Skip to main content

Contoh Surat Kuasa

Surat kuasa adalah surat yang isinya tentang pemberian kuasa dari satu pihak kepada pihak lain. Surat kuasa dapat juga diartikan sebagai surat resmi untuk pelimpahan wewenang kepada orang/ pihak lain (yang diberi kuasa). Ketika surat kuasa selesai dibuat dan ditandatangani oleh kedua pihak, maka pihak yang diberi kuasa berhak penuh mengambil keputusan mewakili pihak pemberi kuasa.

Umumnya surat kuasa dibuat ketika pihak yang memberi kuasa tidak sempat hadir untuk memberi keputusan atau tidak mampu sehingga segala wewenangnya dilimpahkan kepada pihak lain yang berada pada posisi penerima kuasa. Surat kuasa harus dibuat pada kertas segel atau kertas biasa yang dilampiri materai sebagai bukti legalitas. Adapaun data-data yang harus ada pada surat kuasa di antaranya adalah:
  1. Nama lengkap pemberi kuasa
  2. Tempat tanggal lahir atau usia pemberi kuasa
  3. Alamat lengkap dan/ No. Identitas (KTP) pemberi kuasa
  4. Jenis kelamin pemberi kuasa
  5. Pekerjaan pemberi kuasa
  6. Nama lengkap penerima kuasa
  7. Tempat tanggal lahir atau usia penerima kuasa
  8. Alamat lengkap dan/ No. Identitas (KTP) penerima kuasa
  9. Jenis kelamin penerima kuasa
  10. Pekerjaan penerima kuasa
  11. Hal yang dikuasakan
  12. Tandatangan pemberi kuasa dan penerima kuasa

Banyak hal atau masalah yang dapat dikuasakan melalui surat kuasa di antaranya:
  1. Surat kuasa ahli waris
  2. Surat kuasa jual-beli
  3. Surat kuasa peminjaman
  4. Surat kuasa penggunaan sertiifikat tanah dan bangunan
  5. Surat kuasa penggunaan BPKB kendaraan
  6. Surat kuasa pengambilan keputusan politik
  7. Surat kuasa pencairan uang
  8. Surat kuasa pengambilan gaji
Jika sahabat membutuhkan contoh surat kuasa untuk keperluan tertentu, dapat dengan mudah menemukannya di search engine. Namun demikian pada posting ini saya ingin berbagai contoh surat kuasa yang mudah-mudahan dapat digunakan sebagai referensi. Adapun masalah subtantifnya disesuaikan dengan kebutuhan yang dihadapi.

Contoh Surat Kuasa Pencaiaran Uang di Bank

SURAT KUASA


Yang bertandatangan di bawah ini:
Nama Lengkap
: Nama lengkap pemberi kuasa
Jenis Kelamin
: Laki-laki
Tempat, Tgl Lahir
: Bandung, 07 Januari 1970
Alamat Lengkap
: Alamat lengkap pemberi kuasa
No. KTP
: Nomor KTP Pemberi kuasa
Pekerjaan
: Pekerjaan pemberi kuasa
untuk selanjutnya disebut sebagai pihak kesatu.


Nama Lengkap
: Nama lengkap penerima kuasa
Jenis Kelamin
: Laki-laki
Tempat, Tgl Lahir
: Bogor, 27 Januari 1973
Alamat Lengkap
: Alamat lengkap penerima kuasa
No. KTP
: Nomor KTP penerima kuasa
Pekerjaan
: Pekerjaan penerima kuasa
untuk selanjutnya disebut sebagai pihak kedua.

Melalui surat ini pihak kesatu memberi kuasa penuh kepada pihak kedua untuk pencairan uang di Bank Mandiri sebesar Rp20.000.000,- (Dua puluh juta rupiah).

Demikianlah Surat Kuasa ini dibuat dengan sesungguhnya untuk dipergunakan sebagaimana semestinya.




Bogor, 27 November 2013
Pihak Kedua

(Ttd. Pihak Kedua)


Pihak Kesatu

(Ttd. Pihak Kesatu)

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Struktur hubungan komponen pada rangkaian seri adalah berderet yakni ujung terminal suatu komponen elektronika dihubungkan dengan pangkal terminal komponen kedua, ujung terminal komponen kedua dihubungkan dengan pangkal terminal komponen ketiga dan seterusnya. Jika pangkal terminal komponen pertama dihubungkan dengan sumber tegangan positif dan ujung terminal komponen terakhir dihubungkan dengan sumber tegangan negatif, maka hubungan seperti ini di dalam elektronika dikenal dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit). Dalam kondisi ini arus listrik akan mengalir dari positif ke negatif melalui komponen-komponen elektronika yang dideretkan (hubungan seri). Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian seri adalah sama.

Gambar di bawah adalah contoh rangkaian seri sederhana yang terdiri dari dua buah resistor (R1 dan R2) dan sumber tegangan (V). Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian seri dapat menggunakan hukun Ohm yaitu V=IxR. V adalah sumber tegangan …

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Untuk memahami struktur rangkaian paralel dapat dilihat dari hubungan antar kaki (terminal) setiap komponen elektronika. Jika pangkal kaki suatu komponen dihubungkan dengan pangkal komponen lainnya dan ujung kaki komponen tersebut dihubungkan dengan ujung kaki komponen lainnya, maka hubungan seperti ini disebut paralel dimana setiap komponen dijajarkan. Apabila setiap ujung kaki tersebut dihubungkan ke sumber tegangan, dalam elektronika disebut dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit) sehingga arus dapat mengalir dari sumber tegangan melalui komponen-komponen tersebut.

Arus yang mengalir pada setiap komponen pada rangkaian paralel dapat berbeda tergantung besar kecilnya resistansi komponen tersebut. Dengan kata lain arus sumber akan dibagi ke setiap komponen dan akan menyatu kembali di ujung rangkaian. Pada rangkaian paralel, tegangan di setiap ujung kaki komponen adalah sama besar.

Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian paralel dapat menggunakan …

Contoh Kata Berawalan "Ber"

Pendidikan Bahasa Indonesia
Imbuhan dalam sebuah kata selalu digunakan ketika berkomunikasi melalui lisan atau tulisan. Dalam satu kalimat saja pembicara dapat menggunakan banyak imbuhan sesuai dengan tujuan dan fungsinya.

Imbuhan adalah kata tambahan yang dilekatkan pada kata dasar. Menurut Ejaaan Yang Disempurnakan (EYD) ada 4 jenis imbuhan yaitu awalan, sisipan, akhiran, dan awalan akhiran. Fokus pembahasan di posting ini adalah awalan "ber" dan conto-contohnya dalam kalimat.

Awalan ber- di dalam bahasa Indonesia berfungsi sebagai pembentuk kata kerja atau kata sifat. Kata kerja yang dibentuk tidak memiliki objek (intransitif), tapi dapat memiliki pelengkap atau keterangan. Karena kata kerja yang dihasilkan awalan ber- intransitif, kata kerja itu tidak dapat dipasifkan dengan awalan di-.

Awalan ber- akan berubah bentuk menjadi:
be- jika suku awal mengandung -er- atau kata dasarnya diawali huruf r, misal: bekerja; beternak; berumput; beracunbel- untuk kasus khusus, yaitu: b…