Skip to main content

Robot Kucing

Awalnya robot dibuat untuk membantu meringankan tugas manusia, namun seiring perkembangan teknologi elektronika, komputer, dan intelegensi buatan (Artificial Intelligence/ AI) , kini robot dibuat bukan saja untuk membantu meringankan pekerjaan manusia tetapi juga dapat menjadi mainan dan objek hiburan lainnya.

Perkembangan microcontroller dan beragam komponen sensor pendeteksi di dunia elektronika sangat mendukung perkembangan dunia robotika di dunia. Hal ini terbukti dengan banyaknya robot ciptaan yang unik dengan teknologi super seperti robot naik sepeda, robot laba-laba, dan robot capung yang semuanya dirancang menyerupai binatang aslinya.

WildCat adalah nama robot kucing berkaki empat yang diciptakan atas bantuan dana para peneliti pertahanan DARPA. Robot kucing ini dapat berjalan dan berlari bukan saja seperti kucing liar tetapi juga cara berjalannya dapat menirukan binatang berkaki empat lainnya hingga mencapai kecepatan 26 kilometer per jam. Selain memiliki sumberdaya sendiri, WildCat juga dirancang mobile sepenuhnya serta dapat digunakan untuk keperluan militer.

Robot kucing ini dibangun oleh Boston Dynamics (http://www.bostondynamics.com) dengan tujuan selain untuk kepentingan militer juga dapat digunakan untuk penyelamatan darurat ketika terjadi bencana alam. Boston Dynamics sebagai pencipta robot ini mengatakan bahwa robot ini dapat digunakan dalam penyelamatan darurat, pemulihan bencana, dan mendukung operasi militer. Meskipun robot kucing ini masih dalam tahap awal, penciptanya terus mengembangkan agar mampu berlari sampai dengan kecepatan 80 Kilometer per jam di semua medan.


Tidak seperti robot-robot mini, robot kucing ini didesain khusus dengan bahan bakar solar, sedangkan battery hanya digunakan sebagai powersupply rangkaian sensor dan remote control agar robot tersebut dapat dikendalikan dari jarak jauh. Robot kucing liar ini dapat berlari (running), berderap (galloping), berbelok(turning), melompat (bounding) dan berhenti (stop) yang semuanya dikendalikan dengan remote control. Semua gerakan robot tersebut diatur dengan cara mengubah kecepatan dan gerakan setiap kaki.

Teknik gerakan robot WildCat ini cukup beragam dimana posisi gerakan kaki dirancang menyerupai binatang aslinya. Melalui video di bawah sahabat dapat melihat lebih jelas kemampuan robot kucing dalam gerakan lambat (slow motion).

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Struktur hubungan komponen pada rangkaian seri adalah berderet yakni ujung terminal suatu komponen elektronika dihubungkan dengan pangkal terminal komponen kedua, ujung terminal komponen kedua dihubungkan dengan pangkal terminal komponen ketiga dan seterusnya. Jika pangkal terminal komponen pertama dihubungkan dengan sumber tegangan positif dan ujung terminal komponen terakhir dihubungkan dengan sumber tegangan negatif, maka hubungan seperti ini di dalam elektronika dikenal dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit). Dalam kondisi ini arus listrik akan mengalir dari positif ke negatif melalui komponen-komponen elektronika yang dideretkan (hubungan seri). Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian seri adalah sama.

Gambar di bawah adalah contoh rangkaian seri sederhana yang terdiri dari dua buah resistor (R1 dan R2) dan sumber tegangan (V). Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian seri dapat menggunakan hukun Ohm yaitu V=IxR. V adalah sumber tegangan …

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Untuk memahami struktur rangkaian paralel dapat dilihat dari hubungan antar kaki (terminal) setiap komponen elektronika. Jika pangkal kaki suatu komponen dihubungkan dengan pangkal komponen lainnya dan ujung kaki komponen tersebut dihubungkan dengan ujung kaki komponen lainnya, maka hubungan seperti ini disebut paralel dimana setiap komponen dijajarkan. Apabila setiap ujung kaki tersebut dihubungkan ke sumber tegangan, dalam elektronika disebut dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit) sehingga arus dapat mengalir dari sumber tegangan melalui komponen-komponen tersebut.

Arus yang mengalir pada setiap komponen pada rangkaian paralel dapat berbeda tergantung besar kecilnya resistansi komponen tersebut. Dengan kata lain arus sumber akan dibagi ke setiap komponen dan akan menyatu kembali di ujung rangkaian. Pada rangkaian paralel, tegangan di setiap ujung kaki komponen adalah sama besar.

Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian paralel dapat menggunakan …

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam (Bagian I)

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam Allah menurunkan Al-Quran kepada umat manusia melalui nabi Muhammad SAW sebagai kitab suci terakhir untuk dijadikan pedoman hidup. Al-Quran yang tidak ada keraguan sedikit pun di dalamnya mengandung petunjuk-petunjuk yang dapat menyinari seluruh isi alam ini.

Sebagai kitab suci sepanjang zaman, Al-Quran memuat informasi dasar berbagai masalah termasuk informasi mengenai hukum, etika, science, antariksa, kedokteran dan sebagainya. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa kandungan Al-Quran bersifat luas dan luwes.

Mayoritas kandungan Al-Quran merupakan dasar-dasar hukum dan pengetahuan, manusialah yang berperan sekaligus bertugas menganalisa, merinci, dan membuat garis besar kebenaran Al-Quran agar dapat dijadikan sumber penyelesaian masalah kehidupan manusia.

Pada zaman Rasulullah, sumber hukum Islam ada dua yaitu Al-Quran dan As-Sunnah. Rasulullah selalu menunggu wahyu untuk menjelaskan sebuah kasus tertentu, namum apabila wahyu tidak turun, maka…