Monday, June 23, 2014

Kerusakan pada Printer Inkjet Epson

Seperti halnya printer Inkjet Canon, kerusakan pada printer Inkjet Epson suatu saat juga bisa terjadi, hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti usia pemakaian, kesalahan penggunaan merk tinta, atau karena penggunaan kertas yang terlalu tebal. Di bawah ini adalah beberapa informasi mengenai kerusakan pada printer Inkjet Epson dan penyebabnya khusus untuk tipe Epson TX 121, Epson T 13, Epson R230,  Epson L100, dan Epson L200. Informasi ini diperoleh dari salah satu tempat reparasi printer di ITC Bandung.

Printer Epson tidak bisa menarik kertas saat cetak atau kertas sulit untuk ditarik, kertas hanya bisa ketarik jika dibantu dorongan tangan secara manual. Penyebab kerusakan ini terjadi karena faktor usia, penggunaan kertas yang terlalu tebal, atau karena printer disimpan di tempat berdebu seperti di pinggir jalan yang dapat mengakibatkan penarik kertas rusak, aus, atau kotor.

Printer Epson mati total dan lampu indikator tidak menyala sama sekali. Kondisi printer seperti ini bisa karena kerusakan kabel power sehingga tidak ada sumberlistrik yang masuk ke printer. Kemungkinan lain adalah rusaknya motherboard printer akibat faktor usia atau karena kesalahan pengoperasian yang tidak sesuai dengan peosedur.

Ketika printer Epson dinyalakan, catridge bergerak normal namun kemudian diam diikuti lampu merah menyala kedap-kedik (blink) dengan cepat seperti pada Epson Stylus Photo R230. Penyebabnya karena sensor yang letaknya di bawah catridge rusak, kotor, atau terhalang tinta.

Hasil cetak pada printer Epson tidak sesuai karena ada satu atau beberapa warna yang tidak keluar ketika proses pencetakan. Kondisi ini bisa diakibatkan karena tinta yang bersangkutan habis, ada jalur tinta yang tersumbat akibat adanya tinta kering yang menghalangi jalur tinta, atau bisa juga karena ada selang infus yang terlipat, terjepit, atau bocor (jika printer sudah dimodifikasi dengan tinta infus).

Fan Belt putus sehingga catridge tidak bisa bergerak. Kondisi ini bisa disebabkan karena gerakan catridge terhalang selang infus yang terkait, melipat (terpasang tidak normal) atau bisa juga karena ada benda asing yang menghalangi gerakan catridge printer ketika printer dioperasikan.

Lampu indikator kedap-kedip (blink). Sebenarnya ini bukanlah kerusakan tetapi karena jumlah poin maksimal cetak (print point) sudah tercapai sehingga perlu diganti dengan catridge baru original. Namun jika printer sudah dimodifikasi dengan tinta infus, maka dapat dilakukan reset printer dengan bantuan software resetter printer Epson.

Bagian dalam printer banjir oleh tinta. Kondisi ini bisa disebabkan oleh bocornya selang pembuangan atau lepas sehingga tinta tidak mengalir ke botol pembuangan. Jika printer belum dimodifikasi dengan tinta infus, kemungkinan karena faktor usia pemakaian sehingga busa/sponge hitam di dalamprinter tidak bisa lagi menampung tinta pembuangan.

Hasil cetak printer Epson terdapat garis lurus vertikal. Penyebabnya bisa karena head print yang sudah rusak akibat usia pemakaian dan saatnya untuk diganti.

Ketika proses cetak, banyak kertas yang ketarik (lebih dari satu lembar). Kondisi ini bisa disebabkan karena penarik kertas sudah aus akibat pemakaian, kotor, atau karena penggunaan kertas yang terlalu tebal.

Komputer tidak mengenali salah satu atau beberapa catridge pada printer Epson TX 121 yang ditandai tanda silang pada printer properties. Penyebab kondisi ini adalah salah satu atau beberapa chip pada catridge yang bersangkutan sudah rusak atau kotor.

Beberapa jenis kerusakan printer inkjet Epson yang telah saya sebutkan di atas tentunya tidak mutlak dan setiap pengguna biasanya mempunyai pengalaman yang berbeda. Semua jenis kerusakan tadi hanyalah pengalaman penulis dan hasil diskusi dengan salah satu teknisi di tempat service komputer di ITC Bandung.

Kerusakan pada Printer Inkjet Epson Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuda Isparela