Thursday, May 1, 2014

Cara Membuat Subdomain di Hosting Sendiri

Blog yang dibuat dengan platform Blogger akan mempunyai URL blog dengan tambahan .blogspot.com. Ini dikarenakan blog yang dibuat merupakan subdomain dari domain dari domain utamanya yaitu blogspot.com. Tambahan .blogspot.com dapat dihilangkan dengan cara membeli TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .org, dan .biz. TLD tersebut dapat dibeli melalui Blogger langsung atau dapat melalui penyedia hosting di Indonesia. Jika TLD dibeli melalui Blogger harganya USD10 pertahun dan harus dibayar menggunakan kartu kredit.

Walaupun tambahan .blogspot.com sudah hilang dan diganti dengan nama domain utama tetapi sampai artikel ini dipublikasikan, Blogger belum menyediakan fitur khusus untuk menambah subdomain. Saat ini subdomain hanya dapat dibuat melalui hosting sendiri (hosting berbayar) melalui cPanel.

Subdomain diperlukan ketika kita bermaksud membuat website/blog baru dengan konten yang masih berhubungan dengan domain utama. Contoh sederhana, saya mempunyai domain utama triyone.com yang berisi tentang cara membuat website dengan PHP. Suatu saat saya akan membuat website khusus yang berisi tentang tutorial PHP bagi pemula. Karena konten masih berhubungan, maka saya akan membuat subdomain dengan nama PHP, jadi URL subdomain nantinya akan menjadi php.triyone.com atau triyone.com/php.

Sebenarnya subdomain dibuat tidak mesti kontennya berhubungan dengan konten domain utama seperti misalnya subdomain member yang berisi forum atau blog yang isisnya tentang diskusi suatu topik yang berbeda dengan konten domain utama. Namun demikian akan terlihat elegan jika subdomain berisi koten yang masih berhubungan dengan domain utama.

Jika sobat mempunyai hosting sendiri, sobat dapat membuat subdomain sampai batas yang diizinkan penyedia hosting melalui cPanel. Lebih jelas mengenai cara membuat subdomain di hosting sendiri dapat dilihat pada video tutorial di bawah. Sumber video dari KelasVideo.


Selamat mencoba.
Semoga bermanfaat.

Cara Membuat Subdomain di Hosting Sendiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuda Isparela