Wednesday, March 13, 2013

Bambu Eul-eul

Bambu Eul-eul
Tanaman Bambu Eul-eul

Tanaman Bambu Eul-Eul

Tanaman bambu yang biasa kita lihat, mungkin untuk beberapa orang dianggap sekedar tanaman hutan biasa atau paling tidak sebagai tanaman hias pekarangan rumah. Kalau kita perhatikan, untuk beberapa jenis bambu ternyata dapat dijadikan makanan yang mempunyai manfaat bagi kesehatan. Tanaman bambu ini dimasak sebagai lauk dengan cara disayur ketika tanaman tersebut masih berbentuk tunas (iwung: bahasa Sunda).

Pandangan masyarakat selama ini mungkin hanya tahu bahwa tanaman bambu hanya dipakai sebagai bahan dasar meubel, furniture, kerajinan, pertukangan, kerajinan, pagar, rumah, atau jembatan kecil. Padahal kalau kita teliti secar ilmiah, tanaman bambu mempunyai bayak sekali manfaat selain yang disebutkan tadi. Tanaman bambu jenis lain (awi tali: bahasa Sunda) selain dapat dijadikan tali, juga dapat diproduksi sebagai dinding rumah kayu (bilik: bahasa Sunda). Selain itu, ada di antara bambu seperti bambu Gombong dapat diolah menjadi perkakas rumah seperti kursi, meja, tempat tidur, bahkan ada yang sengaja membangun rumah dengan bahan baku dari bambu.

Jenis bambu lain yang cukup unik adalah Bambu Eul-eul (Nastus Elegantissimus (Hassk) Holt) dimana di dalam bambu Eul-Eul ini terdapat cairan yang dapat dijadikan obat. Keunikan lain dari Bambu Eul-eul ini antara lain adalah:
  1. Di dalam ruas bambu terdapat cairan bening seperti air.
  2. Hanya tumbuh di daerah tertentu seperti di sebagian pulau Jawa bagian Barat.
  3. Semakin tua tumbuhan bambu Eul-eul, semakin merunduk (condong ke bawah) karena beban air yang ada di dalam bambu Eul-eul.
  4. Makin ke atas ruas bambu Eul-eul semakin besar dan semakin panjang.
  5. Tumbuh di antara jenis bambu lain dan tumbuh tidak berumpun seperti jenis tanaman bambu lainnya.

Khasiat Bambu Eul-eul

Bambu-Eul-eul
Air Mineral Bambu Eul-eul
Bambu Eul-eul sebenarnya sudah lama dikenal di negara China, air mineral bambu Eul-eul dipercaya dan terbukti secara medis dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Untuk itulah banyak orang menjadikan air bambu Eul-eul sebagai obat alternatif alami. Menurut beberapa orang keturunan China yang ditemui ketika pameran, bambu Eul-eul sulit didapat karena harus diambil dari hutan yang cukup rawan dan berbahaya. Di daerah Jawa Barat pun sebenarnya tumbuhan bambu Eul-eul ini sulit didapat karena terdapat di hutan yang belum terjamah orang dengan penuh semak belukar.

Aroma dan rasa air bambu Eul-eul terkadang berbeda meskipun tumbuh satu rumpun atau berdekatan dengan tanaman bambu Eul-eul lainnya. Namun demikian umumnya tidak bearoma dan rasanya tawar seperti air putih biasa. Perbedaan rasa dan aroma air mineral yang terkandung di dalam ruas bambu Eul-eul tersebut sama sekali tidak mengurangi khasiatnya.

Di negara Indonesia memang dikenal banyak obat dan pengobatan alternatif yang telah terbukti cukup berkhasiat seperti jamu-jamu dan rempah, sarang burung walet, madu dan lebah, akar-akaran, akupunktur, akupressur, sarang semut, dibekam, undur-undur, buah mengkudu, sedot darah dengan lintah, tenaga dalam, termasuk tentunya air mineral bambu Eul-eul. Semua obat dan pengobatan alternatif ataupun medis hanyalah jalan sebagai bentuk ikhtiar manusia, secara hakiki yang menyembuhkan hanyalah Allah SWT.

Alasan orang menggunakan berbagai macan obat dan pengobatan alternatif di antaranya karena:
  1. Takut dengan pengobatan medis,
  2. Trauma dengan dokter dan rumah sakit,
  3. Mempunyai alergi terhadap obat-obatan kimia,
  4. Pengobatan dengan cara medis dirasa kurang berkhasiat,
  5. Takut akan efek samping pengobatan medis termasuk operasi,
  6. Harga obat dan pengobatan alternatif relatif lebih mudah,
Semua metode pengobatan dan obat yang digunakan untuk menyembuhkan suatu penyakit pada seseorang dapat berbeda. Obat dan pengobatan alternatif yang cukup berkhasiat, belum tentu berkhasiat juga untuk orang yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor seperti tekanan darah, alergi terhadap suatu zat, keyakinan, sugesti, dan lain sebaginya.

Di bawah ini adalah beberapa khasiat air bambu Eul-eul berdasarkan informasi dari beberapa orang yang telah meminumnya:
1. Jantung
2. Tipes
3. Rheumatik
4. Sesak napas
5. Amandel
6. Asam urat
7. Ginjal
8. Stroke
9. Batuk/asma
10. Sakit Pinggang
11. Ambeyen
12. Kencing manis
13. Kanker Rahim
14. Keputihan
15. Prostat
16. Darah Tinggi
17. Alergi
18. Usus Buntu
19. Susah tidur
20. Menguatkan napas dan stamina
21. Menambah nafsu seksual
22. Menambah daya tahan tubuh
23. Sakit Gigi
24. Polip
25. Maag/asam lambung
26. Tidak bersuara/peura
27. Menghilangkan lemak/kolestrol
28. TBC, Usus
29. Batu empedu
30. Sel darah putih rendah
31. Keracunan
32. Impotensi
33. Sakit semasa haid
34. Susah BAB dan kencing
35. Sakit pinggang
36. Migrain sakit kepala
37. Sakit perut
38. Luka kecelakaan

Air Mineral Bambu Eul-eul
Air Mineral Bambu Eul-eul dalam kemasan
Semakin popularnya tanaman bambu Eul-eul di masyarakat karena terbukti khasiatnya, kini air mineral Bambu Eul-eul pun dikemas dalam botol dengan ukuran 100ml, 600ml, dan 5 liter dengan harga yang bervariasi.

Disamping itu kini banyak agen-agen resmi yang ikut menjual Air mineral bambu Eul-eul secara online melalui internet dan secara offline. Bahkan beberapa pejabat negara pun sempat membeli air mineral ini pada saat menjasi peserta pameran.

Biasanya pengelola air mineral bambu Eul-eul selalu ikut serta dalam pameran di Jakarta (PRJ) atau dengan mengisi beberapa acara pengobatan alternatif di media elektronik seperti radi dan televisi swasta. Jadi bagi Anda yang membutuhkan air bambu Eul-eul, dapat memperolehnya ketika pameran atau dapat memesan langsung melalui agen-agen resmi bambu Eul-eul.

Bambu Eul-eul Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuda Isparela