Friday, March 28, 2014

Smartphone Andromax i2 dan Advan Vandroid S5D

Perkembangan teknologi pada telepon seluler pintar (smartphone) terus melesat cepat. Tahun 2011 dimana prosesor dual core tengah marak, harus bertahan satu tahun saja karena invasi prosesor quad core. Prosesor dengan empat inti ini menyuguhkan ketangguhan kinerja, karena semakin banyak inti artinya semakin banyak instruksi berbeda yang dapat dikerjakan dalam satu waktu.

Teknologi quad core diklaim dapat meningkatkan kinerja perangkat saat multitasking. Saat kemunculannya pertama kali di tahun 2012, masih jarang telepon seluler yang menggunakan prosesor quad core. Namun saat ini sudah banyak smartphone berteknologi quad core seperti Andromax i2 dari Smartfren dan Advan Vandroid S5D.

Smartphone Andromax i2

Smartphone Andromax i2 merupakan pengganti Andromax I yang stoknya sudah habis di pasaran. Regional Brand Activation Smartfren Jabar Ade Ihsan Manan menyebutkan bahwa Smartfren hanya memproduksi perangkatnya satu kali dalam satu edisi. "Jadi bisa dipastikan, ketika Andromax i2 keluaran November 2013, maka telepon seluler terdahulunya yakni Andromax I tidak diproduksi lagi. Tak heran, harga telepon seluler saat ini cukup stabil sehingga menguntungkan. Contohnya, pengelola bisnis telepon seluler second bisa tetap untung karena masih banyak orang yang masih mencari Smartphone Andromax I tetapi sudah tidak ada yang baru," katanya kepada Gawai PR, belum lama ini.

Smartphone Andromax i2 disebut oleh pabrikan asal China yakni Innos yang memiliki prosesor quad core dan bentang layar 4,1 inchi, berbeda dengan Smartphone Andromax I yang meiliki layar berukuran 4 inchi. Dimensinya 131,8 x 65,3 x 9,9 mm dengan berat 120 gram. Berdasarkan bentuknya yang batang dan minimalis, telepon seluler ini cukup nyaman digenggam karena back cover dan tampilan sisi-sisinya mengadopsi material plastic dof. Layar ini juga mengusung teknologi In Plane Switching, one glass solution capacitive dengan kedalaman 16 juta warna. Selain itu memiliki resolusi 480 x 854 pixels (FWVGA) dan memiliki lensa depan (sekunder) berkapasitas 1,3 MP serta lensa utama 5 MP.

Dukungan prosesor quad core menjadikan Andromax i2 tampil memuaskan dalam kinerjanya. Dibekali memory internal 4GB dan RAM 1 GB, menjadikan msih ada cukup ruang untuk Anda menikmati berbagai fitur dan aplikasi tanpa dukungan kartu memori. Andromax i2 disokong prosesor quad core 1,2 Ghz MSM8625Q Snapdragon dari Qualcomm.

Smartfren Andromax i2 ditenagai battery litium ion dengan kapasitas 2000 mAH, Kapasitas batery menjadi keunggulan tersendiri terutama jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. Dari kapasitas tersebut dapat dicapai waktu siaga 18 jam dengan aktifasi dual kartu secara bersamaan.

Dari kisanan harga, Smartphone Andromax i2 termasuk telepon seluler premium bagi Smartfren karena harganya di atas Rp 1 juta atau tepatnya Rp1.499.000. Harga Andromax i2 mengalami kenaikan karena melonjaknya permintaan dari saat diluncurkan dengan banderol Rp1.299.000.

Kompetitor Andromax i2 adalah Advan Vandroid S5D yang menggunakan prosesor quad core buatan MediaTek MT6589 +GPU Power VR SGX544MP yang memang dirancang untuk kelas atas sehingga menghasilkan kinerja yang baik untuk olah grafis seperti memainkan video games. Dari segi penampilan, Advan Vandroid S5D tampil dengan layar berukuran 5 inchi dengan resolusi 720p yang juga dilengkapi storage 4G internal dan slot micro SD sampai dengan 32 GB.

Advan Vandroid S5D memiliki kamera utama 8 MP dan kamera depan 5 MP dengan sistem operasi Android Jelly Bean 4.2.1. Dibekali dengan batery 1850 mAH, juga sama dengan Andromax i2 yang menawarkan network dual SIM. Saat ini Anvan Vandroid S5D dibandrol Rp 1,6 jutaan.

Advan Vandroid S5D

Berasal dari keluarga Vandroid S5 Series, maka konsepan bentukan Vandroid S5D tidak jauh berbeda dari produk-produk sebelumnya seperti Vandroid S5E. Bodinya tetap berkesan elegan dan mewah dengan balutan cover plastik warna putih.

Anvan Vandroid S5D memiliki bluetooth versi 4 yang mampu melakukan transfer data dengan cepat dengan konsumsi daa yang rendah. Adanya fitur wifi hotspot yang bisa digunakan untuk akses internet melalui wifi dan dapat berbagi koneksi internet dengan perangkat lain yang memiliki wifi seperti laptop dan smartphone, serta sensor yang dimiliki proximity dan light.

Advand Vandroid S5D dilengkapi music player yang bagus yang bisa mengeksekusi musik dan lagu dalam berbagai format file. Selain itu, Advan Vandroid S5D memiliki pengaturan sound effect yang dapat diset sesuai keinginan pengguna. Dilengkapi dengan fitur equalizer dan reverb yang bisa dipilih seperti rock, pop, dance, folk, hip, jazz untuk small room, medium room, large room, large hall, dan lainnya.

Sebenarnya kedua ini termasuk tangguh karena hadir dengan spesifikasi memukau quad core, jaringan dual SIM, hingga lanyar besar beresolusi HD. Dan karena ini adalah telepon seluler besutan lokal, maka harga yang ditawarkan tetap terjangkau dan ramah di dompet.

Sumber:
Eva Fahas/ PR
Pikiran Rakyat edisi Kamis 27 Maet 2014

Smartphone Andromax i2 dan Advan Vandroid S5D Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuda Isparela