Sunday, July 31, 2016

Robot Kucing

Awalnya robot dibuat untuk membantu meringankan tugas manusia, namun seiring perkembangan teknologi elektronika, komputer, dan intelegensi buatan (Artificial Intelligence/ AI) , kini robot dibuat bukan saja untuk membantu meringankan pekerjaan manusia tetapi juga dapat menjadi mainan dan objek hiburan lainnya.

Perkembangan microcontroller dan beragam komponen sensor pendeteksi di dunia elektronika sangat mendukung perkembangan dunia robotika di dunia. Hal ini terbukti dengan banyaknya robot ciptaan yang unik dengan teknologi super seperti robot naik sepeda, robot laba-laba, dan robot capung yang semuanya dirancang menyerupai binatang aslinya.

WildCat adalah nama robot kucing berkaki empat yang diciptakan atas bantuan dana para peneliti pertahanan DARPA. Robot kucing ini dapat berjalan dan berlari bukan saja seperti kucing liar tetapi juga cara berjalannya dapat menirukan binatang berkaki empat lainnya hingga mencapai kecepatan 26 kilometer per jam. Selain memiliki sumberdaya sendiri, WildCat juga dirancang mobile sepenuhnya serta dapat digunakan untuk keperluan militer.

Robot kucing ini dibangun oleh Boston Dynamics (http://www.bostondynamics.com) dengan tujuan selain untuk kepentingan militer juga dapat digunakan untuk penyelamatan darurat ketika terjadi bencana alam. Boston Dynamics sebagai pencipta robot ini mengatakan bahwa robot ini dapat digunakan dalam penyelamatan darurat, pemulihan bencana, dan mendukung operasi militer. Meskipun robot kucing ini masih dalam tahap awal, penciptanya terus mengembangkan agar mampu berlari sampai dengan kecepatan 80 Kilometer per jam di semua medan.



Tidak seperti robot-robot mini, robot kucing ini didesain khusus dengan bahan bakar solar, sedangkan battery hanya digunakan sebagai powersupply rangkaian sensor dan remote control agar robot tersebut dapat dikendalikan dari jarak jauh. Robot kucing liar ini dapat berlari (running), berderap (galloping), berbelok(turning), melompat (bounding) dan berhenti (stop) yang semuanya dikendalikan dengan remote control. Semua gerakan robot tersebut diatur dengan cara mengubah kecepatan dan gerakan setiap kaki.

Teknik gerakan robot WildCat ini cukup beragam dimana posisi gerakan kaki dirancang menyerupai binatang aslinya. Melalui video di bawah sahabat dapat melihat lebih jelas kemampuan robot kucing dalam gerakan lambat (slow motion).

Robot Kucing Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuda Isparela