Saturday, June 21, 2014

Ikan Hias di dalam Akuarium Unik

Sahabat 7InfoMedia tentu sudah tahu apa itu akuarium, ruang kecil yang biasanya terbuat dari bahan transparan seperti kaca, plastik, ataupun acrylic yang kemudian diisi air untuk tempat hidup ikan hias. Bentuk akuarium cukup beragam namum umumnya berbentuk persegi (balok atau kunus) karena lebih mudah membuatnya.

Memelihara ikan hias di dalam akuarium adalah hobi yang cukup digemari di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Hobi memelihara ikan hias tidak kalah populer dengan hobi memelihara burung kicau. Para pecinta ikan hias seolah berkompetisi untuk membuat beragam akuarium dengan pernak-pernik di dalamnya termasuk tentunya beragam keunikan ikan hias. Karena hobi inilah banyak penggemar akuarium dan pecinta ikan hias tidak tanggung-tanggung untuk membeli ikan dengan harga tinggi selama ikan hias tersebut mereka sukai.

Harga ikan hias di pasaran cukup beragam mulai dari ribuan rupiah sampai ratusan ribu rupiah bahkan jutaan rupiah per ekornya. Semakin langka ikan hias biasanya harga ikan pun semakin mahal. Di sisi lain, komposisi warna ikan dapat menentukan harga ikan hias tersebut. Semakin cantik warna ikan dan semakin unik warna ikan, akan semakin mahal. Mengingat harganya yang mahal, para pecinta ikan hias biasanya menempatkan ikan tidakdi sembarang akuarium tetapi di dalam akuarium yang mahal pula. Mahal di sini tentunya berbanding lurus dengan kualitas akuarium.

Kini ikan hias yang dipelihara di dalam akuarium tidak terbatas pada ikan air tawar tetapi banyak para penggemar yang lebih suka memelihara ikan laut (ikan hias yang hidup di air asin/air laut). Kelebihan ikan hias air laut adalah memiliki komposisi warna yang sangat beragam dengan ketajaman tinggi. Di samping itu kelincahan gerak ikan pun terlihat lebih merarik jika dibandingkan ikan yang biasa hidup di air tawar. Harga ikan hias air laut relatif lebih murah dibading ikan air tawar untuk warna dan ukuran ikan yang sama. Namun demikian, kekurangannya adalah harus selalu tersedia air laut sebagai cadangan ketika air asin di dalam akuarium sudah jenuh atau ketika dikuras. Disamping itu, pakan ikan hias air laut pun sedikit lebih sulit jika dibanding pakan ikan hias air tawar.

Jenis ikan hias yang biasa dilihat di dalam akuarium berbeda dengan ikan hias yang biasa dipelihara di dalam kolam hias di taman rumah meskipun ikan-ikan tersebut dapat tetap hidup di kedua tempat tersebut. Ikan Koki, Black Ghost, dan Arwana lebih cocok dan lebih cantik jika dipelihara di dalam akuarium daripada di kolam rumah, sebaliknya ikan Comet, Mas, dan Koi lebih cantik jika dipelihara di dalam kolam hias rumah.

Bagaimana jika ikan Koi ingin dipelihara di dalam akuarium? Boleh-boleh saja, tetapi tentu butuh akuarium dengan ukuran besar. Di posting ini saya ingin berbagi informasi mengenai ikan hias kolam seperti ikan Koi yang dipelihara di kolam rumah tetapi saat-saat ternetu dapat dilihat di dalam akuarium.

Untuk tujuan ini akuarium dipasang terbalik di atas kolam sehingga ikan yang masuk seolah terlihat lebih besar dari biasanya. Ikan hias di dalam akuarium unik ini bukan saja dapat dilihat dari atas kolam tetapi juga dapat dilihat dari pinggir kolam sehingga bagian sisi ikan pun dapat terlihat dengan jelas.

Biasanya ikan hias di dalam akuarium unik ini hanyalah ikan-ikan besar sedangkan ikan-ikan muda yang masih berukuran kecil hanya melintas di bagian samping akuarium unik tersebut. Lebih jelasnya sahabat 7InfoMedia dapat menyaksikan langsung bagaimana ikan hias di dalam akuarium unik melalui video di bawah:


Video ikan ikan hias dalam akuarium unik 1


Video ikan ikan hias dalam akuarium unik 2


Video ikan ikan hias dalam akuarium unik 3

Ikan Hias di dalam Akuarium Unik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuda Isparela