Skip to main content

Surat Lamaran Pekerjaan

Untuk dapat beroperasi sebuah perusahaan membutuhkan banyak elemen pendukung di antaranya tempat, manajemen, dan karyawan sesuai dengan bidang masing-masing. Tempat digunakan sebagai lokasi untuk melakukan aktifitas kerja seperti memproduksi barang atau melayani jasa. Manajemen berfungsi untuk mengatur dan mengelola perusahaan, dan karyawan berfungsi sebagai subjek yang bekerja sesuai dengan aturan manajemen perusahan dan sesuai dengan bidang perusahaan.

Ketika suatu perusahaan membutuhkan tenaga kerja baru di bidang tertentu, maka pihak perusahaan dalam hal ini biasanya Bagian Personalia atau HRD akan melakukan perekrutan dengan berbagai metode. Teknik untuk memberitahukan kepada publik bahwa perusahaan tersebut membutuhkan karyawan baru juga bervariasi. Pengumuman/pemberitahuan ini dapat dilakukan langsung melalui karyawan setempat sehingga calon karyawan baru adalah koneksi atau kenalan karyawan di dalam perusahaan itu sendiri. Ada juga perusahaan yang melakukan teknik pengumunan lowongan kerja melalui iklan di berbagai media cetak, bahkan tidak sedikit perusahaan yang melakukannya melalui televisi, radio, dan internet.

Bagi Si Pelamar dapat melakukan permohonan lamaran pekerjaan dengan membuat surat lamaran pekerjaan. Adapun bentuk dan format surat lamaran pekerjaan tersebut cukup bervariasi, tergantung dari perusahaan yang mengumumkan lowongan pekerjaan. Umumnya surat lamaran kerja dibuat dengan cara ditulis dan di print menggunakan jenis dan ukuran huruf standar, demikian juga dengan ukuran spasi.

Beberapa perusahaan ada yang membutuhklan surat lamaran dalam bentuk email sehingga Si Pelamar hanya butuh menulis surat lamaran pekerjaan melalui email yang dikirim melalui alamat email perusahaan yang telah ditentukan.

Terlepas dari cara pengiriman surat lamaran pekerjaan, apakah dikirim melalui POS atau dikirim melalui email, yang jelas pada umumnya dalam surat lamaran harus dicantumkan data-data penting yang dibutuhkan seperti:
  1. Nama Lengkap Si Pelamar
  2. Alamat Lengkap
  3. Tempat dan Tanggal Lahir atau Usia
  4. Status Pernikahaan
  5. Jenis Kelamin
  6. Pendidikan Terakhir
  7. Kewarganegaraan
  8. Agama
  9. Pengalaman Bekerja (jika ada)
Untuk lebih jelasnya, di bawah ini ada beberapa contoh surat lamaran pekerjaan yang dapat digunakan sebagai referensi.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan 1

Perihal     : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 10 (sepuluh) lembar dan Pasfoto
Tanggal   : 02 November 2013

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan Perusahaan PT. 7InfoMedia
di Tempat


Dengan hormat,

Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan yang saya baca di surat kabar Pikiran Rakyat Edisi Selasa 26 November 2013 tentang perusahaan PT. 7Info Media yang membutuhkan tenaga Drafter untuk ditempatkan di Kalimantan, maka yang bertandatangan di bawah ini:

Nama                         : Nama Lengkap Pelamar
Tempat Tanggal Lahir : Bogor, 03 Januari 1980
Alamat                       : Alamat Lengkap Pelamar
Status                         : Belum Menikah
Jenis Kelamin             : Laki-laki
Agama                       : Islam
Kewarganegaraan      : Indonesia
Pendidikan Terakhir   : S1 Teknik Industri Institut Teknologi Bandung
Pengalaman Kerja      : 2 Tahun sebagai Drafter AutoCad

dengan ini saya mengajukan permohonan untuk bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Untuk bahan petimbangan perusahaan saya menyiapkan beberapa dokumen penting yang saya lampirkan bersama surat ini. Dokumen-dokumen tersebut adalah:
  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotokopi Kartu Keluarga
  4. Fotokopi Ijazah S1 Teknik Industri ITB
  5. Fotokopi Transkrip Nilai
  6. Fotokopi Surat Keterangan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
  7. Fotokopi Surat Pengalaman Kerja
  8. Fotokopi Akta Kelahiran
  9. Surat Keterangan Sehat dari dokter
  10. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian setempat
  11. Pasfoto ukuran 2x3 dan 3x4

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan sebenarnya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,


Tandatangan Pelamar
Nama Pelamar

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan 2

Perihal     : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 10 (sepuluh) dokumen file


Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan Perusahaan PT. 7InfoMedia
Bapak/Ibu HRD Manager PT. 7InfoMedia
di Tempat


Dengan hormat,

Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan di situs www.7infomedia.blogspot.com mengenai perusahaan PT. 7InfoMedia yang membutuhkan lima orang programmer untuk pembuatan website dan sistem informasi, maka melalui surat ini saya mencoba untuk mengajukan lamaran kepada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Saya adalah seorang laki-laki suku Sunda kelahiran tahun 1985. Pendidikan terakhir saya adalah D3 LPKIA Jurusan Teknik Informatika. Saya adalah pekerja keras dengan motivasi kerja tinggi, disiplin, dan tanggungjawab terhadap pekerjaan. Selama bekerja di PT. A Jakarta selama 3 (tiga) tahun, saya tidak pernah bolos bekerja dengan alasan apapun dan selalu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Untuk keperluan ini Bapak/Ibu dapat menghubungi mantan atasan saya Bapak. Ade Kurnia, SE. selaku manager IT di perusahaan tersebut.

Saya mengajukan lamaran pekerjaan ini karena saya merasa mampu untuk menjadi programmer website sesuai dengan pengalaman saya selama kurang lebih 3 (tahun). Sebagai bahan pertimbangan saya sudah melampirkan beberapa dokumen penting. Apabila Bapak/Ibu pimpinan membutuhkan dokumen lain, saya siap untuk melengkapinya. Dokumen-dokumen tersebut adalah:
  1. Scan Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Scan Copy  Ijazah D3 LPKIA Teknik Informatika
  4. Scan Copy Transkrip Nilai
  5. Scan Copy Surat Keterangan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
  6. Scan Copy Surat Pengalaman Kerja di PT. A Jakarta
  7. Scan Copy Akta Kelahiran
  8. Scan Copy Surat Keterangan Sehat dari dokter
  9. Scan Copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian setempat
  10. Pasfoto ukuran 2x3 dan 3x4

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan sesungguhnya. Besar harapan saya sekiranya Bapak/Ibu Pimpinan berkenan menerima saya menjadi karyawan di PT. 7InfoMedia sebagai Programmer Website dan Sistem Informasi.

Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Bogor, 01 Desember 2013.
Hormat saya,


Tandatangan Pelamar
Nama Pelamar

Demikian dua contoh format surat lamaran pekerjaan untuk dikirim melalui POS atau melalui email. Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Struktur hubungan komponen pada rangkaian seri adalah berderet yakni ujung terminal suatu komponen elektronika dihubungkan dengan pangkal terminal komponen kedua, ujung terminal komponen kedua dihubungkan dengan pangkal terminal komponen ketiga dan seterusnya. Jika pangkal terminal komponen pertama dihubungkan dengan sumber tegangan positif dan ujung terminal komponen terakhir dihubungkan dengan sumber tegangan negatif, maka hubungan seperti ini di dalam elektronika dikenal dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit). Dalam kondisi ini arus listrik akan mengalir dari positif ke negatif melalui komponen-komponen elektronika yang dideretkan (hubungan seri). Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian seri adalah sama.

Gambar di bawah adalah contoh rangkaian seri sederhana yang terdiri dari dua buah resistor (R1 dan R2) dan sumber tegangan (V). Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian seri dapat menggunakan hukun Ohm yaitu V=IxR. V adalah sumber tegangan …

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Untuk memahami struktur rangkaian paralel dapat dilihat dari hubungan antar kaki (terminal) setiap komponen elektronika. Jika pangkal kaki suatu komponen dihubungkan dengan pangkal komponen lainnya dan ujung kaki komponen tersebut dihubungkan dengan ujung kaki komponen lainnya, maka hubungan seperti ini disebut paralel dimana setiap komponen dijajarkan. Apabila setiap ujung kaki tersebut dihubungkan ke sumber tegangan, dalam elektronika disebut dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit) sehingga arus dapat mengalir dari sumber tegangan melalui komponen-komponen tersebut.

Arus yang mengalir pada setiap komponen pada rangkaian paralel dapat berbeda tergantung besar kecilnya resistansi komponen tersebut. Dengan kata lain arus sumber akan dibagi ke setiap komponen dan akan menyatu kembali di ujung rangkaian. Pada rangkaian paralel, tegangan di setiap ujung kaki komponen adalah sama besar.

Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian paralel dapat menggunakan …

Contoh Kata Berawalan "Ber"

Pendidikan Bahasa Indonesia
Imbuhan dalam sebuah kata selalu digunakan ketika berkomunikasi melalui lisan atau tulisan. Dalam satu kalimat saja pembicara dapat menggunakan banyak imbuhan sesuai dengan tujuan dan fungsinya.

Imbuhan adalah kata tambahan yang dilekatkan pada kata dasar. Menurut Ejaaan Yang Disempurnakan (EYD) ada 4 jenis imbuhan yaitu awalan, sisipan, akhiran, dan awalan akhiran. Fokus pembahasan di posting ini adalah awalan "ber" dan conto-contohnya dalam kalimat.

Awalan ber- di dalam bahasa Indonesia berfungsi sebagai pembentuk kata kerja atau kata sifat. Kata kerja yang dibentuk tidak memiliki objek (intransitif), tapi dapat memiliki pelengkap atau keterangan. Karena kata kerja yang dihasilkan awalan ber- intransitif, kata kerja itu tidak dapat dipasifkan dengan awalan di-.

Awalan ber- akan berubah bentuk menjadi:
be- jika suku awal mengandung -er- atau kata dasarnya diawali huruf r, misal: bekerja; beternak; berumput; beracunbel- untuk kasus khusus, yaitu: b…