Skip to main content

Kartu Undangan Aqiqah

Bayi yang baru lahir bukanlah hadiah tetapi amanat besar yang harus dijaga sepanjang hayat.  Kelahiran sang buah hati hasil pernikahan sah tentu merupakan kebahagiaan besar sepanjang hidup walapun kedatatangan keluarga baru tersebut bukanlan yang pertama kali. Banyak pasangan suami istri dan keluarga mereka yang sengaja menyelenggarakan pesta sebagai tanda syukur kepada-Nya.

Bagi orang muslim, pesta kelahiran si jabang bayi ini disebut aqiqah dan sudah dicontohkan oleh Rosullullah S.A.W. dengan menyembelih kambing atau domba di hari ke tujuh, mencukur rambut bayi kemudian menimbangnya untuk ditukar dengan emas, dan menamai bayi tersebut dengan nama-nama yang baik. Jika bayi yang baru lahir adalah laki-laki, maka jumlah kambing yang harus disembelih adalah dua ekor, sedangkan jika bayi yang baru lahir tersebut perempuan, maka jumlah kambing yang harus disembelih adalah satu ekor.

Dalam ajaran Islam, syukuran aqiqah (akikah) adalah ibadah yang hukumnya sunnat muakkad yang harus dilaksanakan jika yang bersangkutan mampu. Dalam arti mampu membeli binatang sembelihan tersebut dan menukar berat rambut menjadi takaran emas untuk dibagikan. Syukuran aqiqah adalah bentuk rasa syukur kepada Allah yang telah memberikan amanat besar berupa kelahiran bayi.

Dalam pelaksanaan syukuran aqiqah, kaum muslimin biasanya menyelenggarakan hajatan (pesta) yang dihadiri keluarga dan para tetangga untuk ikut serta mendoakan si bayi agar kelak menjadi anak shalih dan shalihah yang selalu taat kepada Allah dan kepada kedua orangtua.

Bagi orang yang mampu, syukuran aqiqah ini sering diselenggarakan layaknya pesta khitanan atau pesta pernikahan dengan membuat kartu undangan spesial. Desain kartu undangan aqiqah dibuat sedemikian rupa seingga menyerupai kartu undangan khitanan atau kartu undangan pernikahan. Namun ada juga yang dibuat sesederhana mungkin dengan secarik kertas bertuliskan Syukuran Aqiqah.

Mengingat kebutuhan kartu undangan aqiqah yang semakin banyak, para desainer grafis dan percetakan memanfaatkan momen ini sebagai lahan bisnis untuk meraup keuntungan. Banyak percetakan yang menyediakan kartu undangan Aqiqah sederhana yang siap pakai, namun ada juga yang dibuat khusus sesuai pesanan. 

Meski tidak semua kartu aqiqah berisi undangan (hanya informasi mengenai kelahiran bayi) tetapi desain kartu undangan aqiqah kini sudah sangat bervariasi dan tidak kalah dengan kartu undangan pernikahan atau kartu undangan khitanan seperti komposisi warna, layout, bentuk tulisan, dan ukuran kartu.

Kalau sahabat sering mengakses internet, sahabat dapat dengan mudah menemukan bermacam desain kartu undangan aqiqah melalui search engine seperti Google, Yahoo, dan Bing. Melalui internet sahabat dapat memesan langsung pembuatan kartu aqiqah sampai dikirim ke alamat sesuai desain dan jumlah yang diminta. Harganya pun cukup beragam, tergantung dari kualitas desain, ukuran kartu, jenis kertas, dan jumlah yang dipesan. Semakin baik kualitas desain, kualitas kertas, dan semakin besar ukurannya maka akan semakin mahal harganya. Namun jika jumlah pemesanan cukup banyak biasanya percetakan akan memberikan potongan harga.

Di bawah ini adalah beberapa contoh tulisan pada kartu undangan aqiqah.
  1. TASYAKUR AQIQAH
    • Bila asa menjadi nyata, maka ucap syukur adalah semestinya
    • Tiada yang kami kehendaki kecuali Bapak dan Ibu berkenan mengirim sepucuk do'a untuk kelahiran bayi kami
    • Nama bayi dan tanggal lahir bayi
    • Nama orangtua bayi.
  2. WALIMATUL AQIQAH
    • Alhamdulillahirabbil'alamin atas kelahiran putra/putri kami
    • Nama Bayi
    • Yang lahir pada tanggal lahir bayi
    • Kami mohon do'a restu untuk putra/putri kami agar menjadi anak sholih/sholihah dan berbakti kepada orangtua
    • Nama kedua orangtua bayi
  3. TASYAKUR BINI'MAH DAN AQIQAH
    • Ya Allah, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepadaMu dan (jadikanlah) anak cucu kami anak yang tunduk patuh kepadaMu, (QS. Albaqarah: 128)
    • Jazaakumullahu khoiron katsiron
    • Nama bayi dan tanggal lahir
    • Nama kedua orangtua bayi

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Struktur hubungan komponen pada rangkaian seri adalah berderet yakni ujung terminal suatu komponen elektronika dihubungkan dengan pangkal terminal komponen kedua, ujung terminal komponen kedua dihubungkan dengan pangkal terminal komponen ketiga dan seterusnya. Jika pangkal terminal komponen pertama dihubungkan dengan sumber tegangan positif dan ujung terminal komponen terakhir dihubungkan dengan sumber tegangan negatif, maka hubungan seperti ini di dalam elektronika dikenal dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit). Dalam kondisi ini arus listrik akan mengalir dari positif ke negatif melalui komponen-komponen elektronika yang dideretkan (hubungan seri). Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian seri adalah sama.

Gambar di bawah adalah contoh rangkaian seri sederhana yang terdiri dari dua buah resistor (R1 dan R2) dan sumber tegangan (V). Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian seri dapat menggunakan hukun Ohm yaitu V=IxR. V adalah sumber tegangan …

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Untuk memahami struktur rangkaian paralel dapat dilihat dari hubungan antar kaki (terminal) setiap komponen elektronika. Jika pangkal kaki suatu komponen dihubungkan dengan pangkal komponen lainnya dan ujung kaki komponen tersebut dihubungkan dengan ujung kaki komponen lainnya, maka hubungan seperti ini disebut paralel dimana setiap komponen dijajarkan. Apabila setiap ujung kaki tersebut dihubungkan ke sumber tegangan, dalam elektronika disebut dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit) sehingga arus dapat mengalir dari sumber tegangan melalui komponen-komponen tersebut.

Arus yang mengalir pada setiap komponen pada rangkaian paralel dapat berbeda tergantung besar kecilnya resistansi komponen tersebut. Dengan kata lain arus sumber akan dibagi ke setiap komponen dan akan menyatu kembali di ujung rangkaian. Pada rangkaian paralel, tegangan di setiap ujung kaki komponen adalah sama besar.

Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian paralel dapat menggunakan …

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam (Bagian I)

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam Allah menurunkan Al-Quran kepada umat manusia melalui nabi Muhammad SAW sebagai kitab suci terakhir untuk dijadikan pedoman hidup. Al-Quran yang tidak ada keraguan sedikit pun di dalamnya mengandung petunjuk-petunjuk yang dapat menyinari seluruh isi alam ini.

Sebagai kitab suci sepanjang zaman, Al-Quran memuat informasi dasar berbagai masalah termasuk informasi mengenai hukum, etika, science, antariksa, kedokteran dan sebagainya. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa kandungan Al-Quran bersifat luas dan luwes.

Mayoritas kandungan Al-Quran merupakan dasar-dasar hukum dan pengetahuan, manusialah yang berperan sekaligus bertugas menganalisa, merinci, dan membuat garis besar kebenaran Al-Quran agar dapat dijadikan sumber penyelesaian masalah kehidupan manusia.

Pada zaman Rasulullah, sumber hukum Islam ada dua yaitu Al-Quran dan As-Sunnah. Rasulullah selalu menunggu wahyu untuk menjelaskan sebuah kasus tertentu, namum apabila wahyu tidak turun, maka…