Skip to main content

Banjir di Pameungpeuk Bandung Selatan

Sudah menjadi peristiwa rutin yang biasa terjadi setiap tahun di musim penghujan sungai Cisangkuy meluap akibat kiriman air dari Pangalengan dan sekitarnya. Meluapnya sungai Cisangkuy akan berakibat meluapnya sungai Citarum karena berujung di sana. Banyak warga di sekitar sungai Citarum yang harus mengungsi karena tempat tinggal mereka banjir akibat luapan sungai Citarum.

Pemukiman di daerah Cieunteung misalnya, adalah lokasi paling parah jika suangai Citarum meluap. Sebagian warga mengungsi ke tempat saudara mereka, sebagian lagi berada di posko-posko bantuan yang ditempatkan di tempat yang lebih tinggi di sekitar jalan terusan Buahbatu. Banjir seperti ini ikut memperparah kemacetan jalan khususnya di sekitar Baleendah, Buahbatu, Bojongsoang, Dayeuhkolot, dan Palasari. Jalur kendaraan Ciparay - Majalaya - Bandung dan jalur kendaraan Banjaran - Dayeuhkolot - Bandung macet total. Akibatnya jalur alternatif via Soreang dan Rancamanyar-Cibaduyut dipenuhi antrian kendaraan.

Banjir dengan ketinggian sekitar 50cm ini memaksa kendaraan berhenti total samapi kondisi air surut dan mampu dilewati kendaraan. Banyak kendaraan roda dua mogok karena mencoba melewati jalanan banjir di sekitar Palasari jalan terusan Moh. Toha. Kendaraan-kendaraan besar yang biasa beroperasi malam hari, kini terlihat parkir di pinggir-pinggir jalan terusan Buahbatu dan di jalan terusan Moh. Toha.

Kretek adalah satu-satunya kendaraan paling laku saat ini karena mampu melewati genangan air dengan ketinggian 50cm. Tak heran musibah banjir ini adalah berkah bagi para kusir pemilik kretek, meski demikian para kusir tetap berharap banjir segera reda. Pendapatan bersih mereka bisa mencapai Rp500.000 sampai Rp600.000 perhari. Mayoritas penumpang kretek adalah para karyawan yang bekerja di industri-industri sekitar Palasari Bandung yang kebanyakan industri textil.

Video berikut memperlihatkan kondisi sungai Cisangkuy di Desa Langonsari Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung. Cisangkuy yang biasa terlihat hitam dengan bau yang sangat menyengat di musim kemarau akibat limbah industri, kini meluap sampai ke pinggir-pinggir rumah di sekitar sungai. Beberapa warga yang tinggal di sekitar sungai pun untuk sementara berpindah ke tempat yang lebih aman.


Ketika sungai Cisangkuy surut, biasanya akan menyisakan lumpur, kotoran, dan sampah yang terbawa aliran sungai. Kondisi sepert ini jika tidak diantisipasi cepat oleh para warga, tidak mustahil dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Meski bebererapa kali sungai Citarum dan Sungai Cisangkuy diperdalam menggunakan alat berat, namun sampai saat ini belum bisa menjadi solusi signifikan untuk mencegah banjir. Banjir di Pameungpeuk Bandung Selatan adalah peristiwa rutin yang biasa terjadi setiap tahun di musim penghujan. Kapan ini akan berakhir?

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Struktur hubungan komponen pada rangkaian seri adalah berderet yakni ujung terminal suatu komponen elektronika dihubungkan dengan pangkal terminal komponen kedua, ujung terminal komponen kedua dihubungkan dengan pangkal terminal komponen ketiga dan seterusnya. Jika pangkal terminal komponen pertama dihubungkan dengan sumber tegangan positif dan ujung terminal komponen terakhir dihubungkan dengan sumber tegangan negatif, maka hubungan seperti ini di dalam elektronika dikenal dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit). Dalam kondisi ini arus listrik akan mengalir dari positif ke negatif melalui komponen-komponen elektronika yang dideretkan (hubungan seri). Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian seri adalah sama.

Gambar di bawah adalah contoh rangkaian seri sederhana yang terdiri dari dua buah resistor (R1 dan R2) dan sumber tegangan (V). Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian seri dapat menggunakan hukun Ohm yaitu V=IxR. V adalah sumber tegangan …

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Untuk memahami struktur rangkaian paralel dapat dilihat dari hubungan antar kaki (terminal) setiap komponen elektronika. Jika pangkal kaki suatu komponen dihubungkan dengan pangkal komponen lainnya dan ujung kaki komponen tersebut dihubungkan dengan ujung kaki komponen lainnya, maka hubungan seperti ini disebut paralel dimana setiap komponen dijajarkan. Apabila setiap ujung kaki tersebut dihubungkan ke sumber tegangan, dalam elektronika disebut dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit) sehingga arus dapat mengalir dari sumber tegangan melalui komponen-komponen tersebut.

Arus yang mengalir pada setiap komponen pada rangkaian paralel dapat berbeda tergantung besar kecilnya resistansi komponen tersebut. Dengan kata lain arus sumber akan dibagi ke setiap komponen dan akan menyatu kembali di ujung rangkaian. Pada rangkaian paralel, tegangan di setiap ujung kaki komponen adalah sama besar.

Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian paralel dapat menggunakan …

Contoh Kata Berawalan "Ber"

Pendidikan Bahasa Indonesia
Imbuhan dalam sebuah kata selalu digunakan ketika berkomunikasi melalui lisan atau tulisan. Dalam satu kalimat saja pembicara dapat menggunakan banyak imbuhan sesuai dengan tujuan dan fungsinya.

Imbuhan adalah kata tambahan yang dilekatkan pada kata dasar. Menurut Ejaaan Yang Disempurnakan (EYD) ada 4 jenis imbuhan yaitu awalan, sisipan, akhiran, dan awalan akhiran. Fokus pembahasan di posting ini adalah awalan "ber" dan conto-contohnya dalam kalimat.

Awalan ber- di dalam bahasa Indonesia berfungsi sebagai pembentuk kata kerja atau kata sifat. Kata kerja yang dibentuk tidak memiliki objek (intransitif), tapi dapat memiliki pelengkap atau keterangan. Karena kata kerja yang dihasilkan awalan ber- intransitif, kata kerja itu tidak dapat dipasifkan dengan awalan di-.

Awalan ber- akan berubah bentuk menjadi:
be- jika suku awal mengandung -er- atau kata dasarnya diawali huruf r, misal: bekerja; beternak; berumput; beracunbel- untuk kasus khusus, yaitu: b…