Skip to main content

Terpilihnya Paus Baru

Dengan penuh kegembiraan para umat yang berkumpul dilapangan Santo Petrus menyambut terpilihnya Paus baru yang berasal dari Argentina, Jorge Mario Bergoglio.

Sebagai pemimpin baru umat Katolik yang memilih nama Paus Fransiskus, ia menyampaikan berkat apostolik Urbi et Orbi disambut para warga yang berada di luar yang gereja.

Pria berusia 76 tahun ini adalah Paus pertama yang berasal dari Amerika Latin sebagai penerus Paus Benediktus XVI. Ia dipercaya untuk memimpin 1,2 milyar umat Katholik di dunia.

Meskipun cuaca buruk tetapi tidak menghalangi ribuan umat berkumpul di halaman Gereja Santo Petrus untuk menyaksikan munculnya asap putih mengepul dari cerobong asap Kapel Sistina sebagai tanda terpilihnya Paus baru. Waktu yang ditunggu tunggu pun akhirnya tiba, asap putih terlihat sekitar pukul 19.07 waktu setempat, lonceng Gereja Santo Petrus berdentang, dan warga pun bersorak dengan menjunjung salib. Peristiwa ini adalah kali pertama para Kardinal mengambil keputusan berani dengan memilih Paus yang berasal dari luar Eropa setelah 1200 tahun.

Paus Francis
Kardinal Argentina Jorge Bergoglio, terpilih menjadi paus ke-266
Photo Credit : dw.de

Paus Fransiskus yang dikenal luwes menangani isu agama, cerdas, dan menguasai ilmu teologi adalah mantan Uskup Agung Buenos Aires (sejak tahun 1998) sebagai tokoh berpengaruh di Argentina yang sering melakukan kritikan kepada pemerintah seputar korupsi dan penanganan kemiskinan. Ia diangkat menjadi Kardinal tahun 2001. Paus Fransiskus ini berasal dari ordo Yesuit yang terkenal dengan kesederhanaannya. Ia melarang perkawinan antar sejenis dan melarang s_e_x bebas.

Terpilihnya Paus baru ini melahirkan banyak harapan di seluruh dunia. Di Indonesia,  ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin menghimbau agar Paus baru terpilih ini dapat melanjutkan obor perdamaian antar umat beragama yang sebelumnya telah dirintis oleh paus-paus terdahulu. Implementasinya dapat dimulai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Vatikan dan umat Islam Indonesia yang diwakili oleh Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama. Menurut Din Syamsuddin, umat Kristiani dan umat Islam adalah dua agama terbesar di dunia dimana hal ini sering kali dipersepsikan terlibat pertentangan.  Ia berharap Vatikan yang berada di bawah kendali Paus baru dapat terus memberi perhatian dalam bentuk dialog antara agama.

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Struktur hubungan komponen pada rangkaian seri adalah berderet yakni ujung terminal suatu komponen elektronika dihubungkan dengan pangkal terminal komponen kedua, ujung terminal komponen kedua dihubungkan dengan pangkal terminal komponen ketiga dan seterusnya. Jika pangkal terminal komponen pertama dihubungkan dengan sumber tegangan positif dan ujung terminal komponen terakhir dihubungkan dengan sumber tegangan negatif, maka hubungan seperti ini di dalam elektronika dikenal dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit). Dalam kondisi ini arus listrik akan mengalir dari positif ke negatif melalui komponen-komponen elektronika yang dideretkan (hubungan seri). Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian seri adalah sama.

Gambar di bawah adalah contoh rangkaian seri sederhana yang terdiri dari dua buah resistor (R1 dan R2) dan sumber tegangan (V). Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian seri dapat menggunakan hukun Ohm yaitu V=IxR. V adalah sumber tegangan …

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Untuk memahami struktur rangkaian paralel dapat dilihat dari hubungan antar kaki (terminal) setiap komponen elektronika. Jika pangkal kaki suatu komponen dihubungkan dengan pangkal komponen lainnya dan ujung kaki komponen tersebut dihubungkan dengan ujung kaki komponen lainnya, maka hubungan seperti ini disebut paralel dimana setiap komponen dijajarkan. Apabila setiap ujung kaki tersebut dihubungkan ke sumber tegangan, dalam elektronika disebut dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit) sehingga arus dapat mengalir dari sumber tegangan melalui komponen-komponen tersebut.

Arus yang mengalir pada setiap komponen pada rangkaian paralel dapat berbeda tergantung besar kecilnya resistansi komponen tersebut. Dengan kata lain arus sumber akan dibagi ke setiap komponen dan akan menyatu kembali di ujung rangkaian. Pada rangkaian paralel, tegangan di setiap ujung kaki komponen adalah sama besar.

Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian paralel dapat menggunakan …

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam (Bagian I)

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam Allah menurunkan Al-Quran kepada umat manusia melalui nabi Muhammad SAW sebagai kitab suci terakhir untuk dijadikan pedoman hidup. Al-Quran yang tidak ada keraguan sedikit pun di dalamnya mengandung petunjuk-petunjuk yang dapat menyinari seluruh isi alam ini.

Sebagai kitab suci sepanjang zaman, Al-Quran memuat informasi dasar berbagai masalah termasuk informasi mengenai hukum, etika, science, antariksa, kedokteran dan sebagainya. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa kandungan Al-Quran bersifat luas dan luwes.

Mayoritas kandungan Al-Quran merupakan dasar-dasar hukum dan pengetahuan, manusialah yang berperan sekaligus bertugas menganalisa, merinci, dan membuat garis besar kebenaran Al-Quran agar dapat dijadikan sumber penyelesaian masalah kehidupan manusia.

Pada zaman Rasulullah, sumber hukum Islam ada dua yaitu Al-Quran dan As-Sunnah. Rasulullah selalu menunggu wahyu untuk menjelaskan sebuah kasus tertentu, namum apabila wahyu tidak turun, maka…