Monday, May 27, 2013

Cara Mengetahui IP Address Saat Chatting di Yahoo Messenger

Yaho Messenger (YM) bukanlah sebuah chat yang menggunakan koneksi P2P yang notabene singkatnya adalah koneksi yang terjadi secara direct antar 2 komputer. YM menggunakan server sebagai medianya. Jadi ketika kita ketikkan netstat, akan terlihat IP dari server YM, bukan IP dari chatter yang kita ajak bicara.

Untuk mengetahui IP lawan ketika chatting dapat dilakukan dengan dengan mengirim file kepada lawan chatting kita. Langkahnya sebagai berikut:

  1. Login ke Yahoo Massenger.
  2. Ajak chat siapa saja yang ingin anda ketahui IP addressnya.
  3. Buka cmd (Command Prompt/ mode DOS pada Windows), tulis netstat kemudian tekan enter. Akan ada banyak proses yang terlihat.
  4. Kirim file apa saja kepada lawan chatting.
  5. Saat proses terjadi, pada jendela cmd ketik netstat sekali lagi kemudian enter. Maka akan terlihat sebuah IP contohnya seperti ini : 10.245.101.204:5101 SYN_SENT. Warna merah adalah IP Adress lawan chatting sedangkan warna biru adalah port yang digunakan Yahoo Massenger. 
  6. Cara lain bisa dengan menggunakan command netstat -a atau netstat -n, maka akan keluar IP Address dan port dalam numerik Yahoo Massenger menggunakan port 5101 untuk mengirimkan file. Ketika proses pengiriman file, maka akan terjadi proses P2P yang umumnya menggunakan IP 20 dan 21 dan dengan fitur netstat akan terlihat IP address lawan chat yang menerima file tersebut. Remote Port 5100 untuk Webcam dan untuk Voice Chat menggunakan Port 5000 dan 5001 

Sumber: 
Duniaku (2010). Cara Mengetahui IP Address Lawan Chatting di Yahoo Messenger. http://nananneng.wordpress.com/teknologi/komputer/ cara-mengetahui-ip-address-lawan-chatting-di-yahoo-messenger/. Diakses 01 April 2013

Cara Mengetahui IP Address Saat Chatting di Yahoo Messenger Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuda Isparela