Saturday, March 29, 2014

Google Adsense Via Bank dan Western Union

Beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan email dari tim Google Adsense (adsense-noreply@google.com) mengenai Updated Payments and Account Settings pages. Isinya mengenai update pembayaran untuk semua jenis akun baik bisnis maupun individual khususnya bagi publisher Indonesia dimana tipe pembayaran Google Adsense kini selain dapat melalui cek, juga dapat dilakukan melalui transfer bank dan Western Union (WU).


Informasi ini tentu merupakan kabar gembira bagi para Adsenser karena pembayaran (payout) dapat lebih fleksibel. Selain itu, payout dapat diatur berdasarkan jumlah pendapatan atau berdasarkan waktu misalnya setiap bulan atau setiap dua bulan sekali secara otomatis pada tanggal tertentu. Namun demikian jika payout yang dipilih dibatasi berdasarkan jumlah pendapatan, maka pengaturan minimal adalah $100.

Dulu, tipe pembayaran Google Adsense khususnya akun bisnis untuk member Indonesia hanya dapat dilakukan melalui cek dengan dua opsi. Pertama pengantaran cek normal dimana cek akan sampai sekitar satu bulan dan yang kedua lebih cepat (sekitar dua atau tiga hari sampai) namun dengan potongan biaya $24. Selain itu,  pembayaran melalui cek hanya dapat dicairkan melalui bank tertentu yang ditunjuk Google Adsense seperti City Bank kecuali mempunyai rekening giro, itupun dengan potongan biaya administrasi kurang lebih $35 jika di transfer ke bank lain (selain bank utama yang ditunjuk). Lamanya pencairan (sampai masuk rekening) kurang lebih 30-35 hari. 

Berbeda dengan Western Union (WU), pembayaran dapat sampai dalam beberapa hari, tanpa biaya administrasi, tanpa perlu mempunyai rekening bank, dan proses pencairan pun sangat cepat (hanya beberapa menit). Sama halnya dengan pembayaran yang dilakukan melalui transfer bank, hanya saja ada sedikit biaya administrasi sesuai dengan bank yang dipilih member (publisher) Google Adsense.

Jika sahabat Adsenser (khususnya dengan akun bisnis) ingin mengubah jenis pembayaran dari cek menjadi transfer bank atau melalui Western Union (WU), sahabat dapat mengubahnya di halaman Payment Settings. (Home -> Payment -> Payment Settings) kemudian tentukan jenis pembayaran yang akan dijadikan primary.


Google Adsense Via Bank dan Western Union Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuda Isparela