Kerusakan pada Printer HP Deskjet

Semua peralatan elektronik, apapun merek dan fungsinya, suatu saat pasti akan mengalami kerusakan baik kerusakan fisik seperti pecah dan tergores atau kerusakan fungsi yakni alat tersebut tidak isa bekerja sesuai fungsiya. Kerusakan seperti ini bisa juga terjadi pada komputer dan printer,misalnya pada printer HP Deskjet. Banyak faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada printer HP Deskjet misalnya karena usia pemakaian, kesalahan penggunaan sumber listrik, atau karena kesalahan pengoperasian yang tidak sesuai dengan prosedur. Berikut ini adalah beberapa kerusakan fungsi yang sering terjadi pada printer HP Deskjet.

Sering terjadi paper jam atau kertas tidak ketarik ketika mencetak file di printer HP Deskjet 1000. Kondisi ini dapat disebabkan karena penarik kertas aus akibat usia dan seringnya pemakaian atau rusak karena sering menggunakan kertas yang terlalu tebal dan keras (tidak sesuai dengan spesifikasi pabrik). Paper jam bisa juga terjadi karena ada benda asing yang masuk ke dalam printer sehingga menghalangi kertas untuk ditarik atau mengganggu putaran gear (gigi kecil) penarik kertas.

Printer HP Deskjet mati total dan lampu indikator tidak menyala. Kondisi ini bisa disebabkan karena tidak ada sumber tegangan yang masuk akibat kabel power yang rusak (putus), adaptor (power supply) rusak, atau karena motherboard printer rusak.

Hasil cetak printer HP Deskjet tidak sempurna, terlihat putus-putus, atau hanya sebagian warna yang terlihat pada hasil cetak (warna yang lain tidak muncul). Penyebabnya karena tinta tidak mengalir dengan sempurna ketika proses cetak akibat tersumbat, selang infus melipat atau terjepit, tinta pada catridge habis. Terumbatnya tinta bisa disebabkan karena adanya tinta kering yang menghalangi aliran tinta printer dari catridge ke kertas akibat perinter tersebut jarang dipakai.

Lampu idikator terus-menerus kedap-kedip (blink). Seperti halnya pada printer Canon dan printer Epson, kondisi nge-blink seperti ini bisa terjadi pada printer HP Deskjet seri D2566, 3535, 3420, 3920, dan 2466 karena terdapat chip yang rusak pada salah satu atau pada kedua catridge sehingga mainboard printer tidak misa mendeteksi catridge. Solusinya, catridge harus diganti dengan yang baru atau dapat menggunakan software resetter printer HP Deskjet.

Hasil cetak pada printer HP Deskjet rtidak normal. Salah satu penyebabnya adalah karena sering gonta-ganti merk tinta sehingga dapat merusak catridge. Untuk mencegah hal ini terjadi lagi, sebaiknya gunakan merk tinta yang sama meskipun harganya relatif murah. Tinta printer yang mahal belum tentu baik untuk jenis printer tertentu, apalagi penggunaannya dicampur dengan merk tinta lain. Jika suatu saat kesulitan mencari jenis tinta dengan merk yang sama, maka dapat diganti dengan merk lain dengan syarat semua tinta yang ada di catridge harus dikuras sampai bersih.

Hasil print HP Deskjet D2566 tidak sama atau tidak sesuai dengan data file misalnya spasi tidak teratur. Kerusakan fungsi seperti ini dapat disebabkan karena sensor putaran berupa plastik bening berbentuk lingkaran pada printer rusak atau sobek.

Lampu indikator berkedip terus pada printer HP Deskjet 3920. Kerusakan fungsi seperti ini biasanya akibat masa operasi catridge sudah habis sehingga catridge perlu diganti dengan yang baru atau di-reset dengan batuan software resetter HP Deskjet 3920.

Semoga informasi mengenai kerusakan printer HP Deskjet ini dapat menjadi referensi jika suatu saat printer sobat mengalami hal yang sama. Informasi ini diperoleh dari salah satu tempat reparasi printer di ITC Bandung.

Comments

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Kapasitor atau Condensator