Saturday, July 30, 2016

Headphone, headset, earphone, dan handsfree

Headphone, headset, earphone, dan handsfree merupakan peralatan elektronik yang mempunyai kesamaan fungsi yakni sebagai media yang dapat mengubah arus listrik menjadi gelombang suara. Perangkat-perangkat tersebut dapat dengan mudah ditemukan di toko elektroni. Di antara pengguna masih ada yang belum mengetahui perbedaanya, bahkan di antaranya masih menyamakan keempat perangkat elektronik tersebut.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai perbedaan headphone, headset, earphone, dan handsfree yang dikutif dari Surat Kabar Pikiran Rakyat Edisi Kamis 27 Maret 2014.

Apa itu Headphone?
Headphone adalah perangkat elektronik penyuara kuping yang memiliki penghubung seperti bando yang berfungsi sebagai penahan earphone agar menempel dan nyaman di telinga. Yang termasuk varian headphone adalah:

  1. Full Size (Over Ear Headphone)
    Headphone jenis ini memiliki penutup telinga berupa bantalan yang cukup besar sampai bagian telinga tertutup sempurna dan rapat sehingga suara yang terdengar akan lebih jelas tanpa ada gangguan suara lain dari luar. Headphone ini agak merepotkan jika dibawa-bawa karena ukurannya yang besar. 
  2. On Ear Headphone
    Headphone jenis ini hampir sama dengan sebelumnya (Full Size) tetapi dengan ukuran yang sedikit lebih kecil. Bantalannya hanya menutup bagian daun telinga sehingga suara dari luar (noise) sedikit terdengar. 
  3. Backphone
    Bentuknya sama seperti headphone pada umumnya tetapi dengan ukuran earphone yang lebih kecil dan bando penghubungnya berada di belakang kepala. Bando penghubung biasanya lebih tipis dan fleksibel menyusuri bagian belakang telinga. Headphone jenis ini biasanya dipakai saat olahraga atau sedang bepergian. 
Handphone
Headphone

Apa itu Headset?
Headset merupakan perangkat elektronik penyuara kuping yang sangat mirip dengan headphone, hanya saja jenis ini dilengkapi mic (microphone) sehingga selain dapat mendengar, juga dapat digunakan untuk berbicara. Headphone jenis ini dapat dijadikan alat komunikasi. Karena dilengkapai microphone, headset dapat digunakan sebagai pelengkap permainan online (online game) atau jaringan.
Headset
Headset

Apa itu Earphone?
Fungsi dan cara kerja earphone sama dengan headphone pada umumnya, yang berbeda hanya ukuran dan cara pemakaiannya. Ukuran earphone jauh lebih kecil jika dibanding dengan headphone dan headset. Cara pemakaiannya dapat disumbatkan ke lubang telinga atau dengan menempelkannya. Yang termasuk varian earphone adalah:
  1. IEM (In Ear Monitor)
    Earphone jenis ini biasanya terbuat dari plastik dan karet yang dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat menempel di daun telinga. Meskipun hanya menempel di daun telinga tetapi suara yang dihasilkan masih berkualitas. Earphone jenis ini sering digunakan para musisi dan dunia rekaman. 
  2. Earbuds
    Earbuds adalah jenis earphone yang pemakaiannya disumbatkan ke lubang telinga. Bentuknya kecil terbuat dari bahan karet yang lembut sehingga tidak melukai rongga telinga. Bantalan karet dapat mencegah suara luar masuk. 
Earphone
Earphone

Apa itu Handsfree?
Handsfree adalah perangkat elektronik penyuara kuping yang dapat meringankan kerja tangan. Bentuknya mirip earphone tetapi dilengkapi microphone. Handsfree merk tertentu dilengkapi tombol untuk mengatur volume suara, tombol call, dan end call.

Awalnya varian ini digunakan saat berkomunikasi via telepon seluler. Karena penggunaannya tidak perlu dipegang dan tanpa harus menyentuh ponsel, perangkat ini dinamakan handsfree. Saat ini banyak produk handsfree yang menggunakan teknologi wireless (nirkabel) menggunakan bluetooth segingga lebih praktis.
Handsfree
Handsfree


Sumber:
Asep Budiman/Yusuf Haryanto
Pikiran Rakyar Edisi Kamis 27 Maret 2014

Headphone, headset, earphone, dan handsfree Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuda Isparela