Saturday, July 23, 2016

Robot Laba-laba

Selain robot yang bisa berjalan, robot yang bisa berbicara, dan robot naik sepeda, sahabat dapat melihat robot laba-laba yang bisa bergerak seperti laba-laba asli. Bisa berputar, berjalan, menggerakan sebagian kakinya, dan banyak lagi gerakan yang justru laba-laba aslinya pun tidak pernah melakukan gerakan ini. Kenapa? Kuncinya ada di pengendali (manusia) yang mengatur setiap gerakan robot laba-laba melalui remote control sehingga gerakan yang terjadi adalah implemetasi dari instruksi yang diberikan manusia. Harga robot ini sekitar 499 USD yang dapat dibeli langsung melalui situs resminya di Robugtic, lengkap dengan surat-surat dan sertifikat yang diperlukan.

Robot laba-laba (Spider Octopod Robot) ini memiliki 26 motor yang dirancang pada setiap kaki dan tubuhnya. Tiga buah motor di setiap kakinya (3 x 8 = 24) dan dua motor pada perutnya jadi total motor yang digunakan adalah 26 motor (24+2). Motor-motor inilah yang dapat menggerakan tubuh dan kaki robot dengan gerakan yang halus seperti terlihat nyata, hanya saja matanya cuma satu. 

Melalui remote control, pengguna dapat menegendalikan robot dari jarak jauh dengan berbagai gerakan, misalnya berjalan, berputar, bahkan dapat bergerak meliuk-liuk seperti seorang penari salsa Gak percaya? Lihat saja videonya. Bagi sahabat penggemar robotika dan mempunyai hobi di bidang elektronika khususnya microcontroller, robot laba-laba ini dapat menjadi koleksi berharga bagi Anda. Siapa tahu dengan memiliki robot ini, dapat memberikan ide baru dan memotivasi untuk merancang-robot-robot lain yang tidak kalah keren. Pasti bisa!

Bentuknya yang kecil dan keluwesan dalam gerakan, robot laba-laba ini banyak digemari bukan saja oleh anak-anak sebagai mainan tetapi juga oleh orang dewasa penggemar robotika.

Gerakan Halus Robot Laba-laba


Robot Laba-laba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuda Isparela