Cara Melukis Kaos 3D dengan Air Brush pada Kain Katun Combad 24S

Anda pasti sering melihat kaos tiga dimensi (kaos 3D) di berbagai toko atau distro baju baik online ataupun offline. Kaos 3D tersebut dibuat dengan berbagai teknik. Ada yang disablon, di-print langsung pada kaos, ada juga yang dibuat dengan printing sublimation dimana gambar dicetak terlebih dahulu pada transfer paper kemudian ditempel pada kaos dengan cara pemanasan (hot press).

Kaos gambar 3D ini banyak digemari khususnya kalangan remaja karena selain tampak real, juga desain pada kaos umumnya bisa dipesan sesuai keinginan (custom). Di bawah ini Anda akan melihat teknik pembuatan kaos 3D dengan cara dilukis dengan mengkombinasikan teknik manual dengan koas dan air brush menggunakan cat khusus.



Cat yang digunakan harus bagus sehingga hasilnya maksimal, tidak akan luntur saat dicuci, dan tidak lengket saat disetrika. Ini tentu berbeda dengan kaos 3D sablon dengan bahan plastisol yang akan lengket saat disetrika langsung.

Kelebihan kaos sablon prosesnya bisa cepat, bisa sekaligus banyak, dan gambarnya bisa persis sama. Kelebihan kaos print bisa dipesan satuan dan bisa dikerjakan mendadak atau ditunggu beberapa menit namun akan lambat jika diproduksi banyak (tidak secepat sablon). Adapun kelebihan kaos printing sublim adalah full gambar ke seluruh bagian kaos baik yang terlihat ataupun yang tersembunyi karena proses dilakukan sebelum pembuatan kaos ke seluruh bagian tetapi kelemahannya masih jarang yang bisa diterapkan pada kaos berbahan katun.

Masing-masing mempunyai kelemahan dan keunggulan. Proses pembuatan kaos lukis adalah paling lambat karena dilakukan secara manual. Selain itu tidak bisa dipesan partai besar apalagi dengan gambar yang persis sama karena setiap kali pelukis menggambar objek yang sama selalu ada perbedaan meskipun sedikit.

Namun demikian kaos lukis bisa dipesan satuan dan mempunyai keunikan tersendiri. Proses dan seni yang dimiliki kaos 3D yang dilukis manual menyebabkan harga kaos ini relatif lebih mahal apalagi lukisannya rumit dan sangat detiail seperti wajah atau objek lain yang lebih detil.

Kelebihan lain dari kaos lukis ini bisa diterapkan pada berbagai jenis kain. Tidak hanya pada kain jenis katun tetapi juga pada kain jenis polyester (kecuali lukis discharge/ cabut warna). Khusus lukis cabut warna harus pada kain reaktif berbahan katun misalnya Baby Canvas dan Combad.

Comments

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Membuat Jaringan Peer to Peer