Skip to main content

Contoh Faktur Penjualan

Suatu bisnis, apapun bentuknya pasti akan terjadi proses transaksi antara konsumen, pemilik usaha, dan supplier. Jika perusahaan bergerak dalam bidang jasa misalnya jasa instalasi listrik atau service komputer, maka akan terjadi transaksi pemasangan kabel listrik atau perbaikan laptop dan komputer. Demikian juga jika perusahaan bergerak dalam bidang jual-beli misalnya grosir alat tulis kator, maka akan terjadi transaksi pejualan buku, pensil, atau alat tulis lainnya.

Apapun usahanya, pasti akan terjadi transaksi meskipun usaha tersebut bukan perusahaan besar yang mempunyai target pasar luas dengan kuantitas produk yang besar. Sebagai bukti transaksi biasanya dibuat suatu catatan kecil yang diinamakan faktur atau nota. Selain sebagai bukti fisik bahwa sudah terjadi transaksi, faktur ini dapat berguna sebagai arsip baik untuk konsumen maupun untuk perusahaan. Jika perusahaan bergerak dibidang penjualan produk maka bukti transaski ini bisa dalam bentuk nota penjualan, kuitansi penjualan, atau faktur penjualan.

Meskipun faktur penjualan dapat bermanfaat sebagai bukti transaski, tetapi tidak semua perusahaan membuat faktur khusus untuk keperluan ini. Alasannya karena perusahaan tersebut masih kecil dan belum membutuhkan faktur penjualan. Kalaupun konsumen membutuhkan, maka faktur tersebut dibuat sederhana dengan format standaryang diberi stempel.

Kasusnya tentunya berbeda dengan perusahaan besar atau yang sedang berkembang. Faktur penjualan sangat dibutuhkan sebagai bukti fiisik dan arsip keuangan yang nantinya dapat digunakan sebagai bukti jika suatu saat konsumen melakukan komplain. Berapapun jumlah transaski, perusahaan profesional akan selalu memberikan faktur penjualan meskipun konsumen tidak memintanya.

Jika sahabat membutuhkan, di bawah ini adalah salah satu contoh faktur penjualan. Ada beberapa hal yang perlu ada di dalam faktur penjualan yang ditulis dalam kolom-kolom tertentu yakni:
  1. Nama Perusahaan
  2. Logo Perusahaan
  3. Tanggal Transaksi
  4. Nomor Faktur
  5. Kode Barang
  6. Kuantiti/ Jumlah
  7. Harga Satuan
  8. Jumlah Total
  9. Nama Customer
  10. No. Telepon Customer
  11. Alamat Customer

Contoh Faktur Penjualan
Contoh Faktur Penjualan

Format layout pada contoh faktur penjualan di atas tidak mutlak, sahabat dapat mengubahnya sesuai dengan kebutuhan, demikian juga dengan data-datanya.

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Struktur hubungan komponen pada rangkaian seri adalah berderet yakni ujung terminal suatu komponen elektronika dihubungkan dengan pangkal terminal komponen kedua, ujung terminal komponen kedua dihubungkan dengan pangkal terminal komponen ketiga dan seterusnya. Jika pangkal terminal komponen pertama dihubungkan dengan sumber tegangan positif dan ujung terminal komponen terakhir dihubungkan dengan sumber tegangan negatif, maka hubungan seperti ini di dalam elektronika dikenal dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit). Dalam kondisi ini arus listrik akan mengalir dari positif ke negatif melalui komponen-komponen elektronika yang dideretkan (hubungan seri). Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian seri adalah sama.

Gambar di bawah adalah contoh rangkaian seri sederhana yang terdiri dari dua buah resistor (R1 dan R2) dan sumber tegangan (V). Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian seri dapat menggunakan hukun Ohm yaitu V=IxR. V adalah sumber tegangan …

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Untuk memahami struktur rangkaian paralel dapat dilihat dari hubungan antar kaki (terminal) setiap komponen elektronika. Jika pangkal kaki suatu komponen dihubungkan dengan pangkal komponen lainnya dan ujung kaki komponen tersebut dihubungkan dengan ujung kaki komponen lainnya, maka hubungan seperti ini disebut paralel dimana setiap komponen dijajarkan. Apabila setiap ujung kaki tersebut dihubungkan ke sumber tegangan, dalam elektronika disebut dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit) sehingga arus dapat mengalir dari sumber tegangan melalui komponen-komponen tersebut.

Arus yang mengalir pada setiap komponen pada rangkaian paralel dapat berbeda tergantung besar kecilnya resistansi komponen tersebut. Dengan kata lain arus sumber akan dibagi ke setiap komponen dan akan menyatu kembali di ujung rangkaian. Pada rangkaian paralel, tegangan di setiap ujung kaki komponen adalah sama besar.

Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian paralel dapat menggunakan …

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam (Bagian I)

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam Allah menurunkan Al-Quran kepada umat manusia melalui nabi Muhammad SAW sebagai kitab suci terakhir untuk dijadikan pedoman hidup. Al-Quran yang tidak ada keraguan sedikit pun di dalamnya mengandung petunjuk-petunjuk yang dapat menyinari seluruh isi alam ini.

Sebagai kitab suci sepanjang zaman, Al-Quran memuat informasi dasar berbagai masalah termasuk informasi mengenai hukum, etika, science, antariksa, kedokteran dan sebagainya. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa kandungan Al-Quran bersifat luas dan luwes.

Mayoritas kandungan Al-Quran merupakan dasar-dasar hukum dan pengetahuan, manusialah yang berperan sekaligus bertugas menganalisa, merinci, dan membuat garis besar kebenaran Al-Quran agar dapat dijadikan sumber penyelesaian masalah kehidupan manusia.

Pada zaman Rasulullah, sumber hukum Islam ada dua yaitu Al-Quran dan As-Sunnah. Rasulullah selalu menunggu wahyu untuk menjelaskan sebuah kasus tertentu, namum apabila wahyu tidak turun, maka…