Solusi Blog Yang Tidak Bisa Diakses Speedy

Sekitar dua minggu kegiatan blogging saya hampir jalan di tempat akibat beberapa blog di hosting Blogger dengan TLD (Top Level Domain) atau custom domain tidak bisa diakses sama sekali. Jika sahabat mengalami hal serupa yakni blog di Blogger tidak bisa dibuka lewat Speedy, saya sarankan untuk mengganti DNS di komputer sahabat dengan DNS milik Telkom yaitu 202.134.1.10 dan 202.134.1.155. Solusi ini saya dapat ketika blogwalking dan informasinya saya peroleh dari blog "Belajar Baru Online." Jika cara tersebut belum berhasil, sahabat dapat mencoba untuk mengosongkan semua DNS di komputer sahabat atau dibuat otomatis (Obtain DNS Server Address automatically), demikian juga setingan pada modem Speedy.

Tadinya saya sempat berpikir untuk berhenti berlangganan Speedy jika kondisinya seperti ini terus (blog tidak bisa dibuka). Meskipun beberapa blog yang saya bangun dengan platform Blogger tidak di-monetize, tetapi justru blog tersebut dapat meningkatkan trafik blog lain yang telah saya monetize seperti toko online atau blog yang saya pasang Google Adsense.

Kesimpulan sementara saya, DNS selain milik Telkom seperti DNS Google (8.8.8.8 - 8.8.4.4) atau DNS yang lain dapat mempengaruhi akses blog, baik dalam hal kecepatan ataupun keluwesan mengakses konten. Hal ini terbukti bahwa saat ini jika menggunakan DNS selain milik Telkom, tidak bisa membuka blog di hosting Blogger dengan TLD atau custom domain seperti www.linksukses.com.

Saya sendiri sempat merasa aneh, kenapa solusi ini saya peroleh dari sahabat senior saya via blog Belajar Baru Online" dan bukan dari petugas Speedy, padahal saya sempat datang langsung ke kantor Telkom terdekat tetapi tidak menjelaskan nomor DNS secara rinci.

Semoga saja kejadian seperti ini tidak terulang lagi, dan semoga blog-blog sahabat yang dibangun di Blogger dengan custom domain dapat diakses kembali.

Keep blogging...

Comments

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Membuat Jaringan Peer to Peer