Skip to main content

Menangkap Ikan Ketika Banjir Reda

Musibah banjir di sekitar sungai Cisangkuy Pameungpeuk sudah biasa terjadi setiap tahun di musim penghujan. Warga di sekitar sungai Cisangkuy harus menyisihkan dana rutin khusus untuk musibah ini. Mengingat keterbatasan ekonomi, kebanyakan warga di sekitar sungai tidak berpindah permanen dari lokasi tersebut sehingga mereka harus mempersiapkan diri jika sungai Cisangkuy meluap. Sebagian warga sengaja mempertinggi dan memperkokoh bangunan agar lebih tahan banjir. Jika kondisi air lebih tinggi dari perkiraan, mereka bisa memindahkan barang-barang ke lantai atas.

Kenyataannya banjir di sekitar sungai Cisangkuy tidak sepenuhnya merugikan warga sekitar. Masih ada hal yang dapat menguntungkan warga ketika banjir reda seperti menangkap ikan di lokasi-lokasi genangan air sisa banjir. Lokasi-lokasi tersebut umumnya berada di bekas jalur sungai Cisangkuy sebelum dibenahi. Saat itu aliran sungai berbeluk-belok tetapi kini setelah dibenahi dengan alat berat bantuan pemerintah daerah, aliran sungai Cisangkuy dibuat lurus untuk dengan tujuan untuk memperlancar aliran air khususnya jika terjadi luapan yang cukup besar yang biasa terjadi di musim hujan.

Peralatan yang digunakan para warga untuk menangkap ikan cukup beragam seperti alat pancing, sirib (Sunda), dan kecrik (Sunda). Ikan yang mereka peroleh kebanyakan jenis ikan lele. Rata-rata mereka mendapatkan ikan setengah ember ukuran sedang atau sekitar 2-4 Kg setiap 2-3 jam. Kegiatan menangkap ikan ketika banjir reda ini memang rutin dilakukan warga sekitar sungai ketika Cisangkuy surut. Kegiatan ini dilakukan warga sejak dini hari setelah sholat Subuh sampai tengah hari menjelang Dzuhur yang dilakukan bergantian. Mereka merasa cukup dan berhenti menangkap ikan ketika memperoleh ikan sekitar 2-4 Kg atau setelah 3 jam karena ada kegiatan rutin lain yang harus mereka kerjakan setiap hari.

Tiga video berikut memperlihatkan para warga di sekitar sungai Cisangkuy Desa Langonsari Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung Jawa Barat tengah menangkap ikan ketika banjir reda. Di wilayah tersebut banyak pengrajin iket yang sengaja menangkap ikan. Selain untuk dikonsumsi, kegiatan ini mereka lakukan juga sebagai refreshing dan kesenangan (hobi) sambil menunggu kegiatan rutin harian lainnya.



Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Struktur hubungan komponen pada rangkaian seri adalah berderet yakni ujung terminal suatu komponen elektronika dihubungkan dengan pangkal terminal komponen kedua, ujung terminal komponen kedua dihubungkan dengan pangkal terminal komponen ketiga dan seterusnya. Jika pangkal terminal komponen pertama dihubungkan dengan sumber tegangan positif dan ujung terminal komponen terakhir dihubungkan dengan sumber tegangan negatif, maka hubungan seperti ini di dalam elektronika dikenal dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit). Dalam kondisi ini arus listrik akan mengalir dari positif ke negatif melalui komponen-komponen elektronika yang dideretkan (hubungan seri). Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian seri adalah sama.

Gambar di bawah adalah contoh rangkaian seri sederhana yang terdiri dari dua buah resistor (R1 dan R2) dan sumber tegangan (V). Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian seri dapat menggunakan hukun Ohm yaitu V=IxR. V adalah sumber tegangan …

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Untuk memahami struktur rangkaian paralel dapat dilihat dari hubungan antar kaki (terminal) setiap komponen elektronika. Jika pangkal kaki suatu komponen dihubungkan dengan pangkal komponen lainnya dan ujung kaki komponen tersebut dihubungkan dengan ujung kaki komponen lainnya, maka hubungan seperti ini disebut paralel dimana setiap komponen dijajarkan. Apabila setiap ujung kaki tersebut dihubungkan ke sumber tegangan, dalam elektronika disebut dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit) sehingga arus dapat mengalir dari sumber tegangan melalui komponen-komponen tersebut.

Arus yang mengalir pada setiap komponen pada rangkaian paralel dapat berbeda tergantung besar kecilnya resistansi komponen tersebut. Dengan kata lain arus sumber akan dibagi ke setiap komponen dan akan menyatu kembali di ujung rangkaian. Pada rangkaian paralel, tegangan di setiap ujung kaki komponen adalah sama besar.

Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian paralel dapat menggunakan …

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam (Bagian I)

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam Allah menurunkan Al-Quran kepada umat manusia melalui nabi Muhammad SAW sebagai kitab suci terakhir untuk dijadikan pedoman hidup. Al-Quran yang tidak ada keraguan sedikit pun di dalamnya mengandung petunjuk-petunjuk yang dapat menyinari seluruh isi alam ini.

Sebagai kitab suci sepanjang zaman, Al-Quran memuat informasi dasar berbagai masalah termasuk informasi mengenai hukum, etika, science, antariksa, kedokteran dan sebagainya. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa kandungan Al-Quran bersifat luas dan luwes.

Mayoritas kandungan Al-Quran merupakan dasar-dasar hukum dan pengetahuan, manusialah yang berperan sekaligus bertugas menganalisa, merinci, dan membuat garis besar kebenaran Al-Quran agar dapat dijadikan sumber penyelesaian masalah kehidupan manusia.

Pada zaman Rasulullah, sumber hukum Islam ada dua yaitu Al-Quran dan As-Sunnah. Rasulullah selalu menunggu wahyu untuk menjelaskan sebuah kasus tertentu, namum apabila wahyu tidak turun, maka…