Sunday, June 16, 2013

E-Commerce: Implementasi E-Commerce

IMPLEMENTASI E-COMMERCE DALAM ONLINE SHOPPING

Pengertian Online Shopping
Online Shopping (belanja daring/ belanja online) adalah kegiatan pembelian barang atau jasa melalui media Internet. Melalui internet seorang pembeli bisa melihat terlebih dahulu barang dan jasa yang hendak ia beli melalui web yang dipromosikan oleh penjual.

Kegiatan Online Shopping ini merupakan bentuk komunikasi baru yang tidak memerlukan komunikasi tatap muka langsung, melainkan dilakukan terpisah dari dan ke seluruh dunia melalui media notebook, komputer, ataupun handphone yang terhubung dengan jaringan internet.

Online Shopping adalah salah satu bentuk perdagangan elektronik (E-Commerce) yang digunakan untuk kegiatan transaksi penjual ke penjual ataupun penjual ke konsumen.

1. Perkembangan Online Shopping di Indonesia
Online Shopping di Indonesia semakin hari semakin menunjukkan perkembangan yang signifikan tidak hanya dimonopoli oleh belanja barang, namun juga layanan jasa seperti perbankan yang memperkenalkan teknik e-banking. Melalui teknik e-banking pelanggan dapat melakukan kegiatan seperti transfer uang, membayar tagihan listrik, air, telepon, Internet, pembelian pulsa, pembayaran uang kuliah dan lain sebagainya.

2. Media Belanja Online
  • Blog
  • Situs web
  • Situs Jejaring Sosial
Electronic shopping mall menggunakan web sites untuk menjajakan produk dan servis. Para penjual produk dan servis membuat sebuah storefront yang menyediakan katalog produk dan servis yang diberikannya. Calon pembeli dapat melihat-lihat produk dan servis yang tersedia seperti halnya dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan window shopping. Bedanya, (calon) pembeli dapat melakukan shopping ini kapan saja dan darimana saja dia berada tanpa dibatasi oleh jam buka toko. Contoh penggunaan web site untuk menjajakan produk dan servis antara lain:
  1. Amazon http://www.amazon.com
    Amazon merupakan toko buku virtual yang menjual buku melalui web sitenya. Kesuksesan Amazon yang luar biasa menyebabkan toko buku lain harus melakukan hal yang sama.
  2. eBay http://www.ebay.com, merupakan tempat lelang on-line.
  3. NetMarket http://www.netmarket.com,
3. Cara Belanja Online
Online Shopping dapat dilakukan dengan cara mengakses web yang dituju kemudian pembeli dapat mengklik barang yang diinginkan. Selanjutnya pembeli akan dibawa kepada halaman tata cara pembayaran yang disepakati dan kemudian setelah nominal uang ditransfer, maka penjual akan mengirim barang melalui jasa pengiriman.

Dewasa ini, tata cara belanja online dapat dilakukan semakin mudah. Ketika pembeli tertarik dengan barang yang dituju, ia cukup melakukan panggilan telepon dengan sang penjual ataupun mengetikkan sms sesuai aturan. Setelah pesan diterima, pembeli biasanya diharuskan mentransfer sejumlah uang ke rekening penjual dan barang yang dibeli pun akan dikirim baik melalui kurir (jika wilayah pengiriman masih cukup dekat) ataupun melalui jasa pos. Pembayaran dapat dilakukan baik menggunakan kartu debit, kartu kredit, PayPal, atau melalui cek.

4. Alat Transaksi Online
  • Internet Banking
    Kegiatan perbankan yang dilakukan secara online tanpa harus pergi ke Bank yang bersangkutan. Dengan Internet Banking perusahaan akan lebih cepat melakukan transaki dan lebih mudah melakukan pemeriksaan dana kapanpun dan dari manapun selama ada jaringan internet.
  • Paypal
    Merupakan salah satu alat pembayaran di internet yang paling cepat dan paling aman. Meskipun belum mendukung mata uang Rupiah tetapi dana yang terkumpul di Paypal dapat dicairkan ke dalam seluruh mata uang di dunia melalui Bank Lokal masing-masing negara.

    Perusahaan yang menggunakan Paypal akan lebih mudah dan lebih cepat melakukan transaksi termasuk pembayaran dari produk yang terjual atau membeli bahan baku untuk sebuah produk.
  • Kartu Kredit
    Kartu yang diterbitkan oleh bank atau perusahaan pengelola kartu kredit yang memberikan hak kepada orang yang memenuhi persyaratan tertentu yang namanya tertera dalam kartu untuk menggunakannya sebagai alat pembayaran secara kredit atas perolehan barang atau jasa, atau untuk menarik uang tunai dalam batas kredit sebagaimana telah ditentukan oleh bank atau perusahaan pengelola kartu kredit.
  • Western Union
    Western Union adalah jasa pengiriman uang antar kota di dalam suatu negara atau antar negara di dunia secara cepat (real time online ). Jutaan orang di dunia menggunakan jasa Western Union untuk mengirimkan atau menerima uang karena sudah terbukti aman, mudah dan terpercaya.

    Keunggulan Western Union 
  • Pengiriman uang sangat cepat, dalam hitungan detik uang yang dikirim sudah bisa di ambil oleh penerima uang yang di maksud.
  • Tersebar di lebih 200 negara di dunia dengan lebih dari 334.000 agen.
  • Tidak perlu memiliki rekening bank ataupun berdomisili di suatu tempat.
  • Aman karena memiliki sistem yang aman.
  • Biaya pengiriman uang yang relatif murah.
  • Umumnya yang di kenakan biaya adalah hanya si pengirim uang sedangkan si penerima uang hanya di kenakan biaya untuk mengganti materai.
  • Tidak ada nilai minimum terhadap uang yang di kirimkan.
  • Uang yang dikirim dapat langsung dikonversi ke dalam mata uang tertentu
5. Keuntungan Belanja Online
  1. Pembeli tidak perlu mengunjungi tempat penjualan baik itu toko, butik, mall, dan lain sebagainya. Pembeli cukup klik ke web yang dituju dan memilih barang yang dikehendaki
  2. Pemilihan barang bisa dilakukan dari rumah atau kantor sehingga pembelian bisa dilakukan berjam-jam tanpa harus keluar rumah
  3. Penjual dapat menekan ongkos pembukaan toko karena melalui belanja online, penjual cukup memasarkan produknya melalui Internet
6. Kelemahan Belanja Online
  1. Kualitas barang yang diinginkan terkadang berbeda dengan yang tercantum di website.
  2. Rentan aksi penipuan dimana banyak kasus ketika pembeli telah mengirim sejumlah uang yang disepakati, barang yang dibeli tidak dikirim
  3. Marak aksi spamming karena setelah pembeli melakukan registrasi, penjual cenderung selalu mengirimkan katalog online melalui email pembeli dan hal ini cukup mengganggu privacy
Bersambung ...

E-Commerce: Implementasi E-Commerce Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuda Isparela