Sunday, March 24, 2013

Alam Pegunungan

Alam Pegunungan. Begitu terdengar kata-kata itu, terlintas di benak kita suatu tempat wisata yang indah di daerah yang dilindungi kelestariannya oleh Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat. Untuk sebagian orang mungkin berpikir bahwa alam pegunungan berada di sekitar hutan lindung yang belum terjamah oleh kebanyakan orang.

Kita mungkin tidak menyangka bahwa alam pegunungan seperti tampak pada foto di bawah justru berlokasi di daerah perkotaan tepatnya di daerah Banjaran Bandung Selatan Jawa Barat. Meskipun bukan kota besar tetapi kemajuan teknologi informasi dan komputer sudah sampai di kota itu. Di sekitar Pasar Tradisional Banjaran saja, kini sudah banyak pasar swalayan dan supermarket untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di sana, transportasi umum pun sudah sampai ke kota kecil tersebut.

Tampak jelas pada foto bahwa di tengah keramaian kota masih ada secuil sawah dan kebun yang merupakan tempat usaha para petani di daerah tersebut. Keindahan alam pegunungan di sana seharusnya tetap lestari sehingga anak cucu generasi penerus masih dapat menikmati indahnya alam Indonesia. Andai saja tempat tersebut dikelola dengan baik melalui campur tangan Pemerintah Daerah, bukan hal mustahil daerah tersebut dapat dijadikan tempat wisata yang cukup indah untuk dipamerkan ke dunia luar tanpa mengganggu lahan pertanian dan perkebunan yang sebelumnya sudah menjadi tradisi turun temurun.

Kalau saja tempat tersebut dikenalkan dan dijadikan suatu tujuan wisata, tentu keindahan panorama alam di sana akan lebih lestari karena adanya peraturan khusus yang melindungi daerah tersebut sebagai sumber pendapatan daerah. Bukan hanya itu, kendaraan transportasi di sana ada yang masih menggunakan delman atau keretek (bahasa Sunda).

Alam Pegunungan
Alam Pegunungan: Sawah di Pegunungan
Sumber Foto: Link Sukses
Alam Pegunungan
Alam Pegunungan: Sawah di Musim Tanam
Sumber Foto: Link Sukses
Alam Pegunungan
Alam Pegunungan: Sawah dan Kebun di Kaki Pegunungan
Sumber Foto: Link Sukses

Alam Pegunungan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuda Isparela