Skip to main content

Ikan Hias di dalam Akuarium Unik

Sahabat 7InfoMedia tentu sudah tahu apa itu akuarium, ruang kecil yang biasanya terbuat dari bahan transparan seperti kaca, plastik, ataupun acrylic yang kemudian diisi air untuk tempat hidup ikan hias. Bentuk akuarium cukup beragam namum umumnya berbentuk persegi (balok atau kunus) karena lebih mudah membuatnya.

Memelihara ikan hias di dalam akuarium adalah hobi yang cukup digemari di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Hobi memelihara ikan hias tidak kalah populer dengan hobi memelihara burung kicau. Para pecinta ikan hias seolah berkompetisi untuk membuat beragam akuarium dengan pernak-pernik di dalamnya termasuk tentunya beragam keunikan ikan hias. Karena hobi inilah banyak penggemar akuarium dan pecinta ikan hias tidak tanggung-tanggung untuk membeli ikan dengan harga tinggi selama ikan hias tersebut mereka sukai.

Harga ikan hias di pasaran cukup beragam mulai dari ribuan rupiah sampai ratusan ribu rupiah bahkan jutaan rupiah per ekornya. Semakin langka ikan hias biasanya harga ikan pun semakin mahal. Di sisi lain, komposisi warna ikan dapat menentukan harga ikan hias tersebut. Semakin cantik warna ikan dan semakin unik warna ikan, akan semakin mahal. Mengingat harganya yang mahal, para pecinta ikan hias biasanya menempatkan ikan tidakdi sembarang akuarium tetapi di dalam akuarium yang mahal pula. Mahal di sini tentunya berbanding lurus dengan kualitas akuarium.

Kini ikan hias yang dipelihara di dalam akuarium tidak terbatas pada ikan air tawar tetapi banyak para penggemar yang lebih suka memelihara ikan laut (ikan hias yang hidup di air asin/air laut). Kelebihan ikan hias air laut adalah memiliki komposisi warna yang sangat beragam dengan ketajaman tinggi. Di samping itu kelincahan gerak ikan pun terlihat lebih merarik jika dibandingkan ikan yang biasa hidup di air tawar. Harga ikan hias air laut relatif lebih murah dibading ikan air tawar untuk warna dan ukuran ikan yang sama. Namun demikian, kekurangannya adalah harus selalu tersedia air laut sebagai cadangan ketika air asin di dalam akuarium sudah jenuh atau ketika dikuras. Disamping itu, pakan ikan hias air laut pun sedikit lebih sulit jika dibanding pakan ikan hias air tawar.

Jenis ikan hias yang biasa dilihat di dalam akuarium berbeda dengan ikan hias yang biasa dipelihara di dalam kolam hias di taman rumah meskipun ikan-ikan tersebut dapat tetap hidup di kedua tempat tersebut. Ikan Koki, Black Ghost, dan Arwana lebih cocok dan lebih cantik jika dipelihara di dalam akuarium daripada di kolam rumah, sebaliknya ikan Comet, Mas, dan Koi lebih cantik jika dipelihara di dalam kolam hias rumah.

Bagaimana jika ikan Koi ingin dipelihara di dalam akuarium? Boleh-boleh saja, tetapi tentu butuh akuarium dengan ukuran besar. Di posting ini saya ingin berbagi informasi mengenai ikan hias kolam seperti ikan Koi yang dipelihara di kolam rumah tetapi saat-saat ternetu dapat dilihat di dalam akuarium.

Untuk tujuan ini akuarium dipasang terbalik di atas kolam sehingga ikan yang masuk seolah terlihat lebih besar dari biasanya. Ikan hias di dalam akuarium unik ini bukan saja dapat dilihat dari atas kolam tetapi juga dapat dilihat dari pinggir kolam sehingga bagian sisi ikan pun dapat terlihat dengan jelas.

Biasanya ikan hias di dalam akuarium unik ini hanyalah ikan-ikan besar sedangkan ikan-ikan muda yang masih berukuran kecil hanya melintas di bagian samping akuarium unik tersebut. Lebih jelasnya sahabat 7InfoMedia dapat menyaksikan langsung bagaimana ikan hias di dalam akuarium unik melalui video di bawah:


Video ikan ikan hias dalam akuarium unik 1


Video ikan ikan hias dalam akuarium unik 2


Video ikan ikan hias dalam akuarium unik 3

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Struktur hubungan komponen pada rangkaian seri adalah berderet yakni ujung terminal suatu komponen elektronika dihubungkan dengan pangkal terminal komponen kedua, ujung terminal komponen kedua dihubungkan dengan pangkal terminal komponen ketiga dan seterusnya. Jika pangkal terminal komponen pertama dihubungkan dengan sumber tegangan positif dan ujung terminal komponen terakhir dihubungkan dengan sumber tegangan negatif, maka hubungan seperti ini di dalam elektronika dikenal dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit). Dalam kondisi ini arus listrik akan mengalir dari positif ke negatif melalui komponen-komponen elektronika yang dideretkan (hubungan seri). Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian seri adalah sama.

Gambar di bawah adalah contoh rangkaian seri sederhana yang terdiri dari dua buah resistor (R1 dan R2) dan sumber tegangan (V). Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian seri dapat menggunakan hukun Ohm yaitu V=IxR. V adalah sumber tegangan …

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Untuk memahami struktur rangkaian paralel dapat dilihat dari hubungan antar kaki (terminal) setiap komponen elektronika. Jika pangkal kaki suatu komponen dihubungkan dengan pangkal komponen lainnya dan ujung kaki komponen tersebut dihubungkan dengan ujung kaki komponen lainnya, maka hubungan seperti ini disebut paralel dimana setiap komponen dijajarkan. Apabila setiap ujung kaki tersebut dihubungkan ke sumber tegangan, dalam elektronika disebut dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit) sehingga arus dapat mengalir dari sumber tegangan melalui komponen-komponen tersebut.

Arus yang mengalir pada setiap komponen pada rangkaian paralel dapat berbeda tergantung besar kecilnya resistansi komponen tersebut. Dengan kata lain arus sumber akan dibagi ke setiap komponen dan akan menyatu kembali di ujung rangkaian. Pada rangkaian paralel, tegangan di setiap ujung kaki komponen adalah sama besar.

Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian paralel dapat menggunakan …

Contoh Kata Berawalan "Ber"

Pendidikan Bahasa Indonesia
Imbuhan dalam sebuah kata selalu digunakan ketika berkomunikasi melalui lisan atau tulisan. Dalam satu kalimat saja pembicara dapat menggunakan banyak imbuhan sesuai dengan tujuan dan fungsinya.

Imbuhan adalah kata tambahan yang dilekatkan pada kata dasar. Menurut Ejaaan Yang Disempurnakan (EYD) ada 4 jenis imbuhan yaitu awalan, sisipan, akhiran, dan awalan akhiran. Fokus pembahasan di posting ini adalah awalan "ber" dan conto-contohnya dalam kalimat.

Awalan ber- di dalam bahasa Indonesia berfungsi sebagai pembentuk kata kerja atau kata sifat. Kata kerja yang dibentuk tidak memiliki objek (intransitif), tapi dapat memiliki pelengkap atau keterangan. Karena kata kerja yang dihasilkan awalan ber- intransitif, kata kerja itu tidak dapat dipasifkan dengan awalan di-.

Awalan ber- akan berubah bentuk menjadi:
be- jika suku awal mengandung -er- atau kata dasarnya diawali huruf r, misal: bekerja; beternak; berumput; beracunbel- untuk kasus khusus, yaitu: b…