ini adalah ketika ia menggayuh sepeda dengan kedua kakinya dan mengendalikan sepeda tersebut dengan kedua tangannya melalui stang sepeda. Masahico Yamaguchi tertarik dengan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang diterapkan dalam sebuah robot naik sepeda.

Semoga saja robot-robot seperti ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para penggemar robotika di Indonesia untuk merancang dan membuat robot-robot baru yang dapat memberikan nilai manfaat bagi manusia. Bagi sahabat yang ingin menyaksikan sendiri bagaimana robot naik sepeda karya Masahico Yamaguchi dapat menyeimbangkan tubuhnya ketika berjalan dan dapat mengendalikan arah laju dari sepeda itu. Silakan lihat video di bawah!


Robot Naik Sepeda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuda Isparela