Tuesday, May 14, 2013

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam (Bagian II)

Sambungan dari Makalah Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam (Bagian II)

Fungsi dan Tujuan Pokok Al-Quran

1. Fungsi Al-Quran

A. Petunjuk Bagi Manusia.
Allah menurunkan Al-Quran sebagai petujuk bagi umat manusia, seperti yang dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 185 dan surat Al-Fusilat ayat 44.

B. Sumber Pokok Ajaran Islam.
Fungsi Al-Quran sebagai sumber ajaran Islam sudah diyakini dan diakui kebenarannya oleh segenap hukum Islam. Adapun ajarannya meliputi persoalan kemanusiaan secara umum seperti hukum, ibadah, ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, ilmu pengethuan dan seni.

C. Peringatan Dan Pelajaran Bagi Manusia.
Dalam Al-Quran banyak diterangkan tentang kisah para nabi dan umat terdahulu, baik umat yang taat melaksanakan perintah Allah maupun yang mereka yang menentang dan mengingkari ajaranNya. Bagi kita, umat yang akan datang kemudian, tentu harus pandai mengambil hikmah dan pelajaran dari kisah-kisah yang diterangkan dalam Al-Quran.

D. Sebagai Mukjizat Nabi Muhammad SAW.
Turunnya Al-Quran merupakan salah satu mukjizat yang dimilki oleh nabi Muhammad SAW.

2. Tujuan Pokok Al-Quran

  1. Petunjuk akidah dan kepercayaan yang harus dianut manusia yang tersimpul dalam keimanan akan keesaan Tuhan dan kepercayaan akan kepastian adanya hari pembalasan.
  2. Petunjuk mengenai akhlak yang murni dengan jalan menerangkan norma-norma keagamaan dan susila yang harus diikuti oleh manusia dalam kehidupannya secara individual atau kolektif.
  3. Petunjuk mengenal syariat dan hukum dengan jalan menerangkan dasar-dasar hukum yang harus diikuti oleh manusia dalam hubungannya dengan Tuhan dan sesamanya. Atau dengan kata lain yang lebih singkat, “Al-Quran adalah petunjuk bagi selunih manusia ke jalan yang harus ditempuh demi kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.”

3. Pokok Ajaran Dalam Isi Kandungan Al-Quran

A. Akidah
Akidah adalah keyakinan atau kepercayaan. Akidah Islam adalah keyakinan atau kepercayaan yang diyakini kebenarannya dengan sepenuh hati oleh setiap muslim. Dalam Islam akidah bukan hanya sebagai konsep dasar yang ideal untuk diyakini dalam hati seorang muslim akan tetapi, akidah yang diyakini dalam hati seorang muslim harus diwujudkan dalam amal perbuatan dan tingkah laku sebagai seorang yang beriman.

B. Ibadah dan Muamalah
Kandungan penting dalam Al-Quran adalah ibadah dan uamallah. Menurut Al-Quran tujuan diciptakannya jin dan manusia adalah agar mereka beribadah kepada Allah. Seperti yang dijelaskan dalam surat Az-Zariyat 56.

Manusia selain sebagai makhluk pribadi juga sebagai makhluk sosial yang memerlukan berbagai kegiatan dan hubungan alat komunikasi. Komonikasi dengan Allah atau hablum minallah seperti shalat, zakat dan lainnya. Hubungan manusia dengan manusia atau hablum minanas seperti silahturahmi, jual beli, transaksi dagang, dan kegiatan kemasyarakatan. Kegiatan seperti itu disebut kegiatan Muamallah.

C. Hukum
Secara garis besar Al-Quran mengatur beberapa ketentuan tentang hukum seperti hukum perkawinan, hukum waris, hukum perjanjian, hukum pidana, hukum musyawarah, hukum perang, dan hukum antar bangsa.

D. Akhlak
Dalam bahasa Indonesia akhlak dikenal dengan istilah moral. Akhlak, disamping memiliki kedudukan penting bagi kehidupan manusia, juga menjadi barometer kesuksesan seseorang dalam melaksanakan tugasnya. Nabi Muhammad SAW berhasil menjalankan tugasnya menyampaikan risalah Islamiyah antara lain di sebabkan memiliki komitmen yang tinggi terhadap akhlak. Ketinggian akhlak Beliau itu dinyatakan Allah dalam Al-Quran surat Al-Qalam ayat 4.

E. Kisah-Kisah Umat Terdahulu
Kisah merupakan kandungan lain dalam Al-Quran. Al-Quran menaruh perhatian penting terhadap keberadaan kisah di dalamnya. Bahkan, di dalamnya terdapat satu surat yang di namaksn Al-Qasas. Bukti lain adalah hampir semua surat dalam Al-Quran memuat tentang kisah. Kisah para nabi dan umat terdahulu yang diterangkan dalam Al-Quran antara lain di jelaskan dalam surat Al-Furqan ayat 37-39.

F. Isyarat Pengemban Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi
Al-Quran banyak mengimbau manusia untuk menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti dalam surat Ar-Rad ayat 19 dan Az-Zumar ayat 9. Selain kedua surat tersebut masih banyak lagi dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi seperti dalam kedokteran, farmasi, pertanian, dan astronomi yang bermanfaat bagi kemjuan dan kesejahteraan umat manusia.

4. Keistimewaan Dan Keutamaan Al-Quran

  1. Memberi pedoman dan petunjuk hidup lengkap beserta hukum-hukum untuk kesejahteraan dan kebahagiaan manusia seluruh bangsa dimanapun serta dan kapanpun.
  2. Memiliki ayat-ayat yang mengagumkan sehingga pendengar ayat suci Al-Quran dapat dipengaruhi jiwanya.
  3. Memberi gambaran umum ilmu alam untuk merangsang perkembangan berbagai ilmu pengetahuan.
  4. Memiliki ayat-ayat yang menghormati akal pikiran sebagai dasar utama untuk memahami hukum dunia manusia.
  5. Menyamakan manusia tanpa pembagian strata, kelas, golongan, dan lain sebagainya. Yang menentukan perbedaan manusia di mata Allah SWT adalah taqwa.
  6. Melepas kehinaan pada jiwa manusia agar terhindar dari penyembahan terhadap makhluk serta menanamkan tauhid dalam jiwa.

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam (Bagian II) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuda Isparela