Wednesday, December 24, 2014

Belajar Berbicara Bahasa Inggris

Meskipun bahasa Inggris bukan bahasa ibu tetapi pemahaman dan penguasaanya sangat diperlukan. Bukan saja bagi para pelajar dan mahasiswa tetapi juga bagi para pengusaha dan masyarakat pada umumnya. Beragam informasi penting dapat kita peroleh dengan mudah melalui internet hanya dengan menguasai bahasa Inggris, meskipun pasif, dalam artian hanya bisa membaca dan menulis. Google Translate memang sangat membantu untuk menterjemahkan berbagai bahasa di dunia termasuk bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, namun penguasaan tatabahasa dan grammer bahasa Inggris masih tetap diperlukan agar hasil terjemahan tidak rancu.

Banyak perusahaan yang mewajibkan karyawan di posisi-posisi tertentu harus dijabat oleh orang yang mampu berbicara bahasa Inggris untuk menunjang pekerjaannya. Para pemimpin negara, menteri-menteri, pejabat pemerintahan, kepala daerah, dan anggota legislatif wajib menguasai bahasa Inggris. Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi disertai munculnya beragam perangkat super canggih seperti komputer, telepon seluler, tablet, dan gadget lainyya, penguasaan bahasa Inggris semakin dibutuhkan meskipun kini peralatan-peralatan tersebut sudah mendukung bahasa Indonesia. Belajar berbicara bahasa Inggris harus dilakukan siapapun agar tidak ketinggalan informasi dan teknologi yang terus berkembang. Jadi sebaiknya kuasai bahasa Inggris meskipun dalam level pasif.

Para pengajar khususnya guru di tingkat SD sampai tingkat SMA sederajat sudah saatnya untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris para siswanya, bahkan kini sudah terlihat di banyak sekolah Taman Kanak-kanak (TK) dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) pun sudah mulai dikenalkan. Para pengajar harus berfikir keras dengan mengembangkan metode dan teknik pengajaran yang uptodate agar para siswa dapat dengan mudah mempelajari dan menguasai bahasa Inggris.

Video di bawah adalah salah satu metode belajar berbicara bahasa Inggris yang diterapkan salah satu guru bahasa Inggris di SMK Almarwah (Jamaludin Suryana). Sebagai guru bahasa Inggris, beliau menerapkan metode kepada para siswa untuk merekam suara mereka sendiri untuk berbicara dalam bahasa Inggris dengan tema yang telah ditentukan. Para siswa boleh merekan suara dengan cara dan dengan peralatan apapun. Bisa dengan HP, kamera digital, handicam, ataupun dengan kamera webcam pada laptop/ notebook.

Cara Mengkostumisasi Kemeja dan Dasi


Salah satu siswi SMK Almarwah Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) mencoba belajar berbicara bahasa Inggris melalui tutorial Photoshop. Siswi tersebut memberikan tutorial singkat mengenai cara mengganti kemeja dan dasi gurunya menggunakan program Photoshop dalam bahasa Inggris. Tentu saja metode ini selain unik juga disukai para siswanya.

Belajar Berbicara Bahasa Inggris Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuda Isparela