Wednesday, December 24, 2014

Menangkap Ikan Ketika Banjir Reda

Musibah banjir di sekitar sungai Cisangkuy Pameungpeuk sudah biasa terjadi setiap tahun di musim penghujan. Warga di sekitar sungai Cisangkuy harus menyisihkan dana rutin khusus untuk musibah ini. Mengingat keterbatasan ekonomi, kebanyakan warga di sekitar sungai tidak berpindah permanen dari lokasi tersebut sehingga mereka harus mempersiapkan diri jika sungai Cisangkuy meluap. Sebagian warga sengaja mempertinggi dan memperkokoh bangunan agar lebih tahan banjir. Jika kondisi air lebih tinggi dari perkiraan, mereka bisa memindahkan barang-barang ke lantai atas.

Kenyataannya banjir di sekitar sungai Cisangkuy tidak sepenuhnya merugikan warga sekitar. Masih ada hal yang dapat menguntungkan warga ketika banjir reda seperti menangkap ikan di lokasi-lokasi genangan air sisa banjir. Lokasi-lokasi tersebut umumnya berada di bekas jalur sungai Cisangkuy sebelum dibenahi. Saat itu aliran sungai berbeluk-belok tetapi kini setelah dibenahi dengan alat berat bantuan pemerintah daerah, aliran sungai Cisangkuy dibuat lurus untuk dengan tujuan untuk memperlancar aliran air khususnya jika terjadi luapan yang cukup besar yang biasa terjadi di musim hujan.

Peralatan yang digunakan para warga untuk menangkap ikan cukup beragam seperti alat pancing, sirib (Sunda), dan kecrik (Sunda). Ikan yang mereka peroleh kebanyakan jenis ikan lele. Rata-rata mereka mendapatkan ikan setengah ember ukuran sedang atau sekitar 2-4 Kg setiap 2-3 jam. Kegiatan menangkap ikan ketika banjir reda ini memang rutin dilakukan warga sekitar sungai ketika Cisangkuy surut. Kegiatan ini dilakukan warga sejak dini hari setelah sholat Subuh sampai tengah hari menjelang Dzuhur yang dilakukan bergantian. Mereka merasa cukup dan berhenti menangkap ikan ketika memperoleh ikan sekitar 2-4 Kg atau setelah 3 jam karena ada kegiatan rutin lain yang harus mereka kerjakan setiap hari.

Tiga video berikut memperlihatkan para warga di sekitar sungai Cisangkuy Desa Langonsari Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung Jawa Barat tengah menangkap ikan ketika banjir reda. Di wilayah tersebut banyak pengrajin iket yang sengaja menangkap ikan. Selain untuk dikonsumsi, kegiatan ini mereka lakukan juga sebagai refreshing dan kesenangan (hobi) sambil menunggu kegiatan rutin harian lainnya.



Menangkap Ikan Ketika Banjir Reda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuda Isparela