Kepemimpinan dalam IT (bagian 4)

Lanjutan dari Kepemimpinan dalam IT (bagian 3)

Skenario Delegasi (Delegation)

Delegasi adalah penyerahan tanggungjawab atau otoritas kepada orang lain (biasanya dari seorang manager kepada bawahannya) untuk melaksanakan tugas (aktivitas) tertentu.

Contoh Kasus
Jim Thornton adalah seorang karyawan baru di toko komputer lokal. Ia baru saja dipromosikan menjadi supervisor setelah lulus tes dengan nilai A+. Dengan berbekal sedikit pengalaman manajemen ia bermaksud untuk membuat perubahan besar terhadap perusahaan agar ia terlihat serius bekerja dan memimpin oleh pemilik toko komputer tersebut. Ia mulai menyusun dan menentukan empat program yaitu mereorganisasi seluruh inventory, meningkatkan kerapihan dan kebersihan toko, menata tag-tag penjualan baru, dan menyusun ulang display marketing agar lebih baik.

Di toko komputer tersebut ia membawahi dua karyawan yakni Tom yang sudah lama bekerja di toko tersebut dan Gina, karyawan yang belum lama bekerja. Di hari pertama Jim menyusun daftar pekerjaan untuk kedua bawahannya dan memperlihatkannya kepada mereka. Jim memberikan tugas baru kepada Tom untuk membersikan seluruh ruangan di toko komputer tersebut dan menyimpan tag-tag penjualan, sedangkan tugas Gina adalah mereorganisasi inventory di ruang belakang.

Hari berikutnya Jim telah menyelesaikan pekerjaannya sedangkan Tom dan Gina masih sibuk mengerjakan tugas masing-masing. Jim kemudian pergi untuk makan siang sebelum waktunya. Setelah selesai, ia pun kembali ke ruang kerjanya dan tampak olehnya Tom sedang sibuk bekerja sedangkan Gina sudah menyelesaikan tugas pokoknya.

Dua jam kemudian Tom telah menyelesaikan tugas pokoknya dan iapun bermaksud istirahat karena merasa lelah untuk makan siang. Saat itu kebetulan ada pelanggan datang dan menayakan suatu hal kepasa Tom. Karena merasa lelah, Tom pun menyarankan kepada pelanggan agar menanyakan langsung kepada Jim karena ia lebih tahu hal tersebut. Jim yang mendengar percakapan tersebut langsung berkata "Tidak Tom, kamu juga dapat menanganinya". Alasan Jim adalah untuk memanfaatkan bawahannya meski di saat Tom akan istirahat. Dengan sedikit kecewa Tom pun melayani pelanggan tersebut.

Kesimpulan
Pada skenario di atas Jim melakukan kesalahan fatal yaitu: 
  1. Mengharapkan terlalu banyak untuk dirinya dalam waktu yang terlalu cepat
  2. Jim tidak melaksanakan prosedur sebelumnya yang sudah berlaku di toko tersebut
  3. Tidak menghargai senioritas dalam delegasi seperti yang dilakukan terhadap Tom

Mentoring

Mentoring adalah proses pemberian pelajaran, nasihat, dan saran dari orang yang dianggap lebih berpengalaman kepada orang lain yang belum atau kurang berpengalaman dalam hal tertentu untuk meningkatkan kemampuan dan mengembangkan produktivitas secara menyeluruh.

Agar mentoring dapat berhasil mencapai tujuan, maka hal-hal yang perlu diperhatikan ketika pelaksanaannya di antaranya adalah:
  1. Orang yang bertindak sebagai mentor harus lebih bersifat membimbing daripada menggurui
  2. Jadilah sebagai seorang teman dan jangan sampai terlihat seperti seorang bos
  3. Gunakan teknik-teknik mentoring yang baik meskipun sebenarnya teknik dan metode pelaksanaan mentoring sangat bervariasi, tergantung situasi dan kondisi perusahaan, mentor, dan orang yang dibimbingnya

Comments

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Kapasitor atau Condensator