Skip to main content

Contoh Kata Berawalan "Ber"

Pendidikan Bahasa Indonesia
Imbuhan dalam sebuah kata selalu digunakan ketika berkomunikasi melalui lisan atau tulisan. Dalam satu kalimat saja pembicara dapat menggunakan banyak imbuhan sesuai dengan tujuan dan fungsinya.

Imbuhan adalah kata tambahan yang dilekatkan pada kata dasar. Menurut Ejaaan Yang Disempurnakan (EYD) ada 4 jenis imbuhan yaitu awalan, sisipan, akhiran, dan awalan akhiran. Fokus pembahasan di posting ini adalah awalan "ber" dan conto-contohnya dalam kalimat.

Awalan ber- di dalam bahasa Indonesia berfungsi sebagai pembentuk kata kerja atau kata sifat. Kata kerja yang dibentuk tidak memiliki objek (intransitif), tapi dapat memiliki pelengkap atau keterangan. Karena kata kerja yang dihasilkan awalan ber- intransitif, kata kerja itu tidak dapat dipasifkan dengan awalan di-.

Awalan ber- akan berubah bentuk menjadi:
  1. be- jika suku awal mengandung -er- atau kata dasarnya diawali huruf r, misal: bekerja; beternak; berumput; beracun
  2. bel- untuk kasus khusus, yaitu: belajar; belunjur
Awalan ber- memiliki makna:
  1. mempunyai: beratap; bercita-cita; beristri
  2. menggunakan atau memakai: berlayar; bermobil; berbaju
  3. menghasilkan: bertelur; berkokok
  4. dalam jumlah atau kelipatan: bertiga; berjuta-juta
  5. mengakui atau memanggil sebagai: beradik; berbapak; bertuan
  6. bertindak atau bekerja sebagai: bertani; bertinju; bertukang
  7. berada dalam keadaan: bergembira; bersedih
  8. menyatakan perbuatan timbal-balik: bergulat; bertinju
  9. menyatakan perbuatan mengenai diri sendiri: berhias; bercukur
  10. Awalan ber- memiliki keterkaitan dengan awalan per-, misalnya "bersegi" dan "persegi".
Sumber: Wikipedia

Contoh Kata Berawalan "Ber"
NO KATA CONTOH DALAM KALIMAT
1 Berjiwa Seorang raja tidak akan mampu memimpin rakyatnya selama ia tidak berjiwa besar seperti sorang ksatria.
2 Bernafas Selama masih bernafas, takan kubiarkan kau merasuki pikiranku
3 Bersahabat Bagaimana mungkin kita dapat melestarikan alam jika hati kita tidak bersahabat denganya.
4 Berinvestasi Hidup adalah awal kematian dan kematian adalah awal kehidupan baru, sudahkah kita berinvestasi untuk bekal hidup yang kedua?
5 Bersembunyi Sampai kapanpun negara tidak akan maju selama masih banyak koruptor yang bersembunyi di balik baju jabatan.
6 Berbisnis Jangan pernah berbisnis dengan syetan, karena syetan adalah musuh nyata yang tidak terlihat.

7
Berkata Jangan berkata ya jika engkau ingin berkta tidak karena hal itu akan membuat perasaanmu tidak tenang.
8 Berbicara Berbicara kasar terhapad seseorang akan menjadikan orang itu calon musuh di masa depan.
9 Berkorban Kita patut berkorban supaya orang lain dapat merasakan maninya hidup.
10 Berjasa Jangan pernah menganggap diri kita berjasa, karena akan menghambat kita untuk berprestasi.
11 Berpikir Jika anda ingin sukses, cobalah berpikir seperti berpikirnya Einstein.
12 Berkarya Seseorang yang hanya berkarya untuk dirinya tidak akan pernah merasa bahagia meskipun karyanya dinikmati orang lain.
13 Berselimut Hidupnya penuh dengan penderitaan dan berselimut kemiskinan.
14 Berdoa Jangan pernah berhenti berdoa, karena berdoa dan meminta adalah hal yang berbeda
15 Bekerja Tidak ada sesuatu yang kebetulan, sesuatu terjadi karena suatu alasan, oleh karena itu mulailah bekerja dari sekarang untuk mencapai harapan.
16 Berjuang Tidak ada satupun prajurit yang tidak pernah terluka dalam peperangan, tetapi mereka terus berjuang demi sebuah harapan.
17 Berdiri Semua orang pasti akan jatuh, tetapi tidak semua orang dapat berdiri kembali.
18 Berada Kejahatan berada di saku depan sedangkan kebaikan berada di saku belakang.
19 Bersalah Orang yang tak pernah merasa bersalah belum tentu orang yang tidak pernah salah karena kesalahan akan terlihat jelas oleh orang lain.
20 Bermanfaat Orang yang pling indah adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain.
21 Bersyukur Jangan pernah melihat orang yang berada di atasmu tetapi lihatlah orang yang berada di bawahmu karena hal itu akan menjadikanmu orang yang bersyukur.
22 Berharga Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu adalah sesuatu yang sangat berharga.
23 Berharap Ketika satu pintu kebahagian tertutup, pintu kebahagian lain terbuka. Tetapi kita sering diam di pintu pertama dan berharap terbuka kembali.
24 Berbahagia Orang-orang yang berbahagia tidak selalu memiliki hal-hal terbaik, mereka hanya berusaha menjadikan yang terbaik dari setiap hal yang hadir dalam hidupnya
25 Bertemu Bertemu dengan beberapa orang yang salah sebelum bertemu dengan orang yang tepat adalah karunia yang patut kita syukuri.
26 Bercahaya Kejujuran adalah perhiasan jiwa yang lebih bercahaya daripada berlian.
27 Belajar Sempatkan waktu untuk belajar karena itu sumber kebijaksanaan, dan sempatkan waktu untuk  bersahabat karena itu sumber kebahagiaan.
28 Berbuat Berbuat baiklah kepada orang lain seperti berbuat baik kepada diri sendiri.
29 Berakhir Semua yang dimulai dengan rasa marah, akan berakhir dengan rasa malu.
30 Berbeda Orang sukses akan mengambil manfaat dari kesalahan yang ia lakukan, dan akan mencobanya kembali dengan cara yang berbeda.

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Struktur hubungan komponen pada rangkaian seri adalah berderet yakni ujung terminal suatu komponen elektronika dihubungkan dengan pangkal terminal komponen kedua, ujung terminal komponen kedua dihubungkan dengan pangkal terminal komponen ketiga dan seterusnya. Jika pangkal terminal komponen pertama dihubungkan dengan sumber tegangan positif dan ujung terminal komponen terakhir dihubungkan dengan sumber tegangan negatif, maka hubungan seperti ini di dalam elektronika dikenal dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit). Dalam kondisi ini arus listrik akan mengalir dari positif ke negatif melalui komponen-komponen elektronika yang dideretkan (hubungan seri). Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian seri adalah sama.

Gambar di bawah adalah contoh rangkaian seri sederhana yang terdiri dari dua buah resistor (R1 dan R2) dan sumber tegangan (V). Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian seri dapat menggunakan hukun Ohm yaitu V=IxR. V adalah sumber tegangan …

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Untuk memahami struktur rangkaian paralel dapat dilihat dari hubungan antar kaki (terminal) setiap komponen elektronika. Jika pangkal kaki suatu komponen dihubungkan dengan pangkal komponen lainnya dan ujung kaki komponen tersebut dihubungkan dengan ujung kaki komponen lainnya, maka hubungan seperti ini disebut paralel dimana setiap komponen dijajarkan. Apabila setiap ujung kaki tersebut dihubungkan ke sumber tegangan, dalam elektronika disebut dengan istilah rangkaian tertutup (close circuit) sehingga arus dapat mengalir dari sumber tegangan melalui komponen-komponen tersebut.

Arus yang mengalir pada setiap komponen pada rangkaian paralel dapat berbeda tergantung besar kecilnya resistansi komponen tersebut. Dengan kata lain arus sumber akan dibagi ke setiap komponen dan akan menyatu kembali di ujung rangkaian. Pada rangkaian paralel, tegangan di setiap ujung kaki komponen adalah sama besar.

Untuk menghitung arus, tegangan, daya, dan resistansi pada rangkaian paralel dapat menggunakan …

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam (Bagian I)

Alquran Sebagai Sumber Hukum Islam Allah menurunkan Al-Quran kepada umat manusia melalui nabi Muhammad SAW sebagai kitab suci terakhir untuk dijadikan pedoman hidup. Al-Quran yang tidak ada keraguan sedikit pun di dalamnya mengandung petunjuk-petunjuk yang dapat menyinari seluruh isi alam ini.

Sebagai kitab suci sepanjang zaman, Al-Quran memuat informasi dasar berbagai masalah termasuk informasi mengenai hukum, etika, science, antariksa, kedokteran dan sebagainya. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa kandungan Al-Quran bersifat luas dan luwes.

Mayoritas kandungan Al-Quran merupakan dasar-dasar hukum dan pengetahuan, manusialah yang berperan sekaligus bertugas menganalisa, merinci, dan membuat garis besar kebenaran Al-Quran agar dapat dijadikan sumber penyelesaian masalah kehidupan manusia.

Pada zaman Rasulullah, sumber hukum Islam ada dua yaitu Al-Quran dan As-Sunnah. Rasulullah selalu menunggu wahyu untuk menjelaskan sebuah kasus tertentu, namum apabila wahyu tidak turun, maka…