Skip to main content

Cara Mengetahui IP Address Saat Chatting di Yahoo Messenger

Yaho Messenger (YM) bukanlah sebuah chat yang menggunakan koneksi P2P yang notabene singkatnya adalah koneksi yang terjadi secara direct antar 2 komputer. YM menggunakan server sebagai medianya. Jadi ketika kita ketikkan netstat, akan terlihat IP dari server YM, bukan IP dari chatter yang kita ajak bicara.

Untuk mengetahui IP lawan ketika chatting dapat dilakukan dengan dengan mengirim file kepada lawan chatting kita. Langkahnya sebagai berikut:
  1. Login ke Yahoo Massenger.
  2. Ajak chat siapa saja yang ingin anda ketahui IP addressnya.
  3. Buka cmd (Command Prompt/ mode DOS pada Windows), tulis netstat kemudian tekan enter. Akan ada banyak proses yang terlihat.
  4. Kirim file apa saja kepada lawan chatting.
  5. Saat proses terjadi, pada jendela cmd ketik netstat sekali lagi kemudian enter. Maka akan terlihat sebuah IP contohnya seperti ini : 10.245.101.204:5101 SYN_SENT. Warna merah adalah IP Adress lawan chatting sedangkan warna biru adalah port yang digunakan Yahoo Massenger. 
  6. Cara lain bisa dengan menggunakan command netstat -a atau netstat -n, maka akan keluar IP Address dan port dalam numerik Yahoo Massenger menggunakan port 5101 untuk mengirimkan file. Ketika proses pengiriman file, maka akan terjadi proses P2P yang umumnya menggunakan IP 20 dan 21 dan dengan fitur netstat akan terlihat IP address lawan chat yang menerima file tersebut. Remote Port 5100 untuk Webcam dan untuk Voice Chat menggunakan Port 5000 dan 5001 

Sumber: 
Duniaku (2010). Cara Mengetahui IP Address Lawan Chatting di Yahoo Messenger. http://nananneng.wordpress.com/teknologi/komputer/ cara-mengetahui-ip-address-lawan-chatting-di-yahoo-messenger/. Diakses 01 April 2013

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Struktur hubungan komponen pada rangkaian seri adalah berderet yakni ujung terminal suatu komponen elektronika dihubungkan dengan pangkal terminal komponen kedua, ujung terminal komponen kedua dihubungkan dengan pangkal terminal komponen ketiga dan seterusnya. Jika pangkal terminal komponen pertama dihubungkan dengan sumber tegangan positif dan ujung terminal komponen terakhir dihubungkan dengan sumber tegangan negatif, maka hubungan seperti ini di dalam elektronika dikenal dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit). Dalam kondisi ini arus listrik akan mengalir dari positif ke negatif melalui komponen-komponen elektronika yang dideretkan (hubungan seri). Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian seri adalah sama.

Gambar di bawah adalah contoh rangkaian seri sederhana yang terdiri dari dua buah resistor (R1 dan R2) dan sumber tegangan (V). Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian seri dapat menggunakan hukun Ohm yaitu V=IxR. V adalah sumber tegangan …

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Untuk memahami struktur rangkaian paralel dapat dilihat dari hubungan antar kaki (terminal) setiap komponen elektronika. Jika pangkal kaki suatu komponen dihubungkan dengan pangkal komponen lainnya dan ujung kaki komponen tersebut dihubungkan dengan ujung kaki komponen lainnya, maka hubungan seperti ini disebut paralel dimana setiap komponen dijajarkan. Apabila setiap ujung kaki tersebut dihubungkan ke sumber tegangan, dalam elektronika disebut dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit) sehingga arus dapat mengalir dari sumber tegangan melalui komponen-komponen tersebut.

Arus yang mengalir pada setiap komponen pada rangkaian paralel dapat berbeda tergantung besar kecilnya resistansi komponen tersebut. Dengan kata lain arus sumber akan dibagi ke setiap komponen dan akan menyatu kembali di ujung rangkaian. Pada rangkaian paralel, tegangan di setiap ujung kaki komponen adalah sama besar.

Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian paralel dapat menggunakan …

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam (Bagian I)

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam Allah menurunkan Al-Quran kepada umat manusia melalui nabi Muhammad SAW sebagai kitab suci terakhir untuk dijadikan pedoman hidup. Al-Quran yang tidak ada keraguan sedikit pun di dalamnya mengandung petunjuk-petunjuk yang dapat menyinari seluruh isi alam ini.

Sebagai kitab suci sepanjang zaman, Al-Quran memuat informasi dasar berbagai masalah termasuk informasi mengenai hukum, etika, science, antariksa, kedokteran dan sebagainya. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa kandungan Al-Quran bersifat luas dan luwes.

Mayoritas kandungan Al-Quran merupakan dasar-dasar hukum dan pengetahuan, manusialah yang berperan sekaligus bertugas menganalisa, merinci, dan membuat garis besar kebenaran Al-Quran agar dapat dijadikan sumber penyelesaian masalah kehidupan manusia.

Pada zaman Rasulullah, sumber hukum Islam ada dua yaitu Al-Quran dan As-Sunnah. Rasulullah selalu menunggu wahyu untuk menjelaskan sebuah kasus tertentu, namum apabila wahyu tidak turun, maka…